Pesona Pulau Siba
Jum'at, 26 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

Pesona Pulau Siba

Pulau Siba, Pesona Wisata Baru di Sumatera Utara

Pulau Siba atau juga kerap disebut dengan nama Siba Island menjadi pesona wisata terbaru bagi masyarakat di sekitar Medan. Pulau yang satu ini dulunya dikenal sebagai sebuah pulau kecil lokasi hutan bakau. Namun kini penampilan pulau ini telah berubah 180 derajat dan menjadi destinasi wisata menarik di Sumatera Utara.

Siba Island ini berlokasi di Desa Sai Baharu, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Pulau ini pun lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau. Pulau Siba yang terletak di muara Sungai Baharu ini pun lokasinya juga berada tidak jauh dari Pelabuhan Belawan yang dikenal sebagai pelabuhan terpenting di Sumatera.

Pulau Siba di Medan

Siapa pemilik Pulau Siba?

Pesona Pulau Siba ini pertama kali ditemukan oleh seorang dosen Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara yang bernama Syarifudin Siba. Pada awalnya, pulau ini merupakan pulau tidak bernama dan menjadi lokasi yang tidak terjamah manusia, sebagian besar berupa rawa-rawa dan hutan mangrove.

Namun sedikit demi sedikit, Siba pun berusaha untuk mengubah penampilan pulau kecil ini. Dia pun mengubah penampilan pulau dari yang dulunya berupa rawa, menjadi sebuah resort dengan fasilitas yang lengkap. Dan pada tahun 2007, pulau ini pun sudah memiliki sarana akomodasi sebanyak 45 ruangan dan sebuah restoran.

Siba Island Resort di Pulau Siba

Siba Island Resort di Pulau Siba

Siba Island Resort di Pulau Siba

Perjuangan Siba pun mulai membuahkan hasil. Bahkan saat ini, Pulau Siba pun telah dilengkapi dengan resort yang mempunyai fasilitas lengkap. Berlabel Siba Island Resort, para pengunjung pun bisa menggunakan berbagai jenis fasilitas di dalamnya. Mulai dari keberadaan restoran, ruang pertemuan, kolam renang, water boom, pantai, camping ground, area pemancingan serta tak lupa adalah keberadaan masjid sebagai tempat ibadah.

pulau siba

  • Speedboat yang mengantar kedatangan traveler ke Pulau Siba

Untuk memberikan kemudahan bagi para pengunjung yang ingin plesir ke Pulau Siba, sudah ada pula sebuah dermaga khusus. Dermaga ini terletak di Jl. Serma Hanafiah Belawan, tepatnya berada di sebelah Restoran Marina. Untuk menyeberang ke Siba Island, para pengunjung harus naik speedboat selama 30 menit dengan tarif pulang pergi sebesar 70 ribu rupiah per orang.

Restoran di Pulau Siba

Restoran di Pulau Siba

Pulau kecil berukuran tak kurang dari 14 hektar ini pun menyimpan potensi wisata bahari yang sangat besar. Terlebih berkunjung ke tempat ini pun bakal memberikan kesan yang berbeda jika dibandingkan dengan mendatangi sebuah pulau di tengah laut. Tentunya, para traveler pun tidak perlu takut dengan keberadaan ombak besar ataupun ikan hiu di tempat ini.

Berbagai jenis aktivitas di Pulau Siba

Para pengunjung yang datang ke Siba Island pun bisa melakukan berbagai jenis aktivitas. Kalau yang ingin aktivitas menantang, bisa mencoba jet ski. Untuk aktivitas yang lebih santai, bisa pula mencoba banana boat ataupun berkeliling Sungai Baharu menggunakan sepeda air. Mereka yang ingin menginap pun bisa menggunakan fasilitas cottage yang ada.

Di dalam pulau, para traveler pun bisa pula menggunakan fasilitas outbond yang memang disediakan oleh pengelola pulau wisata. Bahkan terdapat pula kolam renang berukuran cukup besar. Dan, meski telah berubah menjadi tempat wisata, para nelayan pun masih banyak yang mencari ikan ataupun udang di sini. Jadi, para traveler pun bisa sekalian berbelanja hasil tangkapan mereka.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar