Pura Mangkunegaran
Selasa, 18 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran, Wisata Sejarah Kota Solo

Pura Mangkunegaran atau dalam istilah Jawa disebut dengan Puro Mangkunegaran, merupakan salah satu istana yang terletak di kota Solo. Meskipun memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan keraton Surakarta, namun Pura Mangkunegaran ini memiliki keindahan alami yang masih terjaga hingga sekarang. Seperti yang telah disebutkan dari berbagai sumber terpercaya, Pura di kota Solo ini dibangun tahun 1757. Pura ini di bangun setelah masa Perjanjian Salatiga.

img-1492500535.jpg

Sama seperti dengan bangunan Keraton Surakarta, Pura ini juga mengalami beberapa perubahan dari awal dibangun hingga sekarang. Misalnya saja dalam hal arsitektur bangunannya, pada beberapa bagian bangunan Pura kita dapat menjumpai bahwa terdapat sedikit percampuran dengan gaya Eropa yang cukup memberikan warna hingga menjadikan Pura ini semakin bagus. Bentuk Pura ini diperkirakan merupakan hasil karya dari KGPAA Mangkunegara II yang telah memerintah negara pada masa jabatan tahun 1804-1866.

Sejarah Berdirinya Pura Mangkunegaran

img-1492500548.jpg

Tempat wisata Pura Mangkunegaran ini didirikan oleh Raden Mas Said atau lebih dikenal dengan nama Pangeran Sambar Nyawa pada tahun 1757. Pura ini dibangun setelah terjadinya perundingan Salatiga pada tanggal 13 Maret. Setelah  diangkatnya Raden Mas Said sebagai Pangeran Mangkoe Nagoro 1, beliau membangun Pura Mangkunegaran ini menjadi salah satu bangunan hasil peninggalan Pangeran yang masih terawat hingga sekarang.

Istana yang dibangun ini terdiri dari dua elemen utama yaitu ndalem dan pendopo yang diapit oleh kediaman keluarga raja. Salah satu hal yang cukup menarik dari istana tersebut adalah keseluruhan istana yang dibangun dengan bahan dasar pohon jati utub atau bulat. Tidak bisa dibayangkan betapa kokohnya istana tersebut karena seperti yang kita tahu, pohon jati merupakan kayu yang sangat awet sehingga mampu bertahan hingga bertahun-tahun.

Dalem istana juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk memajang berbagai koleksi peninggalan berharga. Pengninggalan sejarah tersebut memiliki nilai sejarah dan seni yang cukup tinggi. Selain itu juga terdapat beberapa koleksi topeng bertema tradisional dari beberapa daerah di seluruh Indonesia seperti dari Jogjakarta, Bali, Solo, Cirebon dan Madura. Bahkan ada juga beberapa koleksi topeng yang berasal dari negeri China.

Di istana tersebut juga bisa dijumpai koleksi kitab-kitab kuno yang berasal dari jaman Mataram dan Majapahit. Koleksi beberapa potret Mangkunegoro serta koleksi berbagai perhiasan emas berharga.

Pura Mangkunegaran Sebagai Wisata Edukasi

Di tempat wisata ini, para pengunjung juga diajak untuk menelusuri peninggalan serta jejak sejarah yang begitu mengagumkan. Karena selain memiliki bangunan yang sangat indah, Pura Mangkunegaran ini juga menyimpan berbagai buku serta koleksi sastra. Semua ditata dengan rapi di Rekso Pustaka yang didirikan oleh KGPAA Mungkunegaran IV dengan tujuan untuk senantiasa menjaga khazanah ilmu yang telah berkembang di tempat wisata Pura Mangkunegaran.

img-1492500559.jpg

Pura Mangkunegaran ini berlokasikan di pusat Kota Solo tepatnya terletak diantara Jl. Kartini,  Jl. Teuku Umar, Jl. Ronggo Warsito, dan Jl. Siswa. Bagi para wisatawan yang berasal dari luar Solo bisa dengan mudah menjangkau tempat wisata ini. Karena berbagai macam sarana transportasi tersedia untuk menuju ke Pura Mangkunegaran.

Bagi para wisatawan yang hendak membeli cinderamata atau souvenir bisa langsung mengunjungi Pare Anom art shop. Tempat wisata Pura Mangkunegaran ini dibuka untuk masyarakat umum setiap hari kecuali hari jumat pada pukul 09.00 – 14.00. Sedangkan pada hari Jumat, Pura Mangkunegaran akan dibuka pada pukul 09.00 – 12.00.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar