Perbedaan Knalpot Tim MotoGp Yamaha dan Honda
Minggu, 07 Januari 2018
ok nusantara
Bagikan

Perbedaan Knalpot Tim MotoGp Yamaha dan Honda

Alasan Perbedaan Knalpot Tim MotoGp Yamaha dan Honda


Ajang balap motor paling bergengsi yaitu Moto GP dikenal dengan motor motor prototype-nya yang punya segudang teknologi serta fitur. Tapi, meski merupakan motor prototype, ternyata ada teknologi yang fungsinya sebenarnya sangat sederhana.

Sebagai contohnya pada motor tim Repsol Honda dan tim Movistar Yamaha yang memiliki perbedaan, salah satunya ada pada bagian knalpot.

Pada motor honda RC213V terlihat memiliki dua knalpot, satu di samping dan satu di atas roda atau tepat di belakang jok. Sedangkan motor Yamaha YZR-M1 lebih sederhana, hanya satu di samping dan terlihat pendek.

Sebenarnya apa alasan yang membuat perbedaan ini? Ternyata alasannya sangat sederhana yaitu pada perbedaan mesin yang digunakan antara RC213V dan YZR-M1.

Konfigurasi airbox dan exhaust dari dua mesin MotoGP yang berbeda


Mesin YZR-M1 menggunakan konfigurasi Inline 4 atau mesin dengan 4 silinder segaris. yaitu keempat silindernya terpasang mendatar satu arah di dalam bak mesin. Penggunaan mesin ini mempermudah penempatan airbox dan exhaust.

Sedangkan RC213V menggunakan konfigurasi mesin V4 yakni mesin dengan konfigurasi 4 silinder yang ditata  membentuk huruf V. Konfigurasi ini sedikit lebih rumit sehingga membuat penempatan pipa pembuangan terbagi dua, depan dan belakang, sehingga membuat RC213V memiliki dua knalpot.

Dilansir dari GridOto.com, konfigurasi pipa pembuangan pembakaran dari kedua motor ini memang berbeda. Mesin 4 silinder memiliki 4 pipa saluran pembuangan pembakaran.

Pada YZR-M1 ada 4 pipa pembuangan yang terletak di depan, kemudian disatukan menjadi 2 dan kemudian menjadi 1 dan ditempatkan di samping.

Sedangkan pada RC213V, pipa pembuangan pembakaran yang terletak di depan disatukan menjadi satu dan berada di samping. Sedangkan dua pipa lain yang berasal dari bawah jok motor disatukan berada di atas ban motor.

Selain itu, perbedaan antara RC213V dan YZR-M1 adalah produsen knalpot mereka. knalpot milik RC213V sendiri didukung oleh SC Project buatan Itali berbahan titanium. Sementara YZR-M1 diperkuat oleh Akrapovic produk exhaust dari Slovenia.

Knalpot YZR-M1 disponsori oleh Akrapovic


Persamaannya, baik RC213V maupun YZR-M1 sama-sama memakai grill atau cover berbentuk seperti jaring di ujung knalpot mereka.

Di tahun 2017 RC213V bekerja sama dengan SC Project untuk bagian exhaust


Tujuannya adalah untuk menghalau agar tidak ada gravel atau kerikil yang masuk ke dalam mesin ketika pembalap terjatuh atau kecelakaan.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar