Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing
Minggu, 29 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

1. Makanan cepat saji yang sehat

Penjual makanan cepat saji itu banyak, sangat banyak malah. Menu dan rasanya pun enak-enak dan beragam. Sayangnya, setelah kandungan dalam makanan cepat saji diteliti, ternyata sangat jauh dari kata menyehatkan. Nah, melihat pasar makanan cepat saji yang mayoritas tidak memperhatikan standar kesehatan, kamu bisa menciptakan makanan cepat saji baru yang menyehatkan.

healthy fast food

Kamu bisa meniru sistem mereka yang menawarkan paket-paket menu. Namun makanan yang disajikan harus beda, harus enak dan sehat sesuai standar gizi. Tak hanya makanannya, namun juga minuman dalam paket pembeliannya. Ide ini bisa menjadi bisnis menjanjikan jika kamu menggelutinya dengan serius. Tertarik?

2. Menjual barang antik

Apakah kamu suka mengoleksi barang antik? Kalau iya, usaha yang bagus dan cocok buat kamu adalah menjual barang antik. Barang antik memiliki pasarnya sendiri. Tak perlu minder atau cemas, menjual barang antik ini juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan lho! Meski kolektor barang antik masih terbilang belum banyak, namun mereka adalah orang-orang yang memiliki perhatian sangat besar terhadap barang antik.

bisnis barang antik

Mereka tidak ragu membeli barang antik yang menarik minat mereka. Nilai plus bisnis ini, kamu penyuka barang antik tentu akan merasa seru menjalaninya, terlebih karena setiap barang antik punya nilai sejarahnya sendiri. Bagaimana menurutmu? Tak ada salahnya bukan mencoba hobimu menjadi bisnis usaha menjanjikan dengan pesaing yang masih minim!

3. Jual produk kreatif hasil daur ulang

bisnis barang daur ulang

Membuat dan menciptakan produk hasil daur ulang telah ada sejak dulu. Namun hingga sekarang masih sedikit orang yang menggeluti wirausaha modal kecil ini. Yang harus kamu miliki untuk memulai bisnis ini adalah kreatifitas dan kerajinan tangan. Kelebihan dari usaha ini, kamu tidak membutuhkan modal yang besar karena bahan baku yang kamu gunakan adalah barang-barang bekas. Wah, buat kamu yang aktivis lingkungan tentu semangat dong mendengar ide bisnis yang satu ini? Bagaimana tidak? Selain menjadikan sebagai bisnis, kamu juga membuat sampah menjadi lebih bermanfaat!

4. Flip cover handmade

bisnis flip cover

Maraknya smartphone di Indonesia bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk para wirausahawan. Setiap pemilik gadget tentu ingin agar gadgetnya tampil gaya dan aman dari risiko kerusakan. Flip Cover tentu sudah banyak di pasaran. Tapi, produsen flip cover hand-made mungkin masih bisa dihitung jari. Kamu yang memiliki kreatifitas dan senang membuat hasil kerajinan tangan bisa mencoba peluang usaha baru yang satu ini. Bisa juga kamu tawarkan pada teman kuliah, tetangga sampai menjadi bisnis yang menjanjikan!

5. Jasa penulis online

Seringkah terbersit dalam pikiranmu untuk membuka peluang usaha dengan pesaing yang minim agar lebih menjanjikan? Tapi, kamu masih bingung untuk menjual barang jenis apa. Jasa bisa menjadi alternatifnya lho! Membuka usaha jasa penulis online salah satu jawabannya. Jenis pekerjaan ini masih jarang dilakukan. Padahal, peluangnya cukup besar mengingat banyaknya pemilik website yang membutuhkan tenaga penulis untuk mengisi konten mereka.

jasa penulis online

Kamu bisa menjalankan usaha ini seorang diri secara freelance. Jika ingin lebih berkembang, kamu bisa membuat usaha penyedia jasa penulis online, dimana kamu mencari klien dan merekrut beberapa penulis freelance. Atau, kamu juga bisa menulis puluhan hingga ratusan artikel aneka tema, lalu menjualnya. Menarik, bukan?

6. Jas hujan cantik

bisnis jas hujan

Payung cantik sudah banyak, sayangnya jas hujan cantik masih sangat jarang. Kebanyakan jas hujan yang dijajakan bermodel biasa saja, hanya warnanya saja yang lebih variatif. Padahal, pada saat musim hujan banyak wanita yang tetap ingin tampil modis di luaran namun tetap aman dari air hujan. Membuat jas hujan cantik dengan model yang fashionable seperti baju wanita pada umumnya menjadi peluang usaha baru yang berpotensi besar mencapai jumlah penjualan yang tinggi, utamanya sebelum dan pada saat musim hujan tiba.

7. Jasa perawat lansia

Ide bisnis yang satu ini tak sekedar menghasilkan uang tetapi juga jiwa sosial. Apa sih? Jasa perawat lansia. Tidak jarang orang-orang yang aktif bekerja dihadapkan pada situasi sulit, dimana tuntutan pekerjaan sangat besar, jam kerja yang panjang, sementara orangtua di rumah juga butuh perawatan. Jika tidak ada keluarga yang bisa diandalkan untuk merawat orangtua dan pekerjaan pun tak dapat ditinggalkan, pilihannya hanya satu, menggunakan jasa perawat lansia.

jasa perawat lansia

Sayangnya, penyedia jasa ini masih sangat jarang, tidak sebanyak penyedia jasa baby sitter. Bagi kamu yang memiliki kepedulian tinggi pada orang tua, kamu bisa membidangi usaha ini. Sembari bekerja, kamu  juga tentunya akan sangat membantu orang lain, dalam hal ini orangtua yang sudah lanjut usia. Wah, tak hanya menjadikannya ide bisnis yang menjanjikan dengan minim pesaing tetapi juga kamu berkontribusi dalam kehidupan sosial. Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat?

8. Seminar production

jasa seminar production

Bidang usaha yang satu ini juga cukup unik dan belum banyak pelakunya. Sebagaimana namanya, pekerjaan utama seminar production adalah menyiapkan dan menyelenggarakan seminar-seminar. Seminar yang akan dihelat bisa dipesan oleh instansi tertentu, bisa juga atas inisiatif seminar production. Tim dalam seminar production harus merencanakan tema dan isi seminar, mencari narasumber, membuat dan mempromosikan tiket seminar, menyiapkan, menata gedung atau ruang seminar, hingga mengatur jalannya seminar. Keuntungan seminar production didapatkan dari penjualan tiket, dikurang biaya pengeluaran.

9. Kursus online

jasa kursus online

Dengan majunya teknologi sekarang ini, bahkan belajar pun bisa dilakukan secara online, tidak harus mendatangi kelas, cukup membuka smartphone atau laptop lalu berinteraksi dengan guru atau tutor melalui layar gadget. Saat ini, wirausaha modal kecil yang hanya mengandalkan jaringan internet dan keterampilan mengajar ini masih jarang digeluti. Kamu mau mencobanya? Persiapkan bahan yang menarik berupa artikel-artikel pendek yang mudah dipahami, plus video pelajaran terkait.

Promosikan bisnis via website dan media sosial dan tetapkan biaya kursus yang terjangkau. Berinteraksilah pada siswa dengan ramah, dan rajin-rajinlah menjawab pertanyaan mereka.

10. Toko dan salon hewan

Ini dia usaha yang bagus namun masih sangat jarang pesaingnya, toko dan salon hewan peliharaan. Seringkali, mereka para pecinta hewan kesulitan menemukan toko yang menjual perlengkapan untuk hewan peliharaan mereka. Belum lagi salon atau tempat perawatan hewan, mungkin dalam satu kota jumlahnya bisa dihitung jari.

salon hewan

Nah, kamu bisa mengisi kesempatan tersebut untuk membuka toko yang menyediakan aneka keperluan hewan peliharaan. Seperti misalnya dispenser untuk minum si anjing atau si kucing, tas travel untuk menenteng hewan peliharaan dengan aman, pakaian anjing, pakaian monyet, makanan kaya nutrisi untuk hewan peliharaan, shampo, kandang kucing, dot bayi kucing dan anjing, dan lain sebagainya.

11. Biro jodoh

Usaha yang satu ini juga terbilang sangat jarang ada. Padahal, cukup banyak dibutuhkan oleh orang-orang, terutama bagi mereka yang terlalu sibuk mengejar karir hingga lupa dengan kehidupan pribadinya. Ada lagi yang sudah berupaya mencari jodoh tapi tidak juga ketemu yang cocok. Buat kamu yang peduli dengan nasib para jomblowan dan jomblowati, peluang usaha baru ini cocok lho ditekuni. Namun, mesti menyiapkan sistem yang jelas dan bertanggung jawab.

bisnis biro jodoh

Ingat ya, kamu harus benar-benar teliti dengan kualitas dan keseriusan klien. Jangan sampai ada di antara mereka yang memakai jasa biro jodoh sebagai modus. Jika perlu kamu dan tim yang mengatur setiap pertemuan pasangan yang akan dijodohkan, hingga mereka beranjak ke jenjang pernikahan.

Dengan demikian, 11 peluang usaha yang belum banyak pesaing di atas bisa kamu jadikan inspirasi. Atau kamu sudah ada rencana dan ide sendiri? Nah, jangan lupa ya tetap kibarkan semangat wirausaha pada masyarakat. Banyak sekali manfaatnya bukan? Tetap bekerja keras dan mengembangkan ide yang kreatif ya. Selamat berwirausaha!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar