Pantai Sebalang Lampung
Minggu, 16 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Pantai Sebalang Lampung

Menikmati Cantiknya Senja di Pantai Sebalang Lampung

Momen ketika matahari tenggelam di ufuk barat sangatlah indah. Apalagi jika kita melihatnya di tepi pantai. Tentu semakin menambah cantiknya suasana. Nah, jika kamu sedang berada di Lampung, kamu dapat menemukan momen indah sunset ini di Pantai Sebalang.

Pantai Sebalang memang terkenal dengan keindahan suasana ketika sang surya mulai menyembunyikan senyumnya. Warna merah jingga langit sangat indah dinikmati di pantai ini. Yang menarik di sini adalah terdapat pohon di tengah laut yang dangkal yang merupakan latar depan alami sebagai obyek foto. Jadi kita tinggal menemukan posisi yang tepat dan ambil kamera untuk mengabadikannya.

img-1492344517.jpg

Pantai Sebalang berpasir putih dan airnya berwarna biru. Lokasinya sangat dinikmati oleh para pemancing, karena para penggila mancing ini dapat menyewa perahu untuk mengantar mereka ke tengah laut ataupun ke pulau-pulau kecil di sekitar pantai.  Beberapa fasilitas juga sudah dibangun untuk melengkapi keceriaan liburan keluarga.

img-1492344530.jpg

Lokasi Pantai Sebalang Tarahan Lampung Tengah

Pantai yang dulu terkenal dengan nama Pantai Saburai ini terletak di Desa Sinar Laut, Kecamatan Ketibung, Lampung Selatan. Berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Jika menggunakan sepeda motor, bisa ditempuh dalam 30 – 45 menit.

Rute yang dilalui melewati Jalur Lintas Tengah (Jalinteng), ketika sampai di awal tanjakan Tarahan ada jalan masuk di sebelah kanan jalan. Jalan itulah yang menjadi jalur menuju Pantai Sebalang. Untuk masuk ke lokasi ini tidak dipungut biaya alias gratis. Sebelum pintu masuk, harus melewati dulu jalan perkampungan warga.

img-1492344549.jpg

Kondisi Pantai Sebalang saat Ini

Namun kondisi Pantai Sebalang sekarang tak teurus dan kotor di semua tempat. Hal ini dikarenakan di kawasan pantai ini didirikan kawasan industri dan PLTU serta sebagai pelabuhan barang yang besar. Hal ini pun berdampak besar terhadap perkembangan potensi wisata yang ada di Pantai Sebalang.

Banyak bekas-bekas pondok dan tempat permainan anak yang dibiarkan rusak terbengkalai. Beberapa fasilitas yang dibangun untuk memanjakan wisatawan pun rusak tak terurus. Bahkan warga sekitar yang dulu sangat mengharap dan mendapatkan penghasilan dari pantai ini, sekarang hanya dapat berdoa semoga Pantai Sebalang dapat kembali hidup seperti dulu lagi.

Perkembangan industri di manapun tempatnya memang sangat berdampak pada kelestarian alam. Kebanyakan yang terjadi adalah kerusakan lingkungan. Oleh karenanya, semua dikembalikan ke manusia yang seharusnya mampu menjaga dan melestarikan lingkungannya.

img-1492344557.jpg

Kolaborasi antara pemerintah dan warga sekitar sangat diperlukan untuk membangun sebuah tempat wisata agar hidup kembali. Bimbingan dan bantuan pemerintah diharapkan mampu untuk menumbuhkan geliat pariwisata di kawasan yang sangat cantik ini. Sangat sayang, terlebih Pantai Sebalang ini memunyai potensi wisata yang sangat bagus. Kalau dikelola dengan baik, tak menutup kemungkinan akan banyak wisatawan yang datang.

Namun di balik wajah muramnya sekarang, Pantai Sebalang tetap memiliki pesona tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Pemandangan tatkala matahari tenggelam tetap membawa suasana romantis jika melihatnya dari Pantai Sebelang. Tak heran jika masih banyak pengunjung yang sekadar mampir untuk melihat pemandangan matahari terbenam selepas lelah bekerja. Indonesia itu indah kawan, dan perlu partisipasi lebih untuk menjaga keindahannya.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar