Mengagumi Destinasi Wisata Eksotis di Bali Timur
Kamis, 12 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

Mengagumi Destinasi Wisata Eksotis di Bali Timur

Anda mungkin pernah mengunjungi Pantai Kuta, Pura Tanah Lot, atau Taman Garuda Wisata Kencana saat berkunjung ke Pulau Bali. Namun selain sederet destinasi wisata mainstream tersebut, Bali ternyata masih menyimpan segudang tempat wisata lain yang layak untuk ditelusuri. Misalnya saja bila Anda berkunjung ke wilayah ujung timur Bali yang selanjutnya akan kami sebut Bali Timur.

Bukan hanya keindahan pemandangan alam yang memesona, di Bali Timur Anda juga dapat menemui keragam budaya dan kearifan lokal yang sayang untuk dilewatkan. Seperti destinasi berikut ini:

Desa Tenganan

desa tenganan


Desa yang terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem ini menjadi salah satu tujuan wisata yang menggambarkan Bali dalam wujud keaslian tradisi yang masih dipertahankan hingga kini.

Desa Tenganan merupakan salah satu dari tiga desa kuno di Bali yang menjadi tempat berdiamnya suku asli Bali atau Bali Aga.  Di desa ini pula Anda akan menemukan pusat pengrajin kain Gringsing, satu-satunya tenun yang dibuat dengan teknik dobel ikat di Indonesia.

Tiap tahunnya, desa Tenganan juga menggelar atraksi perang pandan. Meskipun judulonya adalah perang, namun ritual yang selalu dibanjiri wisatawan ini bukan bertujuan untuk saling mengalahkan. Perang pandan dilakukan sebagai makna kesadaran untuk menjaga tanah, penghormatan pada dewa Indra simbol perang keberanian dan kesuburan.

Selain atraksi perang Anda yang berkunjung saat atraksi perang pandan juga bisa menengok tari-tarian Bali Aga dan busana adat Tenganan yang jarang dipergunakan. Bila ingin berkunjung ke desa ini, butuh waktu sekitar satu hingga dua jam perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai bila berkunjung ke tempat ini.

Adalah suatu desa di Kecamatan Kubu, sekitar 102 km dari Denpasar dan 25 km dari Amlapura. Nama desa berasal dari kata Batulambih, berarti banyak batu yang diakibatkan oleh meletusnya Gunung Agung. Desa Tulamben berkembang menjadi tujuan wisata karena posisinya strategis dan keindahan alam sekitarnya.

Terdapat beberapa fasilitas pendukung pariwisata di tempat ini mulai dari hotel, restoran, hingga warung yang menjajakan makanan. Bagi wisatawan yang ingin melihat kehidupan bawah air, Tulamben juga menawarkan panorama kehidupan laut tropis menakjubkan bagi penggemar selam.

Candi Dasa

Adalah kawasan pantai bagian timur Klungkung, antara jalan dari Denpasar menuju Amlapura. Kawasan pantai Candi Dasa berjarak sekitar 50 km dari Denpasar memiliki keistimewaan pasir putih dan hitam akibat letusan gunung, menawarkan keistimewaan yang patut dikunjungi.

Khususnya bagi penggemar snorkeling dan menyelam di antara batu-batu karang. Bila mujur, Anda bisa menyaksikan ikan dolphin yang muncul di permukaan laut, sembari mengintip  sebagian dari pulau Lombok di kejauhan. Di Candi Dasa Anda dapat mengunjungi Pura Candi Dasa.

Padang Bai

Terletak di Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, jaraknya 53 km dari Kota Denpasar atau lebih kurang 30 km dari Amlapura. Lokasi Padang Bai terletak di pantai jalan jurusan Klungkung-Karangasem belok ke atah kanan. Di Padang Bai kini telah ada beberapa buah penginapan.

Di bagian timur dari pantai Padang Bai pasirnya berwarna putih bersih dan tebal sehingga banyak wisatawan yang berenang di laut atau berjemur di pantai. Di laut sebelah timur bukit Padang Bai sangat baik untuk kegiatan Diving maupun snorkeling sebab banyak ikan hias tropis dengan batuan karang yang masih indah.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar