Mengenal Suzuki Ignis, SUV Gahar dari Matahari Terbit
Kamis, 14 September 2017
ok nusantara
Bagikan

Mengenal Suzuki Ignis, SUV Gahar dari Matahari Terbit

Beberapa waktu lalu, PT Suzuki Indomobil Sales secara resmi merilis mobil jagoan baru mereka dengan merek dagang, Suzuki Ignis. Tampil dengan desai sporty, Suzuki Ignis digadang-gadang siap untuk bersaing di tengah semakin ketatnya kompetisi otomotif di Tanah Air. Untuk bisa bersaing maksimal, Suzuki pun tak tanggung-tanggung memoles mobil teranyar mereka dengan desain, spesifikasi hingga tehnologi terbaru. Karenanya, Suzuki Ignis diyakini bakal siap head to head dengan merek lainnya.

Bermain di level LCGC, Suzuki Ignis punya nilai plus, yakni punya harga yang kompetitif, jika dibandingkan mobil murah ramah lingkungan lainnya. Nah seperti apa sebenarnya spesifikasi dari Suzuki Ignis, yang siap bersaing?

suzuki ignis

Di mulai dari desain, Suzuki Ignis tampil sporty dengan rasa khas SUV. Pasalnya, Suzuki menempelkan platform heartect berstruktur high rigid underbody dengan konsep Total Effective Control Technology. Dengan penampilan seperti itu, maka tak heran jika mobil ini terlihat kokoh dan handal saat dikendarai. Pada bagian depan, Suzuki mengusung tema clam shell bonnet yang begitu stylish dan modern. Rancangan ini dibuat dengan grille yang memanjang mulai dari lampu utama. Untuk lampu utama sendiri, mereka mengandalkan headlamp model LED projector dengan DRL pada varian tertinggi, sehingga memaksimalkan pencahayaan.

Suzuki Ignis semakin manis dengan foglamp di bumper depan, sehingga berkendara semakin aman dengan berbagai cuaca. Nah, untuk sisi belakang, mobil tersebut mengusung konsep High Mount Stop Lamp dengan tehnologi LED dan Rear Combination Lamps. Dengan gambaran itu semua, Suzuki Ignis tampil modern dan stylish.Untuk bagian interior, Suzuki Ignis tampil dengan ruang kabin yang luas dan elegan. Hal ini tak lepas dari posisi dashboard yang terpisah dengan head unit bawaannya. Berbagai fitur hiburan pun siap menemani sang pengendara dan penumpangnya. Salah satu fitur keren ialah pengaturan suhu ruang kabin/climate control dan heater. Desainnya dibuat unik dan semua tombol tekan ditampilkan secara digital.

suzuki

Di bagian setir, bisa dilihat Multi Instrument Display (MID) yang cukup informatif dengan tampilan yang begitu sporty dan elegan. Sementara itu, pada bagian dapur pacu, Suzuki Ignis dibekali mesin tipe K12M, yang memiliki kapasitas hingga 1.197 cc dengan 16 katup lewat konfigurasi 4 silinder. Mesin ini tak main-main, karena bisa menghasilkan tenaga hingga 83 PS pada putaran ke 6.000 rpm, torsi yang dihasilkan bisa mencapai 113 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga yang dikeluarkan berasal dari dua varian sistem transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis, tergantung selera dari penggunanya,.

Poin tambah yang dimiliki varian baru Suzuki ini ialah sistem pembakaran yang mampu membuat bahan bakar lebih irit, yakni dengan tehnologi multipoint injection. Konsumsi bahan bakar pada mobil ini pun diketahui mencapai 23,64 kpl untuk transmisi manual dan 23,44 kpl untuk transmisi auto gear shift (AGS). Karenanya, performa Ignis bakal semakin gahar.

Suzuki Ignis

Dengan didukung mesin yang mumpuni, Suzuki Ignis pun didukung dengan sistem pengereman yang mutakhir, melalui ABS System. Diyakini mampu memberikan pengereman handal, sehingga bisa menghindari antiselip pada bagian ban. Keselamatan pengemudi dan penumpangnya pun dapat terjaga dengan dual SRS Airbags.

Kerennya Suzuki Ignis juga didukung dengan dimensi dan sektor kaki-kaki mobil yang pas dengan SUV di kelasnya. Suzuki menyematkan panjang mobil 3.700 mm, lebarnya 1.690 mm, tinggi 1.595 mm, dengan jarak poros roda 2.435 mm. Dengan dimensi itu, maka tak heran jika Ignis punya interior yang luas.

Di bagian jarak terendah, Ignis mempunya ground cleareance 180 mm, sehingga cocok untuk jalanan di Indonesia. Memaksimalkan kinerja Suzuki Ignis saat berkendara, Suzuki memasang kaki-kaki dengan suspensi depan tipe McPherson Strut with Coil Spring dan Torsion Beam with Coil Spring pada bagian belakang.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar