MENUJU PANTAI BUKIT PENGILON GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA
Selasa, 12 September 2017
ok nusantara
Bagikan

MENUJU PANTAI BUKIT PENGILON GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

RUTE MENUJU PANTAI BUKIT PENGILON GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

1481201009335.jpg
Ig : tomystyawan

Rute / Jalan / Akses Menuju Pantai Bukit Pengilon Gunungkidul Yogyakarta




Gunungkidul akhir-akhir ini tengah gencarnya mempromosikan tempat-tempat wisata yang di anggap baru dan masih sangat alami.


Banyak sekali destinasi tempat wisata yang kian hari semakin bermunculan di khalayak publik.


Seperti halnya PantaiBukit Pengilonini. Sebenarnya Bukit Pengilon ini tidak ada hamparan pasirnya yang luas seperti pantai-pantai pada umumnya di Gunungkidul melainkan hanyalah sebuah bukit dengan Padang rumput yang hijau nan luas ini.


Bukit Pengilon sendiri berada tepat di dusun Ngelo, kelurahan Balong, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.Titi Koordinat GPSBukit Pengilon -8.186178,110.691229
Rute Menuju Pantai Bukit Pengilon Gunungkidul Yogyakarta



Ada Dua Rute Untuk Menuju Bukit PengilonSebagai Berikut.



-Yang Pertama Rute Melalui desa Balong

Secara geografis Bukit Pengilon ini berada di desa Balong dan tepat berada di sebelah selatan dari kaki Gunung Api Purba Batur, sehingga jauh lebih dekat dari desa Balong. Namun melalui jalur ini hanyalah jalan setapak yang belum di beri petunjuk arah.

Rute Menuju Bukit Pengilon Melalui desa Balong.

Dari Kota Yogyakarta Bukit Pengilon iniberjarak80km dan dapat kita tempuh menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan.


Penting!! Untuk Menuju ke Bukit Pengilon Melalui Desa Balong Ikuti Jalur Wediombo atau Pantai Watu Lumbung karena berada satu lokasi


Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari (perempatan Ketandan) > Sampaan > Piyungan > Bukit bintang > Patuk. > Sambipitu > Bunder > Gading > Siono > Wonosari > Jl. Baron > Mulo > Tepus > Purwodadi > Balong > Jepitu ( ada pasar di pertigaan Jepitu ambil arah kanan kalau menuju Pantai Wediombo) > Setelah TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) sebelum sampai di pantai Wediombo belok ke kanan ke arah jalan cor blok (lihat plakat menuju arah pantai Watu Lumbung dan juga gunung api purba Batur) ikuti jalan cor blok tersebut melalui ladang-ladang penduduk > ambil arah kiri menuju pantai Watu Lumbung > parkiran Watu Lumbung > (tracking) > PantaiBukitPengilon.


Nb. Selain melalui jalur wediombo juga ada jalur lain yaitu Balai desa Balong keselatan mengikuti jalan cor blok dan ikuti petunjuk ke arah Pantai Watu Lumbung


- Yang kedua rute melalui Pantai Siung

Rute yang ke dua ini sering juga sebagai alternatif ketika hendak menuju Bukit Pengilon. Namun jarak tempuhnya dari pantai siung lebih jauh dari pada melalui desa Balong atau pantai Watu Lumbung.


Rute Menuju Bukit Pengilon Melalui Pantai Siung


Jarak tempuh dari kota Yogyakarta hampir sama yakni 80 km hingga sampai di bukit pengilon ini menggunakan kendaraan pribadi. Dan kurang lebih menghabiskan 2 jam perjalanan.

Penting!! Untuk menuju Bukit Pengilon Melalui Pantai Siung Sebaiknya Anda Mengikuti Petunjuk Arah Ke Pantai Siung Karena Kendaraan Kita di Parkir di Pantai Siung


Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari (perempatan Ketandan) > Sampaan > pertigaan. Piyungan > Bukit bintang > Patuk. > Sambipitu > Bunder > Gading > Siono > Wonosari > Jl. Baron > Mulo > Tepus > Purwodadi > ada pertigaan ke kanan arah pantai siung (belok kanan ikuti arah ke Pantai Siung) > Pantai Siung > tracking Pantai Banyu Nibo >Bukit Pengilon


Nb. Dari pantai siung menuju bukit pengilon lebih jauh namun jalan setapaknya sudah lebih tertata dari pada melalui desa Balong.

Screenshot_2016-12-08-19-41-39.png

Nah itulah tadi rute Paling efektif ketika hendak menuju Bukit Pengilon Gunungkidul, mengenai bukit pengilon yuk lanjut baca sampai akhir artikel.


Sekilas Tentang Bukit Pengilon

Bukit pengilon sebenarnya bukan pantai pada umumnya yang mempunyai pasir putih, namun Padang rumput yang lumayan luas dengan perbatasan laut yang biru menggelora.





Suasana saat berada di bukit pengilon sangat menarik yakni kita bisa menikmati pemandangan laut lepas dan melihat pantai di sekeliling bukit pengilon yakni dari sebelah paling timur terlihat dari kejauhan yaitu Pantai Wediombo, kemudian Pantai Nampu, Pantai Watu Lumbung. Sementara untuk disisi kanan nya Paling dekat dari Bukit Pengilon yaituBanyu Nibo, Lalu Pantai Siung.
Rute Menuju Pantai Bukit Pengilon Gunungkidul Yogyakarta


Sangat Indah ketika bisa menikmati jagat Balong ini dari atas ketinggian. Dengan deburan ombak yang menderu di Sertai angin laut yang sepoi-sepoi.


Bukit Pengilon saat ini sangat di minati kaum muda mudi sebagai tempat camping paling di buru. Karena eksotisme pemandangan yang ada disini.


Fasilitas di bukit pengilon ini sama sekali belum ada sebaiknya apabila ingin ke tempat ini atau lebih-lebih ingin camping lebih baik menyiapkan perbekalan dari rumah.


Selain itu bukit pengilon juga sebagai ajang tempat mancing ikan. Karena posisi berada di ketinggian dan berbatasan dengan laut lepas jadi di sini konon banyak ikan yang besar.


Nama bukit pengilon sendiri diambil masyarakat setempat karena batu yang berbatasan dengan air laut menyerupai Pengilon atau dalam bahasa Indonesianya adalah "cermin".


Di bukit pengilon juga sangat cocok bagi wisatawan yang gemar dengan fotographi karena di sini nuansa nya sangat menyatu antara pemandangan alam dan juga pemandangan lautnya.


Anda berminat kesini?? Silahkan berkunjung kemari dan nikmati pemandangan yang berada di bukit pengilon ini. Pastinya anda tidak akan rugi. Selamat berwisata :)

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar