Museum Siwalima di Ambon
Kamis, 06 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Museum Siwalima di Ambon

Museum Siwalima, Museum dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Ambon

Berkunjung ke daerah Ambon, tidak salahnya untuk mempelajari sejarah kota tersebut. Mulai dari penjajahan yang dilakukan oleh Bangsa Portugis dan Bangsa Belanda hingga mempelajari adat istiadatnya. Dan, salah satu tempat yang bisa dikunjungi saat ingin mempelajari adat istiadat rakyat Maluku di Ambon adalah Museum Siwalima.

img-1491452818.jpg

Museum ini mendapatkan nama Siwalima dari dua kata yaitu siwa dan lima dan didirikan tanggal 8 November 1973 dan baru diresmikan pada tanggal 26 Maret 1977.  Siwa yang diambil dari kata ulusiwa yang bermakna sembilan kerajaan dari wilayah selatan maluku ini berarti siwa adalah sembilan. Dan lima diambil dari kata patalima yaitu lima kerajaan dari wilayah utara maluku berarti lima adalah lima. Pertama kali yang akan kamu jumpai di Museum Siwalima adalah kata “usu mae upu” yang bermakna silakan masuk ini berada di pintu masuk.


img-1491452827.jpg

Awalnya Museum Siwalima hanya menyimpan sesuatu yang berbau adat istiadat dan seiring waktu berjalan, barulah tempat ini dijadikan dua bagian. Museum siwalima pertama berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan kelautan, khususnya sejarah kelautan masyarakat Ambon. Tidak hanya benda-benda yang berkaitan dengan sejarah, tetapi juga berisi fosil-fosil binatang laut diantaranya adalah tiga fosil ikan paus yang sangat besar. Dan yang paling besar adalah ikan paus seukuran 23 meter.

img-1491452876.jpg

Satunya lagi, museum kedua atau Museum Budaya Siwalima berisi segala sesuatu atau benda-benda yang berbau sejarah budaya Maluku. Ada bangunan asli maluku, alat-alat pertanian, pakaian adat, uang lama, senjata khas, perlengkapan upacara adat dan guci-guci peninggalan penjajah Jepang. Semua koleksi yang berjumlah 5684 buah ini masih terjaga hingga detik ini.

Sebenarnya koleksi di Museum Siwalima ini disusun bertumpuk karena keterbatasan tempat, tetapi setiap lima tahun diganti dengan yang belum dipajang. Ada jasa pemamdu bagi kamu yang inginmendapatkan penjelasan yang lebih detail. Kamu juga bisa melakukan permintaan khusus seperti demo pembuatan kain tenun, pementasan musik lokal dan tarian.

img-1491452905.jpg

Lokasi Museum Siwalima Maluku

Museum yang terletak di kawasan Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Lokasi Museum Siwalima ini sangat indah, terletak di atas bukit yang menghadap ke Teluk Ambon. Memiliki jarak hanya lima kilometer dari Ambon. Sehingga kamu bisa melihat panorama teluk dari atas ketinggian. Karena lokasinya ini, tempat ini menjadi tempat yang sempurna ketika ingin melihat keeksotisan teluk.

Lokasinya yang cukup dekat dengan lautan, juga membuat tempat ini ramai jadi kunjungan anak muda Kota Ambon. Mereka yang datang tidak hanya tertarik karena ingin menyaksikan koleksi museum, tapi juga menjadikan tempat ini sebagai sarana untuk bisa mendapatkan foto cantik yang selanjutnya dipakai untuk mejeng di media sosial, baik Instagram ataupun Facebook.

Tiket Masuk Museum Siwalima Ambon

Akses menuju museum cukup mudah dengan jarak lima kilometer dari pusat kota Ambon. Dan kamu bisa naik kendaraan umum atau pribadi saat pergi ke Museum Siwalima. Tidak terlalu menyulitkan, dan bisa dijangkau dengan mudah. Harga tiketnya sangat murah, yakni Rp. 2500 untuk dewasa, Rp. 1500 untuk anak-anak dan Rp. 1000 untuk rombongan. Murah meriah bukan?

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar