Pesona Keindahan Alam Desa Tanalum Purbalingga
Jum'at, 21 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Pesona Keindahan Alam Desa Tanalum Purbalingga

Pesona Keindahan Alam Desa Tanalum Purbalingga

PicsArt_1424174543452

PicsArt_1424174470557

Apa yang ada dibenak anda saat melihat foto tersebut diatas? Indah bukan? Sebuah keindahan yang tampak dari kejauhan, air terjun yang mengalir seolah mengundang kita untuk singgah menikmatinya di antara bukit yang menjulang tinggi.

Keindahan itu semua ada di Desa Tanalum tepatnya di Dusun Pucung Rumbak, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga-Jawa Tengah. Pesona desa ini membuat saya mengunjunginya dua kali. Tanalum dikenal sebagai desa dengan 1000 curug, dimana keberadaan curug-curug tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai wisata petualangan alam, salah satunya Canyoning.

Gerbang masuk Kecamatan RembangGerbang masuk Kecamatan RembangGerbang masuk Dusun Pucung RumbakGerbang masuk Dusun Pucung Rumbak

PicsArt_1424176540904

Curug Nagasari adalah lokasi pertama dalam kunjungan pertama saya ke Desa Tanalum bersama suami. Trek menuju curug ini sangat menantang juga terjal dan lumayan menguras tenaga, tapi semua rasa lelah tersebut terbayar setelah sampai di lokasi curug tersebut. Curug Nagasari memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dengan dikelilingi bebatuan alam serta tumbuh-tumbuhan sekitar curug yang masih sangat alami. Suasana sekitar curug tersebut sangat tenang, yang terdengar hanya hempasan air yang mengalir dari ketinggian laksana tirai yang tertiup angin. Indahnya membuat saya tidak mau beranjak dari tempat tersebut hehehe.

The beauty of Curug NagasariThe beauty of Curug NagasariMerasakan percikan airMerasakan percikan air

Selang 2 minggu kemudian, saya bersama suami kali ini mengajak kakak saya kembali mengunjungi Dusun Pucung Rumbak di desa Tanalum ini untuk menikmati keindahan Curug Aul. Rute yang dilewati masih sama, hanya saja trek menuju ke Curug Aul tidak begitu extrim seperti trek ke Curug Nagasari. Bahkan motor pun bisa dibawa hingga ke puncak bukit Aul, tergantung penguasaan medan. Kami lebih memilih untuk berjalan kaki mengingat kami belum paham betul trek Curug Aul. Setelah motor kami parkir di lapangan dusun Pucung Rumbak, kami berjalan melewati makadam (jalanan berbatu) melintasi perkebunan kopi warga juga hutan pinus milik Perhutani. Trek lumayan menanjak juga namun disini terdapat dua pos yang sepertinya adalah pos-pos pengamatan hutan yang dapat digunakan sebagai tempat berteduh juga beristirahat.

View dari puncak pos 2 di bukit AulView dari puncak pos 2 di bukit Aul

PicsArt_1424175020639

Sesampainya di puncak bukit terlihat pemandangan alam yang menakjubkan yaitu pemandangan Rembang dan sekitarnya, juga tampak terlihat Gunung Slamet yang menjulang tinggi dari kejauhan.

Because it's thereBecause it’s there

Ketinggian bukit ini sekitar 700 mdpl. Tempatnya lumayan luas, bisa diadakan kegiatan camping disini dan harus selalu jaga kebersihan lokasi tersebut. Tak berapa lama kemudian datanglah rekan-rekan dari Belantara Adventure beserta Pak Imam, salah satu pengurus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Tanalum. Setelah masing-masing dari kami berkenalan, kami pun mulai menyusuri hutan menuju Curug Aul. Curug Aul merupakan curug bertingkat yang masing-masing tingkatannya memiliki ketinggian yang berbeda. Tingkatan curug pertama memiliki ketinggian sekitar 50 meter sedangkan tingkatan kedua memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Curug AulCurug Aul

Curug Aul dan juga Curug Nagasari biasa digunakan untuk kegiatan Canyoning. Kebetulan saat itu tim Belantara Adventure melakukan Canyoning dengan didampingi oleh Pak Imam. Saya sempat ditawari oleh Pak Imam untuk mencoba kegiatan tersebut (Canyoning) namun saya belum berani untuk mencobanya, nyali belum ada hehehe. Sementara cukup menyaksikan tim Belantara Adventure saat persiapan dan memulai aktivitas canyoning. Mungkin di lain kesempatan jika saya sudah siap, saya akan mencoba kegiatan tersebut:)

Curug Aul tingkatan pertamaCurug Aul tingkatan pertamawith Mr. Imamwith Mr. Imam

Semua keindahan alam yang ada di Desa Tanalum sungguh indah dan alami, sangat cocok untuk kegiatan canyoning yang memang sedang dikembangkan menjadi potensi wisata utama di Tanalum baik untuk skala nasional bahkan juga mampu berkelas internasional.

with team Belantara Adventurewith team Belantara Adventure
Hari semakin beranjak siang, kami berpisah dengan rombongan Pak Imam karena kami akan melanjutkan perjalanan menuju Curug Panyatan.
Curug PanyatanCurug Panyatan
PicsArt_1424244154289
Curug Panyatan berada di Grumbul Bawahan, Desa Gunungwuled tak jauh dari dusun Pucung Rumbak Tanalum. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter,air terjun yang satu ini juga tak kalah indahnya. Alam desa Tanalum sungguh indah, suatu hari kami akan kembali berkunjung.

So, see these pictures and just visit this heaven in Tanalum, if you have time…enjoy your life;)

Allah Almighty seems decorated this place beautifullyAllah Almighty seems decorated this place beautifully

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar