Pahami 6 Tips Sederhana Memulai Bisnis Online Agar Tak Salah Langkah
Kamis, 20 September 2018
ok nusantara
Bagikan

Pahami 6 Tips Sederhana Memulai Bisnis Online Agar Tak Salah Langkah

Di era modern saat ini, media sosial menjadi wadah di mana kamu bisa mendapatkan berbagai informasi. Jika sebelumnya media sosial digunakan untuk berbagi keseharian dengan para penggunanya, kini media sosial dijadikan wadah untuk berjualan. Yup, bisnis online namanya. Banyaknya peminat membuat para pebisnis mencoba untuk memuai bisnis ini.

Cara berjualan seperti ini ternyata cukup efektif untuk memperkenalkan barang dagangan kepada masyarakat luas. Jika kamu tertarik untuk menjalankannya, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu agar bisnis online kamu mempunyai daya tarik. Untuk itu, kali ini ShopBack akan memberikan informasi mengenai hal- hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis online.

1. Siapkan modal

tips memulai bisnis online

Setiap ingin memulai bisnis memang harus ada modal, benar? begitu juga dengan memulai bisnis online. Tetapi,  dalam bisnis online sebenarnya tidak terlalu banyak modal yang dibutuhkan, mungkin hanya untuk modal membeli barang dari distributor atau untuk produksi barang yang akan di jual. Mungkin sebagai pemula, kamu bisa memilih menjadi reseller terlebih dahulu untuk memulai bisnis online kamu.

2. Pilih media sosial yang efektif

tips memulai bisnis online

Saat menentukan media sosial yang ingin kamu gunakan, ada baiknya untuk melihat traffic penggunanya terlebih dahulu. Hal ini berfungsi agar dapat menggunakan media sosial yang tepat untuk bisnis online. Sejauh ini, facebook dan instagram menjadi tempat yang cocok, karena banyaknya pengguna dari dua aplikasi tersebut.

3. Tentukan target pasar

tips memulai bisnis online

Untuk memulai bisnis online, sudah sepatutnya terlebih dahulu kamu mengetahui jenis barang apa yang akan kamu jual dan kemana target pasarnya. Ada banyak pelaku bisnis online yang berhenti ditengah jalan karena mereka lupa atau bahkan memang tidak mempersiapkan hal seperti ini. Banyaknya pengguna media sosial membuat persaingan dalam bisnis online sangat ketat.

4. Mulai memproduksi barang jualan

tips memulai bisnis online

Jika kamu memilih sebagai reseller dalam bisnis online, mulailah untuk mencari distributor yang memang sudah mempunyai jam terbang yang tinggi. Atau kamu bisa meminta bantuan teman kamu untuk mencarikan distirbutor yang bisa dipercaya. Namun, apabila kamu ingin menjual barang-barang buatan sendiri, mulailah untuk memproduksinya, tetapi ingat, sebagai pemula jangan langsung dalam jumlah yang besar, ya!

5. Buat konten yang menarik

memulai bisnis online

Dalam dunia bisnis online, konten  yang menarik menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin memasarkan barang jualan kamu. Tidak hanya menampilkan foto untuk setiap produk, konten bisa digunakan untuk mendeskripsikan jenis barang yang kamu jual. Dengan menggunakan konten yang menarik, calon customer pun bisa membayangkan jenis barang yang kamu jual.

6. Sediakan handphone dan nomor khusus

memulai bisnis online

Melalui telephone atau chat merupakan cara berkomunikasi antara pembeli dan penjual dalam bisnis online. Sediakan satu handphone dan nomor untuk membedakan privasi dan bisnis online kamu. Saat mendapatkan pesan dari calon customer, jangan menunda untuk membalasnya kalau tidak mau mereka akan pindah ke lapak lain.

Bagi para pemula, dalam memulai bisnis online dibutuhkan kesabaran dan juga niat yang kuat untuk menjalankannya. Ketika bisnis online kamu sudah mendapatkan customer yang mau membeli, disaat itu akan ada kepuasan tersendiri yang kamu rasakan. Dalam dunia bisnis, harus kamu ingat bahwa customer adalah raja. Jadi, jangan pernah untuk mengecewakan mereka. Plus, jangan pernah takut untuk mencoba hal baru, ya! Jadikanlah hal baru ini sebagai pengalaman yang bisa menambah kemampuan kamu yang akan sangat berguna nantinya.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar