Pantai Permisan di Nusakambangan
Kamis, 16 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Pantai Permisan di Nusakambangan

Pantai Permisan, Pantai Tersembunyi di Nusakambangan

Pantai Permisan adalah salah satu pantai yang berada di Pulau Nusakambangan. Atau lebih tepatnya berada disebelah selatan LP Permisan. Pantai ini masih tergolong pantai yang masih sangat alami. Karena masih belum banyak tercemari oleh manusia.

Dengan pemandangan yang begitu menakjubkan dan deburan ombak laut selatan yang ganas akan membawa kita betah untuk menikmati panorama keindahan pulau-pulau kecil dan batu-batu karang yang ada didepan pantai dengan keindahan tersendiri dari pada pantai lain di Kabupaten Cilacap.

Keindahan Pantai Permisan

img-1489666227.jpg
Didepan pantai ada batu karang yang mempunyai kenangan tersendiri bagi seorang pejebat Negara. Sekaligus waktu itu menjabat sebagai Perdana Menteri pertama Indonesia. Beliau adalah Sutan Syahrir. Sebelum menjadi Perdana Menteri, Syahrir pernah berkunjung ke Pantai Permisan. Saat berada di pantai ini, Syahrir mencoba menyebrangi gelombang laut yang saat itu sedang kecil.

Akhirnya beliau berhasil naik ke batu karang tersebut. Namun naasnya setelah berhasil naik dan disaat itu beliau ingin kembali ke pantai. Datanglah ombak yang sangat besar. Sehingga Syahrir bertahan sampai berjam-jam lamanya untuk menunggu air surut diatas batu karang. Dengan adanya peristiwa tersebut maka nama Syahrir diabadikan sebagai nama gugusan karang di Pantai Permisan yang oleh sebagian kalangan masyarakat menyebutnya Batu Syahrir .

Legenda Pantai Permisan

Selain cerita di atas. Saat air laut sedang surut, kita bisa mendaki sejumlah batu karang yang tersembul di tepian pantai. Kita bisa menyaksikan keindahan berbagai simbol social. Yang dijadikan sebagai bukti adanya legenda Raja Pakuan Pajajaran yang mempunyai putri cantik. Namun saat itu putrid cantik ini terkena wabah penyakit. Yang hanya bisa disembuhkan dengan diobati air mata kuda sembrani. Sehingga saat itu sang raja mengirim utusan untuk mendapatkan obat tersebut. Namun sayangnya usaha yang dilakukan sang Raja selalu gagal.

img-1489666251.jpg

Akhirnya sang putri itu sendiri berangkat dan karena kecapaian karena telah melakukan perjalanan jauh. Ia beristirahat dan mandi di Pantai Permisan. Sampai ombak besar datang dan menyeret sang putri ke tengah laut. Saat terseret itulah, sang putrid terjepit diantara batu karang dan meninggal. Sehingga salah satu karang yang ada di Pantai Permisan ada bentuk pantat perempuan yang kelihatan alat kelaminnya.

Sejarah Pantai Permisan

img-1489666270.jpg

Dieknal dengan nama permisan karena ada perompak yang mau mendarat ke Nusakambangan. Namun pantai ini tidak kelihatan oleh mata biasa. Namun setelah meminta izin dan permisi kepada pada Sang Baurekso Pulau Nusakambangan. Akhirnya pantai ini Nampak nyata dan dioberinama Pantai Permisan.

Pantai Permisan juga digunakan sebagai tempat untuk penggodokan para prajurit. Agar mampu menjaga dan dapat membela keutuhan bangsa dan negara dari gangguan apapun. Baik ganguan besar maupun kecil yang kiranya mengganggu kedaulatan. Tekad dan kekokohan prajurit tersebut disimbolkan dengan salah satu atribut yang mirip dengan pisau komando. Dengan ditancapkannya pisau ini kedalam batu karang. Sehingga dari pantai tampak pisau komando menancap dibatu karang yang gagah tersebut.

Akomodasi Pantai Permisan

img-1489666289.jpg
Untuk menuju Pantai Permisan, kita dapat menggunakan kapal penyebrangan atau perahu. Baik memulai perjalanan dari Pelabuhan Lomanis atau Pelabuhan Wijayakusuma dengan arah tujuan ke Sodong Nusakambangan. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau carteran untuk menuju ke permisan. Selama perjalanan, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang ada di Pulau Nusakambangan . Salah satunya adalah keindahan dari Goa Ratu. Dan juga bias melihat Lapas Kembang Kuning, Lapas Batu, Lapas Besi dan Lapas Permisan.
img-1489666314.jpg

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar