Museum Geologi Bandung
Kamis, 13 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Museum Geologi Bandung

Wisata Edukasi dan Sejarah Museum Geologi Bandung

Kota Bandung ternyata masih bayak menyimpan berjuta wisata yang menakjubkan. Salah satu tempatnya adalah tempat liburan di Bandung yang menarik dan sangat unik. Keunkannya tersebut terlihat dari kemanfaatan tempat ini yang bisa memberikan kita informasi terhadap pengunjung tentang bumi dan seisinya. Apa lagi kalau bukan yang disebut dengan Museum Geologi Bandung. Museum Geologi Bandung tersebut merupakan salah satu museum tertua di Kota Bandung.

img-1492078186.jpg

Untuk mengakses salah satu gedung bersejarah di Bandung tersebut sangatlah mudah dicapai. Hal tersebutlah yang akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk pergi ketempat ini. ketika ketempat tersebut pasti akan banyak pengalaman yang akan Anda gali dari keilmuan yang terekam di sana.

Alamat dan Peta Lokasi Museum Geologi Bandung

Untuk lokasinya Museum Geologi tersebut berada di di Jalan Diponegoro Nomor 57, Bandung. Lokasi museum tersebut sangatlah mudah dicapai karena berada di tengah kota sehingga banyak kendaraan umum yang bisa dimanfaatkan. Jika, Anda ingin menggunakan kendaraan umum, maka Anda bisa menaiki angkot dengan nomor 10. Karena angkot yang bewarna kuning – hijau tersebut memiliki rute Stasiun Hall – Sadang Serang.

img-1492078204.jpg

Namun apabila menaiki angkot tersebut, mintalah pada sopir agar di turunkan pertigaan Masjid Pusdai. Lalu turunlah Anda, dan naiklah angkot nomor 05 bewarna hijau – hitam yang memiliki rute Cicaheum – Ledeng. Sehingga Anda dapat melewati Museum Geologi Bandung tersebut.

Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Geologi Bandung

Harga yang diberikan untuk dapat masuk kedalam museum sbenarnya sangatlah murah, jika ditukar dengan pengalaman yang ada di dalamnya. Untuk memasuki tempat tersebut Anda hanya akan dikenakan Harga tiket masuk Museum Geologi Bandung sebesar Rp. 2.000 bagi pelajar. Kemudian untuk  wisatawan lokal/domestik Rp.3.000. Sedangkan harga tiket Rp.10.000 digunakan untuk wisatawan asing atau mancanegara.

img-1492078224.jpg

Untuk mengunjungi tempat tersebut Anda perlu untuk mengetahui jam bukanya. Jam Buka tempat tersebut dibuka siang mulai pukul 09.00 s/d sore pukul 15.30 wib pada hari senin hingga Kamis. Sedangkan pukul 09.00 sampai dengan pukul 13.30 siang yaitu pada hari Sabtu dan Minggu. Sementara salah satu tempat rekreasi di Bandung ini harus tutup ketika jika pada hari Jumat dan hari-hari libur nasional juga hari raya.

Isi di Dalam Ruangan Museum Geologi Bandung

Museum tersebut terbagi menjadi dua lantai. Untuk lantai 1 yang pertama terbagi menjadi 3 ruangan yang berbeda, yaitu ruangan tengah, barat, dan timur. Ruang yang tengah berisi diantaranya seperti Animasi kegiatan geologi dan kegiatan museum dalam layar lebar, Pelayanan informasi museum, Pelayanan pendidikan dan penelitian.

img-1492078249.jpg

Kemudian untuk ruang barat berisi tentang, hipotesis terjadinya bumi, sistem tata surya dan tatanan tektonik regional. Kemudian juga ada tentang Maket pergerakan lempeng-lempeng aktif kulit bumi, keadaan geologi Indonesia, fosil manusia purba.

Selanjtnya ada juga sejarah evolusi manusia menurut teori evolusi Darwin, berbagai jenis bebatuan: batuan beku, sedimen, dan malihan, pemetaan sumber daya mineral di Indonesia, berbagai jenis peralatan dan perlengkapan lapangan.

Sedangkan untuk runagan yang timur berisi diantaranya mulai dari, Sejarah perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup. Tentunya yaitu mahluk hidup yang mendiami planet bumi dari masa primitif sampai dengan masa modern. Kemudian ada juga Fosil dinosaurus Tyrannosaurus Rex Osborn, Kumpulan tengkorak manusia purba yang pernah ditemukan di Indonesia. Seta ada juga Artefak yang digunakan manusia purba.

Kemudian untuk lantai 2 juga terbagi menjadi 3 bagian utama, yaitu bagian tengah, barat, dan timur. Untuk ruang tengah berisi Maket tambang emas paling besar di dunia yang berlokasi di Irian Jaya. Kemudian juga ada Bebatuan asal Papua, dan Miniatur pengeboran minyak dan gas bumi. Sedangkan untuk isi dari ruang barat beruapa ruangan untuk staf Museum Geologi Bandung. Jadi, silahkan datang ke tempat tersebut ketika Anda berlibur ke bandung.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar