Pulau Mursala Sibolga
Kamis, 25 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

Pulau Mursala Sibolga

Pulau Mursala Sibolga, Lokasi Syuting Film King Kong yang Eksotis

Pulau Mursala Sibolga kini menjelma menjadi destinasi wisata yang populer di Sumatera utara. Eksotisme alam di Pulau Mursala terungkap setelah kemunculan lokasi ini dalam film Hollywood King Kong. Tak ayal, sejak itu tempat ini pun jadi lokasi wisata yang ramai pengunjung. Tak hanya dari wisatawan dari dalam provinsi, namun juga tak sedikit yang berasal dari berbagai penjuru tanah air.

Pulau Mursala Sibolga dikenal sebagai pulau terbesar yang menjadi wilayah administratif Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah. Lokasi Pulau Mursala ini pun berdekatan dengan Pulau Putri yang juga mempunyai pemandangan tak kalah indahnya. Namun di tempat ini, para traveler pun akan mendapatkan suguhan pemandangan unik yang tak ada duanya di tempat lain.

pulau mursala sibolga 2

Sisi lain keindahan alam di Pulau Mursala

Air Terjun Pulau Mursala Sibolga

Keunikan yang tak bisa dijumpai di tempat lain adalah keberadaan Air Terjun Pulau Mursala Sibolga atau yang lebih singkapnya disebut dengan nama Air Terjun Mursala. Air di tempat ini akan secara langsung bermuara ke lautan. Alhasil, pemandangan di Air Terjun Mursala ini pun menawarkan eksotisme tersendiri dan tidak ada duanya di tempat lain.

pulau mursala sibolga 1

Air Terjun Pulau Mursala yang menjadi daya tarik utama Pulau Mursala

Di tempat ini, para traveler pun biasanya menghabiskan waktunya berenang di sekitar air terjun. Lokasi tersebut memang menjadi spot foto favorit para traveler. Dan tak hanya itu, perairan di sekitar Pulau Mursala juga mempunyai keragaman hayati yang tinggi. Jadi, yang doyan diving ataupun snorkeling pun bakal terpuaskan ketika main ke tempat ini.

Lumba-lumba di Pulau Mursala Sibolga

Para traveler pun selayaknya memilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini. Sebagai destinasi wisata populer, tidak heran kalau Pulau Mursala pun bakal diramaikan pengunjung pada saat hari libur. Jadi sebaiknya pilih waktu yang tepat untuk plesir ke tempat ini.

Selain itu, sebaiknya berkunjung ke tempat ini pada pagi hari. Alasan utamanya adalah karena perjalanan laut menuju ke tempat ini cukup menyita waktu. Kurang lebih membutuhkan waktu perjalanan selama 2 jam. Namun kalau beruntung, para traveler yang tengah naik perahu bakal bisa menyaksikan keberadaan lumba-lumba yang berenang di area perairan ini.

Biaya ke Pulau Mursala Sibolga

pulau mursala sibolga 3

Para wisatawan berenang di sekitar Air Terjun Pulau Mursala

Cara termudah dan paling cepat untuk menuju ke tempat ini adalah dengan naik pesawat menuju ke Bandara FL Tobing Pinangsori di Tapanuli Tengah. Terdapat maskapai Garuda Indonesia dan Wings Air yang melayani rute penerbangan Bandara Kuala Namu Medan menuju ke Bandara FL Tobing Pinangsori. Waktu tempuhnya pun sangat singkat, yaki 45 menit.

Namun kalau enggan menggunakan jalur udara, bisa pula menempuh perjalanan darat dari Medan menuju ke Sibolga. Bakal butuh perjuangan lebih, karena rute darat mempunyai waktu tempuh yang sangat panjang. Kurang lebih jalur darat antara Medan dan Sibolga yang merupakan ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah berkisar di angka 9 jam perjalanan.

Selanjutnya, perjalanan pun tinggal dilanjutkan menuju ke Pulau Mursala Sibolga. Ada beberapa opsi yang bisa digunakan. Saat ini terdapat layanan penyewaan speedboat yang mengantar para traveler menuju ke Mursala. Atau bisa juga menyewa perahu biasa yang mempunyai kecepatan lebih rendah. Rata-rata penyewaan kapal di sini yang paling murah berkisar di angka 1,3 juta hingga 1,5 juta rupiah.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar