Rahasia 15 Manfaat Tanaman Buah Bidara Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Kamis, 06 Desember 2018
ok nusantara
Bagikan

Rahasia 15 Manfaat Tanaman Buah Bidara Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman buah bidara merupakan tanaman yang mempunyai banyak sekali manfaat yang terkandung  untuk kesehatan. Tanaman yang memiliki buah yang bulat kecil dengan rasa yang manis dan kesat. Daun dari tanaman berbentuk bulat lonjong dengan tangkai yang rimbun yang depenuhi oleh duri. Tanaman buah bidara mempunyai nama latin Ziziphus Mauritiana yang banyak ditemukan di negara China dan juga Indonesia. Tidak hanya buahnya yang dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan tapi daun dari buah bidara juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Ada 15 mannfaat dari tanaman buah bidara untuk kesehatan dan kecantikan antara lain:

1. Melancarkan Pencernaan


Source: Keifit

Buah bidara sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh karena buah yang satu ini banyak mengandung serat yang dapat melancarkan alat cerna. Terutama kamu yang sering mengalami sakit lambung atau maag. Disamping memiliki serat buah bidara juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga tubuh kamu akan merasa sehat bila mengkonsumsi buah yang satu ini. Mengkonsumsi buah bidara ini bisa dimakan secara langsung buah yang sudah matang atau atau diolah menjadi manisan.

2. Menguatkan Gigi dan Tulang


Source: xbeing

Buah bidara merupakan buah yang banyak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya kandungan kalium, kalsium, dan mempunyai kandungan fosfor yang baik yang dapat mengkuatkan gigi dan tulang. Buah bidara sangat baik dikonsumsi pada anak yang sedang mengalami perkembangan karena dapat membentuk tulang dan gigi menjadi kuat. Buah ini juga baik dikonsumsi bagi orang tua sehingga tulang tidak mudah rapuh.

3. Membantu Memulihkan Tenaga


Source: PublicDomainPicture

Buah bidara merupaka buah yang mempunyai rasa manis dan kesat kalau sudah matang buah ini ternyata kaya akan vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan nutrisi dan juga gizi yang diperlukan oleh tubuh sehingga buah bidara dapat memulihkan tenaga bagi orang yang baru sembuh dari sakit. Kehilangan tenaga pada waktu kamu sakit akan terasa lemas membuat tubuh kamu tidak punya tenaga untuk beraktivitas. Buah bidara dapat membatu kamu untuk memulihkannya agar tubuh kamu kembali sehat seperti sedia kala.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah


Source: zsuzsasaravati

Buah bidara sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah agar darah mengalir dengan lancar karena buah ini banyak mengandung vitamin dan meneral yang dapat membuat darah mengalir dengan lancar. Peredaran darah ditentukan dengan asupan makanan yang mengandung gizi dan zat yang diperlukan tubuh. Misalnya vitamin, beta karoten. Protein, zat besi, karbohidrat, dan zat lain yang terkandung pada buah bidara yang baik untuk kesehatan.

5. Meningkatkan Kinerja Otak


Source: johnhain

Buah bidara merupakan buah yang tidak di jual di pasaran karena buah ini jarang terdapat pada tiap daerah. Ada daerah tertentu yang banyak tumbuh tanaman bidara misalnya Jawa Tengah. Tanaman ini ternyata berkhasiat untuk meningkatkan kinerja otak karena dapat memberikan nutrisi pada otak sehingga otak sehat dan daya pikir akan meningkat. Aliran darah pada otak akan menjadi lancar sehingga mencegah terjadinya kepikunan dini.  Terutama bagi orang yang sering merasa lupa buah bidara ini sangat baik untuk dikonsumsi.

6. Penangkal Radikal Bebas


Source: Quartzia

Buah bidara bisa di olah menjadi manisan yang rasanya enak dan segar biasanya banyak di jual di daerah yang banyak tanaman buah bidara. Manfaat dari buah bidara dapat menangkal radikal bebas karena buah ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk bisa mengatasi radikal bebas yang masuk dalam tubuh manusia. Racun yang masuk akibat dari polusi udara yang terserap pada tubuh kita bisa mengakibatkan racun yang dapat merusak kesehatan. Mengkonsumsi buah bidara merupakan asupan yang baik untuk bisa menangkal radial bebas pada tubuh kita.

7. Mencegah Terjadinya Osteoporosis


Source: skeeze

Osteoporosis merupakan pengeroposan tulang yang terjadi pada tubuh manusia dan menyerang tulang dan sendi-sendi tulang. Osteoporosis terjadi karena asupan nutrisi yang diperlukan tulang tidak terpenuhi sehingga sel-sel pada tulang rapuh dan terjadinya rapuh tulang. Buah bidara mampunyai kandungan vitamin, kalium, kalsium dan fosfor yang baik yang dapat membantu meningkatkan sel-sel pada tulang agar tulang menjadi sehat dan kuat. Kandungan zat yang dibutuhkan oleh tulang dapat terpenuhi. Selain susu buah bidara juga sangat baik untuk menguatkan tulang.apat

8. Mengatasi Asam Lambung


Source: rhythmuswege

Buah bidara dapat mengatasi penyakit maag, penyakit ini dapat membuat perut kamu kembung dan perih. Untuk menghilangkan rasa perih dan kembung, kamu bisa mengkonsumsi buah bidara secara teratur karena buah ini bisa mengurangi asam pada lambung kamu berkurang. Asam lambung yang meningkat membuat perut menjadi kembungn dan jika dibiarkan akan menjadi parah. Kamu bisa mencoba dengan buah yang satu ini bisa dimakan langsung buah yang sudah matang.

9. Mengatasi Penyakit jantung


Source: PublicDomainPicture

Buah bidara mempunyai kandungan beta karoten dan vitamin yang di butuhkan tubuh. Orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung beta karoten dan vitamin memiliki resiko lebih rendah terhadap serangan jantung. Karena beta karoten dan vitamin mampu mengurangi  oksidasi kolesterol jahat (LDL). Mengkonsumsi buah bidara sangat baik untuk mencegah serangan jantung karena tidak ada kolestrol jahat pada tubuh sehingga kerja jantung akan sehat.

10. Melancarkan Sistem Pernapasan


Source: alcermed

Buah bidara juga dapat melancarkan pernapasan karena kandungan beta karoten dan vitamin C yang dimiliki oleh buah ini. Asupan dari senyawa tersebut dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan meredakan masalah pernapasan sehingga pernapasan akan menjadi lancar. Masalah pernapasan bisa diakibatkan oleh penyakit yang menyertainya yaitu Bronkitis, Asma, dan Emifisema. Mengkonsumsi buah bidara bisa untuk meredakan masalah pernapasan bisa dimakan secara langsung buah yang sudah matang secukupnya.

11. Mencegah Kanker


Source: PDpics

Bauh bidara memiliki senyawa karotenoid yang dapat mencegah terjadinya kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker usus besar. Makanan yang kaya akan kandungan karoteniod dapat mengurangi resiko kanker karena terdapat senyawa yang mempunyai sifat antioksidan yang dapat melawan kanker. Antioksidan dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh apabila di biarkan kan menumpuk dan akan mengakibatkan kanker di dalam tubuh. buah bidara mempunyai kandungan karotenoid yang cukup baik untuk melawan kanker.

12. Dapat Menyembuhkan Luka Pada kulit


Source: alehidalgo

Tanaman buah bidara selain buahnya bermanfaat daunnya pun memiliki  berbagai manfaat untuk kecantikan. Daun dari buah bidara mempunyai anti inflamasi dapat mencegah peradangan dan membuat  luka cepat kering karena daun bidara mampu mengganti sel-sel yang rusak  menjadi sel-sel yang baru dengan kata lain dapat melakukan regenerasi sel-sel pada kulit yang rusak. Sehingga kulit akan terbentuk kembali seperti sedia kala. Cara menggunakannya tumbuk daun bidara dengan lembut kemudian oleskan tipis-tipis pada kulit yang luka.

13. Dapat Mengatasi Jamur kulit


Source: DzeeShah

Tanaman buah bidara juga bisa untuk menjaga kecantikan karena memiliki senyawa yang dapat membuat kulit kamu menjadi kencang terutama pada daun buah bidara. Daun buah bidara dapat dugunakan untuk menghilangkan jerawat dan penyakit kulit yang lainnya karena kandungan anti bakteri yang dapat membunuh jamur, mokroba, dan kuman yang terdapat pada kulit. Dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, dan penyakit jamur yang lain. Caranya tumbuk daun dari buah bidara sampai halus kemudian oleskan pada kulit yang terkena jamur.

14. Dapat di Gunakan Sebagai Masker Wajah


Source: Kaz

Tanaman buah bidara mempunyai banyak manfaat dari mulai buah, daun, dan batangnya pun bermanfaat. Daun bidara bisa di jadikan masker untuk kecantikan kaum hawa yang peduli akan penampilan. Tanaman dari buah bidara juga sangat baik untuk mengencangkan kulit, menghilangkan keriput pada wajah. Kandungan senyawa yang mampu mengganti sel-sel kulit mati sehingga kulit wajah akan tampak kencang dan cerah. Dapat meremajakan kulit yang rusak pada wajah. Caranya dengan menumbuk daun bidara sampai lembut gunakan sebagai masker lakukan perawatan ini setu kali dalam satu minggu.

15. Mengatasi keputihan Pada Wanita


Source: 821764

Tanaman buah bidara terutama daun dan batangnya sangat baik untuk menanggulangi keputihan dan memperlancar menstruasi pada wanita. Daun dari buah bidara mempunyai anti bakteri sehingga mampu membunuh kuman, bakteri, microba yang ada pada alat reproduksi sehingga mampu mencegah keputihan pada wanita. Daerah intim wanita akan bersih dari kuman atau jamur. Caranya daun dan batang dari tanaman buah bidara direbus secukupnya air dari rebusan tersebut gunakan untuk cebok pada daerah intim.

Itulah 15 rahasia manfaat dari tanaman buah bidara yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Seluruh tanaman dari buah bidara bermanfaat dari mulai batang, daun, dan buah. Tak heran kalau tanaman buah bidara merupakan tanaman yang istimewa. Di negara China tanaman ini sangat berguna untuk dijadikan ramuan jamu untuk kesehatan. Daunnya bisa dijadikan teh yang dapat membuat orang yang mengkonsumsinya merasa tenang karena mengandung zat psikoterapi yang bagus buat ketenangan. Semoga bermanfaat!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar