Martabak Har Kuliner Wajib di Palembang
Jum'at, 14 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Martabak Har Kuliner Wajib di Palembang

Martabak Har, Kuliner Wajib di Palembang Sumatera Selatan

Jika kamu sedang ingin berwisata kuliner dan tidak dalam tahap diet, maka artikel ini cocok untukmu. Ada martabak khas dari Palembang yakni Martabak Har Palembang. Martabak ini sangat populer, lho! Pemilik tempat makan yang legendaris ini pun telah membuka cabangnya di berbagai kota di Indonesia.

Sebelum mengulas tentang martabak har, tidak ada salahnya untuk mengulik asal usul dari martabak ini. Martabak ini ditemukan oleh penjual makanan yang berasal dari India dan bermukim di Indonesia serta menikah dengan orang asli Palembang. Nama Har sendiri merupakan singkatan dari Haji Abdul Rozak yang merupakan penemu formula makanan lezat ini.

img-1492172109.jpg

Sejarah Martabak Har Palembang

Tempat makan martabak har sendiri sudah berdiri sejak 7 Juli 1947 setelah Indonesia merdeka di Jalan Sudirman Palembang. Hingga kini rumah makan martabak khas Palembang ini masih berdiri kokoh dan tak pernah hilang pamor. Meski kini martabak har sudah menjamur di seluruh Palembang, hanya ada 8 cabang saja yang merupakan milik keturunan Haji Abdul Rozak yang asli.

img-1492172190.jpg

Biasanya yang membuka tempat makan martabak har yang bukan keturunan Haji Abdul Rozak adalah mantan pekerja di martabak har. Beberapa di antaranya martabak har ini dikelola oleh orang yang mencari peluang usaha. Sedangkan Haji Abdul Rozak sendiri telah meninggal sejak tahun 2001.

Keistimewaan Cita Rasa Martabak Har Palembang

Lantas, apa istimewanya martabak di tempat ini jika dibandingkan dengan martabak lainnya, misal martabak telur? Jawabannya banyak. Cara pembuatan martabak har tidak perlu rumit dan terbilang paling sederhana dibanding martabak lainnya. Untuk membuat martabak ini tidak memerlukan bahan bawang bombay, daun bawang, daging cincang dan lain sebagainya. Cukup dengan kulit martabak seperti biasanya diisi dengan telur ayam atau telur bebek.

img-1492172205.jpg

Mungkin tampilan luarnya sekilas mirip martabak telur tetapi kuahnya bukan dengan cuka. Kuah martabak di sini adalah kuah kari dengan rasa rempah yang khas dan kuat dengan dicampur kentang maupun daging. Bedanya lagi, telur martabak har tidak dicampur di dalam martabak, tetapi dibalut dengan kulit martabak. Oh, ya, cara makannya pun juga berbeda yaitu disaram langsung dengan kuah kari saat masih panas dan bukan dicocol.

img-1492172482.jpg

Rasanya yang nikmat dengan rasa kuah yang bisa membelai lidah siapa pun yan memakannya, Yuk Tengok Kemegahan Wisata Sejarah Benteng Kuto Besak Palembangmembuat martabak har cukup diminati. Banyak yang jauh-jauh datang ke Palembang hanya sekadar untuk membeli martabak ini. Daya tariknya yang cukup kuat membuat martabak ini bisa dibilang primadona di kota yang terkenal dengan jajanan empek-empeknya ini.

Jika kamu berkunjung ke Palembang, kamu bisa menikmati rasa martabak yang enak ini. Tidak perlu susah payah untuk mencari jajan khas Palembang ini karena di setiap sudut jalan Kota Palembang, kamu bisa menemukannya. Jangan ragu lagi untuk membeli martabak ini. Dijamin rasanya dapat memanjakan lidahmu! Yuk, berkunjung ke Palembang dan menikmati lezatnya martabak legendaris yang satu ini!

Lokasi Martabak Har Palembang

Restoran martabak legendaris Palembang ini berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No.537, 18 Ilir, Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Bisa dijangkau dengan mudah karena terletak di pusat kota. 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar