MENGENAL LEBIH DEKAT KOTA SEMARANG
Kamis, 16 Februari 2017
ok nusantara
Bagikan

MENGENAL LEBIH DEKAT KOTA SEMARANG

Serunya Mengenal Kota Semarang Lebih Dekat


Semarang  adalah salah satu kota bersejarah di Indonesia yang berada di pulau jawa tepatnya di Jawa Tengah, selain kota bersejarah, Semarang  juga menjadi  kota metropolitan ke lima setelah kota Jakarta, Bandung, Medan dan Surabaya. Sebagaimana yang disebut bahwa Semarang menjadi kota bersejarah, ini dibuktikan dengan adanya peninggalan-peninggalan yang sampai saat ini masih terus dilestarikan dan di lindungi oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Salah satu bukti nyata adanya sejarah dari para pejuang-pejuang terdahulu kita yang saat ini masih ada bahkan telah menjadi tempat wisata bersejarah adalah Lawang Sewu, Kota Lama, Sam Poo Kong, Watu Gong, Goa Kreo, Pecinan, dan masih banyak lagi. Banyaknya tempat-tempat wisata bersejarah di Kota Semarang, menjadikan Semarang memiliki berbagai julukan salah satunya adalah  The Power of Java untuk kepentingan pariwisata di kota Semarang (wikipedia: Kota Semarang).

1461406281414

Suasana Malam Kota Semarang

Kota Semarang memiliki keberagaman budaya yang bermacam-macam hal ini dikarenakan sebagian penduduk di kota Semarang berasal dari keturunan tionghoa yang telah lama tinggal di pulau jawa terutama di kota Semarang jawa tengah, namun pada dasarnya penduduk di kota Semarang mayoritas berasal dari jawa dan memakai bahasa sehari-hari yaitu bahasa jawa.  Perpaduan antara penduduk jawa dan tionghoa menjadikan kota Semarang berkembang pesat, khususnya di jalur perdagangan. Tingkat perekonomian di kota Semarang cukup tinggi dibandingkan dengan kota lain di Jawa Tengah. Karena Semarang juga sebagai ibu kota Jawa Tengah yang sangat berkembang. Tingkat perekonomian kota Semarang yang tinggi dapat dilihat dari banyaknya tempat wisata dan berbagai macam kuliner khas kota Semarang yang menjadi objek wisata bagi para wisatawan lokal maupun manca negara sekaligus bagi para pecinta kuliner yang berkunjung ke kota Semarang.

Tidak hanya menjadi kota bersejarah dan pariwisata, Semarang juga mempunyai  julukan sebagai kota lunpia sekaligus sebagai pintu gerbang kuliner kota Semarang.  Nama lunpia tidak asing lagi dikalangan masyarakat karena lunpia adalah salah satu jajanan bersejarah yang sangat populer dikalangan masyarakat sampai sekarang. Jajanan yang biasanya terbuat dari oalahan rebung bambu ini dulunya dibawa oleh penduduk tionghoa yang menikah dengan orang Semarang dan menetap di Semarang. Mereka mengolah lunpia sebagai jajanan pasar, namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya kreasi dari masa ke masa membuat jajanan pasar ini mengalami perkembangan menjadi makanan khas dari kota semarang dan telah menjadi pintu gerbang kuliner kota Semarang.

P_20160519_203351

Salah satu lunpia yang terkenal dan menjadi pintu kuliner kota Semarang adalah Lunpia Delight Cik Meme. Dilihat dari kenyamanan tempat dan keramahan pegawai dalam melayani pembeli menjadikan Lunpia Delight digemari oleh banyak masyarakat. Selain tempat dan pelayanannya, cita rasa perpaduan tionghoa dan jawa yang ada dalam Lunpia Delight tidak kalah enaknya dengan lunpia lainnya. Lunpia Delight yang didirikan pertama kali oleh pasangan suami istri Thay Joe dan Mbok Wasi ini telah menurunkan kreasi kulinernya kepada generasi ke limanya yaitu Cik Meme. Perjuangan Cik Meme untuk mengembangkan kreasi jajanan pasar terdahulu yang sekarang ini berubah menjadi jajanan internasional membuahkan hasil yang tidak sia-sia. Akhirnya Lunpia Delight ini menjadi salah satu jajan khas kota Semarang dan sebagai pintu gerbang kuliner Semarang yang terkenal.

P_20160519_205231

Tulisan ini diikutsertakan pada Lunpia Delight Blogging Competition yang diselenggarakan oleh Lunpia Delight

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar