Merasa Selalu Kekurangan? Coba 8 Cara Hidup Sederhana
Jum'at, 08 Desember 2017
ok nusantara
Bagikan

Merasa Selalu Kekurangan? Coba 8 Cara Hidup Sederhana

Masyarakat dunia saat ini sedang diarahkan ke pola pikir hedonis yaitu pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan hidup. Salah satunya hobi belanja, seseorang itu baru akan puas jika sudah bisa membeli baju, sepatu dan tas bermerk.

Tidak salah jika kamu ingin membeli barang-barang bermerk tetapi tujuannya bukan untuk mencari kebahagiaan atau memuaskan kesenangan. Padahal bahagia itu sederhana. Nah, bagaimana cara hidup sederhana supaya kamu lebih bahagia?

1. Ubah cara pandang tentang hidup sederhana

CARA HIDUP SEDERHANA

Lawan dari hidup sederhana adalah hidup mewah. Seringnya kita menyamakan hidup sederhana itu seperti orang yang terlihat tidak punya uang, miskin dan menyedihkan. Sebaliknya jika kita bisa memakai barang bermerk, makan di restoran dan selalu naik kendaraan mewah itu ciri orang kaya, banyak uang padahal kenyataannya banyak orang yang benar-benar kaya memilih hidup sederhana. Sedangkan yang sebenarnya memiliki uang pas-pasan selalu ingin terlihat hidup mewah sampai-sampai hutang kartu kredit menumpuk di luar batas kemampuan.

2. Bersyukurlah

CARA HIDUP SEDERHANA bersyukur

Bersyukurlah kamu bisa hidup dalam kecukupan, tidak kurang makanan, pakaian dan ada tempat tinggal  itu sudah lebih dari cukup. Lihatlah orang-orang yang masih kurang beruntung dibanding kamu. Bersyukur membuat hidupmu lebih bahagia, tanpa rasa syukur kamu justru akan terus gelisah untuk meraih yang tidak bisa kamu raih.

3. Tahan keinginanmu untuk membeli barang-barang

CARA HIDUP SEDERHANA menahan belanja

Kamu masih punya 2 pasang sepatu yang masih bagus dan bisa dipakai, tahan dulu keinginanmu untuk membeli yang baru. Tutuplah mata pada promo toko yang menawarkan diskon besar padamu. Bukan hanya sepatu, kamu juga harus menahan keinginanmu membeli baju, tas dan lainnya jika kamu masih punya yang lama dan bisa dipakai. Tahan keinginanmu untuk memboroskan uang demi penampilan.

4. Cermat dalam mengatur keuangan

CARA HIDUP SEDERHANA

Buatlah catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan dengan teliti. Jangan sampai pendapatanmu lebih besar daripada pemasukanmu ya. Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit. Kalau kamu masih punya banyak hutang kartu kredit, ada baiknya jika kamu melunasinya  segera. Belanjakan uangmu untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Jauhkan rasa gengsi

CARA HIDUP SEDERHANA

Yang terlebih penting untuk menjalani cara hidup sederhana adalah kamu perlu membuang jauh rasa gengsi dan malu. Artis kaya saja mau menjauhkan rasa gengsi untuk naik ojek online seperti Dian Sastrowardoyo, makan di kaki lima seperti Nagita Slavina atau seperti Sarwendah yang tampil apa adanya dengan dasternya padahal mereka artis yang kaya raya lho. Kalau kamu gimana?

6. Hidup sederhana dengan tetap giat bekerja

CARA HIDUP SEDERHANA

Hidup sederhana bukan berarti kita bermalas-malas supaya menjadi miskin, justru sebaliknya. Kamu harus bekerja dengan rajin supaya bisa meningkatkan taraf hidupmu. Dengan bekerja, kamu akan mempunyai tujuan hidup yang lebih besar lagi misal kamu sedang menjadi karyawan biasa yang ingin membuka usaha sendiri, maka kamu akan berusaha untuk menabung supaya memiliki modal buat buka usaha.

7. Hiduplah di bawah kemampuan

CARA HIDUP SEDERHANA

Hidup di bawah kemampuan  contohnya jika seseorang makan di warung makan biasa dengan harga 50 ribu padahal sebenarnya ia mampu untuk makan di restoran dengan harga 200 ribu. Atau seseorang yang bergaji 10 juta sebulan tapi ia lebih memilih membeli motor dibanding harus menaiki mobil yang dibeli secara kredit.

8. Kendalikan dirimu saat melihat apa yang dipakai orang lain

CARA HIDUP SEDERHANA

Teman sekantor baru membeli baju lengkap dengan tas, sepatu dan asesoris. Tahanlah dirimu untuk tidak merasa iri. Daripada membelanjakan uang untuk hal seperti itu, lebih baik investasikan uangmu untuk membeli emas, saham atau investasi yang menguntungkan lainnya. Kamu akan terkejut melihat uangmu akan terkumpul lebih cepat dibanding saat kamu menyukai belanja.

Nah, tertarik tidak untuk mulai menjalani cara hidup sederhana di atas? Atau kamu terus ingin berkubang dalam lingkaran keinginan hidup hedonis yang tak ada habisnya jika dituruti? Percayalah hidup sederhana itu lebih membahagiakan

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar