Pantai Tebing Lombok Utara, Destinasi Wisata Baru yang Memikat
Rabu, 31 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

Pantai Tebing Lombok Utara, Destinasi Wisata Baru yang Memikat


Hasil gambar untuk pantai tebing

Pantai Tebing Lombok Utara, Destinasi Wisata Baru yang Memikat

KABUPATEN Lombok Utara (KLU) merupakan Kabupaten paling muda di NTB, selain kaya hasil alam dan perkebunan Lombok Utara juga menyimpan banyak panorama alam dan pantai yang exotis. Pemandangan alam dan pantai ini menjadi nilai tambah luar biasa sebagai daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara yang imbasnya tentu saja akan menambah devisa daerah untuk kabupaten termuda ini. 
pemerintah Kabupaten Lombok Utara harus benar-benar serius dalam mengelola potensi wisata ini terutama dalam melestarikan dan menjaga  lingkungan pantai ini tetap bersih dan asri seperti saat saya datangi ini.

Pantai Luk terletak di Dusun Luk, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, KLU. Pantai ini mempunyai pemandangan yang sangat khas dan unik, berbeda dengan pantai-pantai lain pada umumnya.  Di depan pantai terdapat tebing dengan ketinggian sekitar 20 meter. Lapisan-lapisan tanah pada tebing menciptakan tekstur unik seolah lukisan abstrak yang dengan sengaja dibuat oleh pelukis ternama.

Inilah sudut pemandangan Pantai Tebing yang memikat. Tidak hanya itu pesisir Pantai Tebing juga sangat bersih bebas dari sampah plastik dan sampah lainnya yang dibawa manusia,. Air lautnya juga bersih  sehingga terumbu karang hidup bagus dan subur. Pantai Tebing, dalam enam bulan dari dulu menjadi primadona lokasi pemancingan oleh nelayan setempat dan pemancing dari desa-desa lain di KLU.

Hasil gambar untuk pantai tebing

Untuk menuju Pantai Tebing dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat Kota Tanjung, lokasi pantai sekitar 500 meter dari jalan utama. Memasuki kawasan pantai, pemandatangan ekostik akan menyambut setiap pengunjung. Tak heran jika setiap pengunjung begitu tiba di Pantai Tebing melontarkan decak kagumnya.


Aksi Vandalisme Mewarnai Tebing


Potensialnya Pantai Tebing sebagai destinasi wisata di KLU perlu ditata dengan baik oleh Pemkab Lombok Utara. Karena potensi destinasi ini sangat menjanjikan. Diantara banyak kelebihan yang dimiliki Pantai Tebing, aksi tangan-tangan jahil mulai merusaknya. Aksi vandalisme mulai terjadi. Hal ini harus dicegah agar tidak merusak keindahan tebing yang merupakan maskot pantai ini.



Gambar terkait


Kawasan pantai ini merupakan salah satu warisan alam kawasan Geopark Rinjani. Sebuah plang dipasang di dekat pantai yang menjelaskan asal dari pembentukan tebing di kawasan ini. Tebing tersebut disebutkan berasal dari endapan awan panas yang mengandung fragmen koral akibat letusan ratusan tahun lalu.

Meskipun tebing ini rawan longsor, tapi sayangnya sebagian besar dinding tebing dikotori aksi vandalisme yang dilakukan pengunjung. Para pengunjung banyak yang menuliskan namanya di dinding tebing ini. Padahal tebing ini cukup riskan dan berbahaya untuk dipanjat karena rawan longsor.

Menurut Mizhar warga setempat, konon di areal sekitar tebing banyak ditemukan tengkorak puluhan tahun lalu. Ia menduga dulunya di sekitar tebing tersebut dijadikan tempat pemakaman .

Hasil gambar untuk pantai tebing

Di atas tebing ini yang masih berupa tanah kosong rencananya akan dibangun sebuah vila. Menurut penuturan Mizhar, tanah tersebut sudah dimiliki oleh warga asing dan dalam waktu dekat akan dibangun sebuah vila. Dengan dibangunnya vila tersebut, diharapkan dapat memberikan dampak ekonomis bagi warga sekitarnya. Ia juga berharap fasilitas di pantai ini bisa dilengkapi sehingga wisatawan yang berkunjung bisa lebih nyaman.(SUara NTB)

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar