Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari
Rabu, 10 Oktober 2018
ok nusantara
Bagikan

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

8 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

1. Mencegah sakit kepala

manfaat minum air putih di pagi hari

Salah satu penyebab yang memicu timbulnya rasa puyeng di kepala adalah karena dehidrasi. Yang mana merupakan suatu kondisi di saat tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diterima. Sehingga membuat keseimbangan gula-garam pada tubuh terganggu dan mengakibatkan beberapa fungsi tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, bagi kamu yang kerap merasakan sakit kepala, sangat disarankan untuk mulai membiasakan meneguk segelas air putih di pagi hari atau ketika kondisi perut masih dalam keadaan kosong.

2. Mempercepat metabolisme tubuh

manfaat minum air putih di pagi hari

Dilansir dari StyleCraze, minum air putih di saat kondisi perut yang masih kosong bisa menaikkan tingkat metabolisme tubuh mencapai hampir 25 persen. Artinya bagi kamu yang saat ini tengah melangsungkan diet, pas banget bila ditambah dengan kebiasaan minum air putih di pagi hari. Pasalnya, salah satu efek dari meningkatnya metabolisme tubuh kita tahu adalah dapat turut membantu mempercepat proses pencernaan makanan di dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung juga membantu seseorang dalam menurunkan berat badannya.

Jadi, masa iya kamu ingin melewatkan manfaat minum air putih yang satu ini?

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

manfaat minum air putih di pagi hari

Bila akhir-akhir ini kamu sering terkena penyakit, maka bisa jadi itu disebabkan karena kurangnya cairan termasuk asupan air putih di dalam tubuh. Padahal, air sendiri memiliki peranan yang sangat penting terhadap kondisi kesehatan tubuh seseorang. Dengan membiasakan minum air putih di pagi hari, di saat kondisi perut yang masih kosong, terbukti dapat membantu meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh kamu. Sebab salah satu manfaat minum air putih yang juga harus kamu tahu adalah kegunaannya dalam membantu melawan infeksi.

4. Membantu membersihkan usus

manfaat minum air putih di pagi hari

Selain ketiga hal di atas, manfaat minum air putih di pagi hari yang paling bisa langsung dirasakan efeknya adalah terjadinya proses pembersihan usus oleh air yang diminum itu sendiri ketika kondisi perut masih kosong. Ketika seseorang minum air di pagi hari tepat setelah ia baru bangun tidur, dan ia minum dengan volume air yang cukup banyak, maka dalam waktu beberapa menit saja setelah minum, orang tersebut akan langsung mulai merasakan rasa ingin buang air besar.

Hal ini berarti bahwa pada saat itu juga sedang terjadi proses pembersihan atau cleansing kotoran yang ada di dalam usus. Semakin rutin seseorang membiasan minum air putih di pagi hari, maka semakin teratur pula seseorang dalam buang air besar.

5. Mengeluarkan racun dalam tubuh

manfaat minum air putih di pagi hari

Selain membantu mengeluarkan kotoran dalam tubuh, minum air putih di pagi hari juga ternyata dapat membantu kamu mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh. Proses ini tepatnya terjadi ketika kamu minum air putih di pagi hari dan kemudian beberapa saat setelahnya diikuti dengan kegiatan buang air kecil. Sebab sejatinya di dalam setiap urin itu sendiri terkandung racun dalam bentuk cair yang coba dikeluarkan oleh tubuh melalui proses ekskresi.

6. Mendorong kamu untuk sarapan

manfaat minum air putih di pagi hari

Salah satu kebiasaan buruk yang masih terlihat dalam beberapa keluarga di Indonesia adalah tidak sarapan di pagi hari. Padahal, aktivitas sarapan di pagi hari memiliki manfaat kesehatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Nah, saat kamu membiasakan minum air putih di pagi hari, secara tidak langsung pada waktu itu pula kamu akan terbiasa merasa lapar.

Hal ini disebabkan oleh proses defekasi atau buang air besar yang kamu lakukan di pagi hari beberapa saat setelah minum air putih, yang mana otomatis hal tersebut memicu timbulnya perasaan lapar. Dengan demikian, tidak akan ada lagi alasan bagi kamu untuk melewati manfaat sarapan di pagi hari.

7. Meningkatkan energi dan stamina tubuh

manfaat minum air putih di pagi hari

Kamu pengen menghilangkan rasa kantuk dan malas setelah bangun tidur? Gampang! Mulai sekarang, biasakanlah minum air putih di pagi hari. Pasalnya, kegiatan minum air putih di saat kondisi perut yang kosong ternyata dapat dengan segera meningkatkan energi seseorang. Hal ini disebabkan oleh karena terstimulasinya sel darah merah untuk bertumbuh dengan cepat. Sehingga tubuh pun bisa menjadi lebih banyak menghasilkan oksigen dan energi.

8. Menyehatkan rambut

manfaat minum air putih di pagi hari

Tak banyak yang menyadari bahwa kesehatan rambut seseorang  ternyata juga dipengaruhi oleh seberapa sering seseorang minum air putih. Jika tubuh kekurangan suplai air putih, akar-akar rambut di kepala akan mulai berubah menjadi kering, kasar, dan rapuh. Selain itu, kekurangan air juga dapat menghambat proses pengangkutan sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh rambut setiap saat. Sehingga membiasakan minum air putih di pagi hari bisa juga diartikan sama seperti sedang menjaga kesehatan rambut kamu dalam jangka panjang. Kalau kata peribahasa, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar