Nasi Gandul Pati
Senin, 13 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Nasi Gandul Pati

Untuk orang-orang yang diluar Jawa Tengah pasti mendengar makanan yang satu ini sangatlah aneh dan pastinya bikin kita penasaran, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan nasi gandul pati ? Apa mungkin nasinya dihidangkan secara digantungkan ? kalau patinya sendiri kan berasal dari nama derahnya, entahlah yang jelas nasi gandul pati ini sangat nikmat dengan berbagai lauk yang melengkapinya.

Nasi Gandul Pati, resep untuk membuat  Nasi Gandul Pati,  Nasi Gandul Pati ini sangat nikmat,  Nasi Gandul Pati ini adalah makanan khas dari daerah Pati,  Nasi Gandul Pati ini memiliki citarasa yang sangat mantap,  Nasi Gandul Pati ini juga begitu banyak digemari oleh pencinta kuliner,  Nasi Gandul Pati juga memiliki dayatarik tersendiri bagi setiap orang yang mencicipinya,  Nasi Gandul Pati ini sangat terkenal diJawa Tengah

Resep Nasi Gandul Pati

Bukan berhenti disitu saja loh sobat, nasi gandul pati ini sudah sangat terkenal di Jawa Tengah karena kelezatan dan kombinasi rasa lauknya yang pas banget itu. Mangkanya bukan menjadi hal yang aneh lagi jika Anda bertandang ke daerah Pati ini dan melihat orang yang berjualan nasi gandul pati akan melihat ramainya pengunjung dan antrian yang mengular.

Ya jelas dong seperti itu pemandangannya, karena memang nasi gandul pati ini sungguh menggugah  selera nafsu makan. Buat Anda yang belum pernah mencoba pun dijamin akan ketagihan saat pertama kali mencicipinya. Kayaknya gak perlu tunggu lama-lama lagi deh, udah gak sabar nih mau tahu seperti apa cara membuatnya dan apa saja sih bahan-bahan yang perlukan untuk membuat nasi gandul pati ini. Yuk langsung aja kita intip beberapa hal dibaah ini.

Bahan untuk Nasi Gandul Pati:

  • daging sapi: 425 gram,  potong kotak-kotak
  • daun salam: 2 lembar
  • lengkuas: 2 ruas jari,  memarkan
  • santan: 750 ml , dari 1 butir kelapa
  • serai: 1 batang , memarkan

Bumbu halus:

  • bawang putih: 5 siung
  • ketumbar: 1/2 sendok kecil
  • kencur: 2 ruas jari
  • cabai merah: 3-4 buah
  • merica: 1/2 sendok kecil
  • bawang merah: 9 butir
  • kluwek: 2 buah , ambil isinya saja
  • garam secukupnya
  • jintan: 1/4 sendok kecil
  • daun pisang seperlunya

Pelengkap:

  • Tempe goreng
  • Nasi putih
  • Kerupuk nasi/karak
  • Telur ayam bacem

Belum ngrasain aja sudah ngiler rasanya dengan melihat pelengkapnya dan juga bahan-bahannya, gimana kalau sudah mencicipi yang aslinya ? Pasti lidah gak mau berhenti untuk makan. Jelas saja enak banget lawong ada telur bacemnya sebagai pelengkap hidangan, itu kan merupakan salah satu makanan yang sangat nikmat ditambah lagi dengan siraman kuahnya yang sangat terasa banget itu,hmm bikin suasana makan semakin mantap saja.

Karena bikinnya mudah dan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan nasi gandul pati ini sangat mudah, jadi tidak ada alasan lagi dong buat Anda untuk tidak mencobanya didapur rumah Anda. Sekarang saatnya Anda untuk membuktikan kelezatannya langsung dirumah Anda dan jadikan suasana makan Anda hari ini semakin lebih seru dan mengesankan dengan menghidangkan sajian nikmat nasi gandul pati.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar