Museum Jamu Nyonya Meneer
Senin, 20 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Museum Jamu Nyonya Meneer

Museum Jamu Nyonya Meneer,Museum Jamu Paling Legendaris di Indonesia

Jamu merupakan sebuah obat tradisional yang berasal dari Indonesia. Jamu Nyonya Meneer merupakan sebuah minuman untuk mengobati penyakit yang menggunakan bahan alami seperti tumbuhan, akar dan juga buah-buahan yang memiliki khasit yang baik. Salah satunya merupakan sebuah jambu cap nyonya menir yang kini telah dibuatkan museum yang bernama Museum Jamu Nyonya Meneer.

img-1489988821.png

Museum Jamu Nyonya Meneer merupakan sebuah museum jamu pertama yang berada di Indonesia. Museum ini telah didirikan pada 18 Januari 1984. Tujuan dari pembuatan museum ini sebagai cagar budaya yang berguna untuk melestarikan warisan budaya dari para leluhur tentang jamu asli Indonesia. Selain itu Museum Jamu Nyonya Meneer bisa anda kunjungi sebagai tempat belajar ataupun rekreasi bersama teman, sahabat, pasangan ataupun keluarga

img-1489988884.png

Tampilan museum ini telah berbentuk seperti rumah yang bergaya jawa yang bisa anda bayangkan sama seperti keraton yang juga bisa kita temui aksen kayu pada setiap sudut ruangannya yang ada di tempat ini. Selain itu banyak juga perabot dari kayu seperti meja, lemari dan juga sebagainya yang telah ada di Museum ini.

img-1489988917.png

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Museum ini, berikut inilah informasi lengkap seputar Museum Jamu Nyonya Meneer.

Koleksi Museum Jamu Nyonya Meneer

Berbicara tentang koleksi yang ada di Museum Jamu Nyonya Meneer ini telah terdapat koleksi patung yang berguna sebagai gambaran bagaimana proses pembuatan dari jamu tersebut. Kemudian juga ada peralatan-peralatan yang digunakan untuk membuat jamu. Lalu ada juga koleksi pribadi dari Nyonya Mener ini sendiri yang telah terpajang di dalam Museum ini.

img-1489988985.png

Kemudian pada lantai dua juga telah ada penjelasan tentang perkembangan jamu pada masa dulu. Selain itu ada banyak property seperti buku yang telah digunakan untuk mencatat racikan jamu, bahan dasar pembuatan dan juga pakaian yang telah dikenakan bisa anda lihat, semuanya telah tertata dan juga terawat.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Museum Jamu Nyonya Meneer

Untuk harga tiket masuk pada museum ini tidak dikenakan tiket masuk atau gratis. Jadi bagi anda yang ingin mengetahui apa saja isinya bisa datang langsung ke museum ini. Kemudian untuk jam operasional museum ini buka setiap hari Senin – Jum’at pukul 10.00 – 15.30 WIB. Jika anda ingin berkunjung rombongan atau 25 orang, anda perlu menghubungi pihak tersebut terlebih dahulu.

Alamat  Museum Jamu Nyonya Meneer

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Museum Jamu Nyonya Meneer ini, anda bisa langsung berkunjung langsung ke museumnya. Museum jamu ini beralamat di Jl. Kaligawe KM 4 Semarang atau Muktiharjo Lor, Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah atau tepatnya berada di seberang kampus Universitas Sultan Agung UNISSULA. Anda bisa langsung datang ke lokasi tersebut.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar