pura goa lawah
Jum'at, 31 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

pura goa lawah

Gambar terkait

Hai semua kali ini saya mau berbagi artikel tentang Pura Goa Lawah Klungkung Bali yang mana menjadi salah satu pura yang ada di pulau Bali. Bali memang terkenal dengan pura-pura yang jumlahnya sangat banyak sehingga tidak berlebihan jika Bali disebut sebagai Pulau Seribu Pura.

Pura-pura yang ada di Bali ini selain sebagai tempat beribadah, juga dijadikan tempat untuk mencari ketenangan hati dan jiwa. Keindahan sekitar pura juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto. Misalnya Pura Ulun Danu Bratan dengan keindahan danaunya, Pura Besakih Bali dengan keindahan formasi pura-puranya dan masih banyak lagi lainnya.

Nah apa yang istimewa dari Pura Goa Lawah Klungkung Bali ini? Penasaran kan? Oke langsung saja simak ulasan saya dibawah ini..

Baca Juga : Wisata Bali Bagian Timur lainnya


Pura Goa Lawah Klungkung Bali


Pura Goa Lawah Klungkung Bali

Pura Goa Lawah ini terletak di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Jaraknya sekitar 10 km ke timur dari kota Klungkung dan sekitar 50 km dari kota Denpasar. Pura ini memiliki daya tarik yaitu goa yang mana didalamnya dihuni oleh ribuan kelelawar yang bergelantungan diatas dinding-dinding goa.
Dimulut Goa terdapat bangunan penyembahan yang ditujukan kepada dewa penguasa lautan sebagai manifestasi dari Tuhan. Suasanan yang berbeda dengan pura-pura lainnya akan Anda dapatkan disini. Anda dapat mendengar suara kelelawar yang saling bersaut-sautan didalam gua yang menimbulkan suara yang khas. Namun, karena dihuni oleh banyak sekali kelelawar, membuat bau agak pesing di areal ini. Namun keindahan dari goa ini tidak akan membuat Anda kecewa.


Keindahan Pura Goa Lawah Bali

Perlu diingat, bangunan Pura adalah tempat yang suci bagi umat Hindu, jadi sangat diharuskan bagi Anda yang berkunjung kesana untuk menjaga sikap Anda. Jangan berkata-kata kasar mengenai bangunan Pura atau sebagainya dan juga jangan membuat keributan disana.
Sedikit sejarah Pura Goa Lawah Klungkung Bali ini konon katanya didalam gua tersebut selain dihuni oleh ribuan kelelawar, juga dihuni oleh sepasang ular, jantan dan betina. Pura ini menurut penelitian sudah ada sejak abad 11 atas gagasan Mpu Kuturan yang mana dijadikan sebagai tempat untuk menyembah dewa Laut yang diyakini sebagai Tuhan.
Posisi pura Goa Lawah Klungkung ini berada di seberang pantai dan memasuki wilayah perbukitan. Disekitaran sana juga terdapat warung-warung yang berjejer-jejer menjajakan berbagai macam makanan. Jadi bagi Anda yang lelah jalan-jalan di Pura ini bisa mampir ke warung-warung tersebut.

Lokasi Pura Goa Lawah Bali


Kelelawar di Pura Goa Lawah

Alamat Pura Goa Lawah ini terletak di Jalan Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Klunkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Untuk sampai kesana perkiraan waktu sekitar 1 jam dari kota Denpasar jika tidak macet.



Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar