Pantai Jikomalamo
Kamis, 13 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo Kecantikan Alam yang Tersembunyi di Ternate

Ketika berjalan-jalan ke Ternate, sempatkanlah untuk mengunjungi Pantai Jikomalamo. Jikomalamo termasuk pantai tersembunyi yang sangat cantik di wilayah Maluku Utara. Pantai ini berpasir putih bersih yang lebarnya hanya sekitar 100 meter saja. Meski pantai berpasirnya sempit, tapi panorama bawah lautnya sangatlah menawan.

Pantai cantik ini memang belum sepopuler pantai-pantai lainnya di Maluku. Namun karena kecantikan alam bawah lautnya, menjadikan Pantai Jikomalamo langsung hits di kalangan wisatawan. Lokasinya cukup sulit diketahui, karena berada di sebuah teluk tersembunyi. Teluk ini berhadapan langsung dengan Pulau Hiri. Nama Jikomalamo diambil dari nama sebuah perkampungan di Pulau Hiri tersebut.

img-1492078851.jpg

Pantai Jikomalamo dikategorikan sebagai Banyak wisatawan yang tergiur untuk mencoba sensasi berenang, snorkeling maupun diving di pantai ini. Airnya sangat jernih dan ombaknya yang tenang menjadi nilai lebih untuk menyelam di sini. Bakal bisa betah berlama -lama saat berenang serta bermain air di patnai ini.

Bahkan saking jernihnya, pemandangan alam bawah airnya tampak terlihat jelas jika dilihat dari atas air. Terumbu karangnya besar-besar dan ikan-ikannya sangat banyak dalam berbagai jenis. Jangan lupa membawa kamera bawah air untuk memotret keajaiban alam di perairan Pulau Jikomalamo. Tidak heran kalau para pecinta olahraga snorkeling pun banyak yang menyempatkan waktunya ke pantai tersembunyi di Maluku Utara ini.

img-1492078877.jpg

Ketika liburan tiba banyak pengunjung lokal yang merupakan masyarakat sekitar Ternate yang menghabiskan liburan mereka di pantai ini. Selain karena merupakan obyek wisata baru, juga karena dekat dengan Pantai Sulamadaha yang lebih dulu populer. Jarak Pantai Jikomalamo hanya sekitar 2 km dari Pantai Sulamadaha.

Karena merupakan obyek wisata yang baru dikenal, maka tak heran jika belum ada fasilitas yang memadai. Jika ingin snorkeling ataupun diving, sebaiknya membawa peralatan sendiri dari rumah karena belum ada tempat persewaan peralatan snorkeling. Jangan lupa pula untuk membawa baju ganti setelah basah berenang.

img-1492078916.jpg

Pengunjung juga dapat membawa makanan dan minuman sendiri, karena tidak terdapat warung yang berjualan. Sambil duduk santai di pantainya yang sempit, sambil sesekali makan makanan ringan. Tapi jangan membuang sampah sembarangan ya… Jika lupa tak membawa makanan, kamu masih bisa menikmati es kelapa susu di Pantai Sulamadaha lho..

Selain Pantai Jikomalamo, warga Ternate juga banyak yang berekreasi di Pantai Dorpedu, yang memiliki kolam renang di tepian pantai. Karena banyaknya obyek wisata yang dimiliki, peran serta pemerintah Maluku Utara sangat diharapkan untuk meningkatkan geliat industri pariwisata di daerah ini agar lebih terkenal dan berkembang. Dan tentu saja hal itu bertujuan untuk kemajuan daerah Maluku Utara secara khusus dan Indonesia secara umum.

Lokasi Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo terletak tidak terlalu jauh dengan Pantai Sulamadaha. Pantai Sulamadaha sendiri adalah sebuah pantai yang berpasir hitam yang berada di sebuah teluk di sisi lain dari Pulau Ternate.

Cara Menuju Pantai Jikomalamo

img-1492078950.jpg

Karena belum ada akses darat untuk menuju Pantai  Jikomalamo, maka jika  hendak bepergian ke pantai ini hanya bisa ditempuh dengan menggunakan speedboat. Biaya sewa speedboat kurang lebih Rp. 250 ribu untuk antar dan jemput.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar