Pesawat Buatan Indonesia Yang Mendunia
Minggu, 10 Desember 2017
ok nusantara
Bagikan

Pesawat Buatan Indonesia Yang Mendunia

4 Pesawat Buatan Indonesia Yang Mendunia

1. CN235-220 MPA

masukkan deskripsi gambar disini

Kepanjangan dari MPA disini adalah Maritime Patrol Aircraft, yaitu pesawat pengintai maritim. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan yang tentunya membutuhkan 'mata-mata' di udara guna mengawasi seluruh kawasan yang masuk dalam kedaulatan Indonesia. Pesawat yang dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia ini memiliki radar pendeteksi mumpuni yang terletak pada moncong pesawat. Tak heran jika banyak yang memberi julukan pesawat ini sebagai 'si hidung pinokio'. Untuk masalah harga, pesawat ini dibanderol sekitar 317 miliar rupiah.

2. NC212

masukkan deskripsi gambar disini

Pesawat ini sebenarnya dibuat pertama kali di Spanyol. Namun, pada tahun 1976 PT Dirgantara Indonesia berhasil mendapatkan lisensi untuk merakit pesawat ini di Indonesia. Sama seperti CN235-220 MPA, pesawat ini juga termasuk dalam pesawat pengintai maritim. Selain itu, NC212 juga dilengkapi dengan radar supercanggih berteknologi FLIR atau Forward Looking Infra Red yang berguna untuk melihat pesawat atau kapal asing dalam kondisi gelap. Di sisi daya tahan, pesawat ini mampu terbang hingga 6 jam tanpa henti dengan kemampuan bermanuver rendah. NC212 sendiri memiliki beragam tipe yang dibanderol dikisaran harga 50 miliar hingga 100 miliar rupiah.

3. BELL 412EP

masukkan deskripsi gambar disini

BELL 412EP merupakan pesawat terbang berjenis helikopter kelas medium. Helikopter yang bisa memuat hingga 15 orang penumpang ini juga dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia. Kebutuhan disektor militer, membuat PT. DI berusaha untuk mendapatkan lisensi pesawat ini dari Amerika Serikat dan membuatnya di dalam negeri. Selain untuk keperluan militer, pesawat ini juga sering digunakan untuk evakuasi. Usut punya usut, BELL 412EP mempunyai tingkat keamanan tinggi serta performa yang mumpuni. Hal ini terbukti lewat suara baling-balingnya yang tidak bising serta kemampuannya untuk terbang cepat. Sehingga sangat cocok digunakan untuk operasi senyap di siang maupun malam hari. Untuk harga, helikopter ini berada dikisaran 155 miliar rupiah.

4. N219 Nurtanio

masukkan deskripsi gambar disini

Pesawat yang baru saja diresmikan oleh Bapak Jokowi ini diklaim bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri. Bekerja sama dengan LAPAN, PT Dirgantara Indonesia membuat pesawat ini agar bisa mendarat atau lepas landas di landasan sepanjang 500 meter. Sehingga sangat cocok digunakan untuk menjangkau daerah-daerah sulit seperti Papua. Selain itu, pesawat ini juga bisa bermanuver dengan lincah dikala beroperasi di kawasan pegunungan atau bukit. Harganya yang hanya 90 miliar rupiah saja membuat pesawat ini menarik minat maskapai dalam negeri hingga negara-negara tetangga seperti Thailand.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar