Museum Ranggawarsito
Sabtu, 22 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Museum Ranggawarsito

Museum Ranggawarsita, Museum Terlengkap di Semarang

Museum Ranggawarsita Abdulrahman Saleh, merupakan sebuah museum yang paling lengkap di Kota Semarang. Di dalamnya terdapat banyak sekali berbagai koleksi sejarah, arkeologi, kebudayaan, dan berbagai hal unik lainnya yang ada di nusantara. Nama museum Museum Ranggawarsita Abdulrahman Saleh diambil dari salah satu nama pujangga indonesia. Yaitu “Ranggawarsita” dia begitu terkenal dari hasil karya-karyanya didalam bidang kebudayaan dan juga filsafat.

Museum terlengkap di Semarang ini memiliki luas tanah sebesar 1,8 hekter, serta mulai dibuka pada jam 08.00 hingga jam 16.00 WIB. Museum Museum Ranggawarsita Abdulrahman Saleh memiliki koleksi yang ada didalamnya sebanyak kurang lebih 59.000 buah. Dari itu semua dibagi kedalam 10 jenis, yakninya geologi, biologi, arkeologi, historika, ethnografika,  numismatic, heraldika, kramologika, teknologika, filologi  dan seni rupa.

img-1492836545.jpg

Serta menjadikan Museum Ranggawarsita Abdulrahman Saleh sebagai salah satu aset dari pelayanan publik dalam bidang pelestarian budaya, rekreasi dan juga wahana pendidikan. Pendirian dari museum ini pertama kali dirintis oleh sebuah proyek mengenai rehalibitasi dan juga permuseuman di daerah Jawa Tengah sekitar pada tahun 1975. Dan juga secara resmi dibuka oleh seorang profesor yang bernama Prof. Dr. Fuad Hasan, pada bulan juli di tahun 1989.

Bagunan dari museum Museum Ranggawarsita Abdulrahman Saleh terdiri dari empat bagian yang ditempat didalamnya. Sekaligus semua bangunan tersebut memiliki cerita sejarah yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

4 Bagian Bangunan Museum Ranggawarsita

Gedung A Museum Ranggawarsita

Pada bagian ini, yaitu gedung A menyimpang berbagai hal yang berbau dengan Geografi dan juga geologi. Para wisatawan dapat menemukan berbagai macam bebatuan yang ada dibumi, serta juga terdapat berbagai penemuan bebatuan asteroit yang pernah jatuh didaerah Mojogedang, Karangayar, sekitar pada tahun 1984.

img-1492836559.jpg

Pada zaman dahulu, berbatuan anteroit tersebut dipakai dan digunakan untuk campuran pamor keris. Selain mengenai bebatuan, pada gedung ini juga terdapat berbagai tulisan tentang pembagian zaman yang pernah ada dibumi.

Disini anda juga bisa menemukan beberapa koleksi dari bebatuan alam dan juga mineral yang menarik. Serta dengan jenis-jenis bebatuan mulia hingga sampai pada stalagtit dan stalagmit. Dibagian lantai dua dari gedung ini, para pengunjung akan mendapatkan sajian dari pengetahuan-pengetahuan mengenai Paleontologi (zaman purba), yang dilengkapi dengan beberapa fosil kayu kono, bebatuan dan juga ada mengenai masyarakat kuno.

Para pengunjung juga dapat melihat beberapa hewan-hewan yang dari masa silam. Serta juga ada  hewan-hewan langka seperti diantaranya burung rajawali, babi hutan, kancil, bajing peluncur, dan juga babi hutan.

Gedung B Museum Ranggawarsita

Di gedung B ini, berisikan peninggalan-peninggalan budaya dan kerajian yang berada pada zaman Hindu Budha, beberapa yang dipamamerkan disini, seperti arca-arca, ketongan, kendhi, cermin yang terbuat dari perunggu, patung dewa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bukan hanya Hindu Budha, disini anda juga dapat menemukan kebudayaan yang becorak islam, dari miniartur masjid Agung Demank, Menara Masjid Kudus, dan masih banyak lagi yang lainnya peninggalan yang berbau Islam.

img-1492836571.jpg

Untuk lantai keduanya, menyajikan wahana yang belantaikan keramik dan batik. yang semua itu dipamerkan kedalam macam-macam jenis dan model keramik, baik itu berasal dari lokal, maupun yang berasal dari dari cina dan juga Eropa.

Tak hanya itu, digedung kedua dari Museum Ranggawarsita Abdulrahman Saleh, juga memperlihatkan aneka kerajianan gerabah dan tata cara pembuatannya. Yang diperlihatkan berdasarkan model diroma atau patung. Lalu untuk dibagian batik, para wisatawan dapat melihat macam-macam jenis motif batik, yang ada di jawa tengah. Seperti diantaranya Surakarta, Pekalongan Lasem, dan juga Banyumasan.

Gedung C Museum Ranggawarsita

Bagian gedung C, terdapat ruangan yang terbagi antara ruang bersejarang perjuangan bersenjata. yang dibagi lagi berdasarkan benda-benda sejarah yang terdapat didalamnya. Benda-benda yang tersebut dipakai dan digunakan pada zaman pertempuran serta diorama perjuangan bangsa indonesia dalam merebut kemerdekaan.

img-1492836604.jpg

Selain itu, disini juga ditampilkan diorama dari pertempuran-pertempuran yang pernah terjadi di Jawa Tengah dan juga Yogjakarta. Dibagian lantai dua dari gedung ini, pengunjung juga akan menemukan kerajinan tradisional serta ruangan teknologi industri, transfortasi, dan juga berbagai macam model kerajinan rumahan.

Gedung D Museum Ranggawarsita

img-1492836640.jpg
Pada gedung ini, para wisatawan akan disujukan dengan berbagai hal tentang pembangunan, heraldik, tradisi nusantara, ruang intisari, numismatik dan juga Hibah. Dan untuk lantai duanya, terdapat ruangan yang memperlihatkan kesenian dan juga benda-benda yang berkaitan dengan itu semua.

Alamat Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita Abdulrahman Saleh Berada dialamat Jalan. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kulon, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50149, Indonesia. Atau hanya berjarak sekitar 3 Km saja dari tugumuda. Anda dapat pergi kesini melalui berbagai macam transfortasi kendaraan umun, atau juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Tarif Masuk Museum Ranggawarsita

Tarif yang dipatok untuk masuk kedalam kawasan Museum Ranggawarsita Abdulrahman Saleh, adalah sebesar Rp.4.000 untuk orang dewasa. Untuk anak-anak dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000, itupun untuk wisatawan lokal, jika untuk wisatawan asing, dikenakan biaya Rp.10.000 perorangnya.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar