Makanan Olahan dari Mangga Muda
Jum'at, 02 November 2018
ok nusantara
Bagikan

Makanan Olahan dari Mangga Muda

10 Makanan Olahan Mangga Muda

1. Asinan Bogor

Asinan Bogor Olahan Mangga Muda

Belum pernah makan Asinan Bogor? Sayang sekali, Anda sudah melewatkan salah satu olahan mangga muda terenak di Nusantara. Asinan Bogor adalah salah satu makanan yang bahan dasarnya menggunakan potongan mangga muda segar. Tak hanya mangga muda, Asinan Bogor juga berisi buah-buahan lain, seperti nanas, bengkuang, mentimun, dan kedondong.

Kemudian, kuahnya sendiri memiliki rasa manis, asam, dan pedas yang bisa membuat mata ngantuk jadi kembali segar. Untuk menyantap Asinan Bogor ini biasanya pedagangnya akan menambahkan topping kol dan kacang tanah goreng. Selain itu, ada juga kerupuk mie yang disajikan sebagai pendamping untuk menyantap Asinan Bogor.

2. Sambal Pencit

Sambal Pencit

Masih membahas seputar olahan mangga muda dari Indonesia, kali ini kita punya sambal dengan kombinasi yang unik, namanya sambal pencit (mangga muda). Sambal jenis ini sangat terkenal di Pulau Jawa, baik itu di Jawa Barat maupun Jawa Timur.

Mangga muda yang rasanya masih kecut dipotong memanjang dengan bentuk seperti korek api batang. Kemudian, potongan mangga muda ini dicampur dengan sambal terasi yang pedas. Boleh juga dicampur dengan ikan teri agar rasa sambal pencit ini jadi lebih sedap.

Sambal pencit sejatinya bukan makanan utama. Sambal ini sering disajikan dengan berbagai lauk, mulai dari ikan bakar, ayam goreng, sampai dengan tahu-tempe goreng. Dengan sepiring nasi putih hangat, sambal pencit ini pasti akan semakin menambah selera makan Anda.

3. Rujak Cingur

Rujak Cingur


Jalan-jalan ke Surabaya rasanya kurang lengkap jika Anda tidak mencicipi rujak cingur. Makanan khas Jawa Timur ini juga menggunakan mangga muda di dalamnya. Namun, penggunaan mangga muda dalam rujak cingur biasanya tidak terlalu banyak karena dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti kedondong, nanas, bengkuang, dan mentimun.

Rujak cingur sendiri merupakan campuran buah, sayur, tahu, tempe, dan cingur (bagian mulut sapi). Kemudian, bahan-bahan yang sudah dipotong kecil-kecil ini disiram dengan bumbu petis dan kacang yang rasanya maknyusbanget. Dengan bumbu rujak cingur, rasa kecut di mangga muda jadi tersamarkan.

4. Pepes Ikan Mangga Muda

Pepes Ikan Mangga Muda


Masyarakat Indonesia sangat pandai membuat makanan olahan mangga muda dengan rasa yang benar-benar enak. Kali ini, Bacaterus akan membahas makanan utama yang berbahan dasar mangga muda, yakni pepes ikan mangga muda.

Penggunaan ikan untuk pepesan ini bisa ikan pindang, ikan mas, atau jenis ikan apapun sesuai selera Anda. Bumbu pepes yang dipakai sama seperti biasanya. Yang membuatnya berbeda, Anda harus memotong mangga muda menjadi berbentuk batang korek api dan mencampurkannya ke dalam pepesan sebelum dibungkus dengan daun pisang.

Mangga muda akan memberikan sensasi rasa asam bercampur dengan pedas bumbu pepes yang Anda buat. Kalau tidak suka pedas, buat saja bumbu pepesan yang tidak menggunakan cabai rawit.

5. Manisan

Manisan


Tak perlu membeli manisan mangga muda jika Anda ingin menyantapnya. Pasalnya, Anda bisa membuat manisan mangga muda sendiri di rumah, lho. Bahan-bahan dan cara pembuatannya sangat praktis dan bisa langsung dipraktikkan sekarang juga.

Mangga muda yang diiris tipis dimasukkan ke dalam air garam, lalu remas-remas buah mangga untuk menghilangkan rasa asamnya. Setelah itu, cuci buah mangga dengan air matang dan masak gula pasir dengan air sampai teksturnya mengental (perbandingan 1 kilogram gula dan 150 gram air). Masukkan irisan buah mangga ke dalam air gula sambil diaduk-aduk perlahan.

6. Green Mango Prawns Curry

Green Mango Prawns Curry

Di India, bahan dasar untuk membuat kari bukan daging ayam atau daging sapi saja, lho. Bahkan, udang segar pun bisa diolah menjadi kari. Agar kuahnya tidak amis dan berbau udang biasanya ditambahkan rempah-rempah yang banyak dan potongan mangga muda.

Green mango prawns curry adalah olahan buah mangga muda dari India. Mangga muda yang asam diolah dengan rempah-rempah dan santan kental sehingga menjadi makanan yang nikmat. Bahkan, rasa mangga muda jadi tidak terlalu kecut setelah dimasak menjadi kari.

7. Saus Salsa Mangga

Saus Salsa Mangga

Olahan buah mangga muda lainnya kali ini datang dari Meksiko, namanya adalah saus salsa mangga. Potongan mangga muda digunakan untuk memberikan rasa asam pada saus ini. Rasa saus salsa ini cenderung nano-nanokarena Anda bisa menemukan rasa manis, pedas, dan asam pada saus tersebut.

Saus salsa biasa disajikan sebagai dipping sauce untuk menyantap nachos, ikan, atau hidangan utama lainnya. Kalau tidak suka rasa yang asam bisa menggunakan mangga matang yang manis. Akan tetapi, jika Anda ingin menyantap saus salsa dengan rasa yang spesial, gunakan saja mangga muda.

8. Tumis Mangga Muda

Tumis Mangga Muda


Resep olahan mangga muda yang satu ini biasa dibuat oleh masyarakat Indonesia. Mangga muda tidak hanya bisa dibuat menjadi sambal, tetapi bisa juga dijadikan lauk. Tumis mangga muda merupakan potongan mangga muda yang ditumis bersama cabai rawit, cabai merah, bawang merah, jahe, dan juga daun jeruk.

Makanan yang satu ini dapat disajikan dengan nasi putih dan langsung disantap bersama lauk, seperti ikan goreng, empal goreng, atau tumis sayuran lainnya. Rasa asam mangga muda tidak akan terlalu kuat setelah ditumis dengan bahan-bahan lainnya sehingga Anda bisa menyantapnya dengan nyaman.

9. Puding Mangga

Puding Mangga

Solusi untuk mengolah buah-buahan dengan rasa yang asam adalah menjadikannya dessert. Ya, Anda bisa mengolah mangga muda menjadi puding. Jangan khawatir rasa kecut mangga mudanya akan mengganggu karena Anda bisa menambahkan susu dan gula untuk menyamarkannya.

Penggunaan mangga muda untuk membuat puding justru akan menambah segar rasa puding tersebut. Di bagian atas puding Anda boleh menambahkan potongan buah mangga matang sebagai penguat rasa manisnya.

10. Keripik Mangga

Keripik Mangga

Keripik mangga merupakan olahan buah mangga muda yang cukup mudah dan praktis. Mangga muda direndam dulu dengan air kapur sirih untuk menghilangkan rasa asamnya yang sangat kuat. Kemudian, mangga tersebut harus dijemur sampai teksturnya benar-benar kering.

Langkah selanjutnya adalah menggoreng keripik mangga sampai teksturnya benar-benar garing dan renyah. Usai digoreng, tambahkan gula pasir agar rasa keripik mangga tersebut manis dan enak.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar