Mangut Iwak Pe, Ikan Beraroma Asap yang Sedap khas Jawa Tengah
Selasa, 24 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

Mangut Iwak Pe, Ikan Beraroma Asap yang Sedap khas Jawa Tengah

 Lauk berkuah santan yang satu ini sangat unik. Ikan asap diolah dengan bumbu cabae, kunyit dan kuah santan. 

Mangut merupakan sajian berkuah santan dengan bahan utama ikan dengan sensasi rasa gurih, sedikit asam dan pedas. Sedangkan iwak pe adalah ikan pari asap yang hasilkan citarasa unik dalam sajian ini.

Berasal dari Jawa Tengah, sajian ikan pari asap berkuah santan ini sering jadi hidangan rumahan sehari-hari. Kualitas ikan pari asap yang bagus akan menghasilkan citarasa yang enak.

Dalam proses pengolahannya, santan dan kunyit dicampurkan. Tekstur kuahnya agak sedikit kental dengan warna kuning kecokelatan. Di daerah-daerah Pantai Utara Jawa, mangut disajikan dengan racikan bumbu pedas untuk mengimbangi aroma ikan asapnya.

Mangut Iwak Pe, Ikan Beraroma Asap yang Sedap dari Jawa TengahFoto: detikFood

Untuk membuatnya bawang merah, bawang putih, ketumbar, kencur, lengkuas, kemiri, daun jeruk serta daun salam ditumis dan dicampurkan ke dalam kuah santan. Kemudian masukkan ikan asap dan masak hingga mendidih.

Selain iwak pe atau ikan pari, ada juga yang menjual mangut dengan ikan berjenis jambal dan lele. Meskipun sederhana, ikan yang dimasak dengan santan ini punya rasa sedap yang istimewa. Tak jarang beberapa rumah makan menambahkan cabai rawit yang dimasak langsung dalam kuah sehingga rasanya pedas dan gurih mantap!

Kalau ingin mencicip sajian ikan mangut, Anda bisa mencobanya saat berkunjung ke Yogya ataupun Semarang. Salah satu yang bisa Anda coba adalah Ikan Mangut Manyung Bu Fat yang berada di Jalan Erlangga Timur No. 3. 

Mangut Iwak Pe, Ikan Beraroma Asap yang Sedap dari Jawa TengahFoto: detikFood

Untuk di Yogya, Anda bisa mampir ke Gora Warung Pantura di Wisata Kuliner, Kampung Pringwulung, Depok dan kalau ingin mencoba mangut lele langsung aja mampir ke Mangut Lele Mbah Marto yang terletak di gang kecil sebuah Dusun Nggeneng di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar