Rancangan Gedung Ramah Lingkungan
Kamis, 20 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Rancangan Gedung Ramah Lingkungan

10 Rancangan Gedung Paling Ramah Lingkungan di Dunia

1. Nanyang Technological University, Singapura

img-1492665237.jpg

Bangunan kampus NTU di Singapura ini memang menerapkan konsep hijau dalam arsitektur desainnya. Di kampus ini akan dilengkapi berbagai macam fasilitas. Atap gedung kampus ini ditutupi oleh vegetasi, sehingga memberikan kesan hijau.

2. Bahrain World Trade Centre, Manama, Bahrain

img-1492665245.jpg

Bahrain juga tidak ingin ketinggalan dengan Umi Emirat Arab yang menyajikan future indahnya. Akhirnya, negara pengekspor minyak ini berantusias membangun gedung pencakar langit ramah lingkungan yang dapat membangkitkan aliran listrik sendiri dengan bantuan 3 turbin angin raksasa yang terletak di antara kedua menaranya.

3. Nara Tower, Jepang

img-1492665271.jpg

Gedung berbentuk surealis ini dirancang oleh desainer terkenal Ken Yeang di kota Nara, Jepang. Selain ramah lingkungan, menara surealis ini memiliki tamannya sendiri pada tiap-tiap lantainyayang di rawat oleh robot.

4. China Insurance Grup HK, Shenzen, Cina

img-1492665280.jpg

Gedung ini memiliki jumlah lantai yang cukup banyak, yaitu 49 lantai. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kecepatan angin yang kemudian digunakan untuk menggerakkan turbin sehingga menghasilkan listrik sendiri. Jika listrik tidak memadai, diatap gedung juga terdapat panel-panel yang dapat mengubah energi cahaya menjadi listrik untuk digunakan.

5. Crystal Island, Moscow, Rusia

img-1492665318.jpg

Gedung ini menjulang setinggi hinga setengah kilometer keatas dan juga menjadi gedung paling besar di dunia. Crystal Island didalamnya mencakup sebuah hotel, apartemen, dan sekolah. Tidak hanya itu, gedung ini juga dilengkapi lapangan parkir yang mampu menampung 16.000 mobil. Berbagai energi alternatif siap dimanfaatkan para penghuni untuk kebutuhan sehari-harinya.

6. National Heart Centre, Singapura

img-1492665335.jpg

Rumah sakit ini berbentuk menyerupai rubik yang ternyata memiliki tujuan sebagai ventilasi natural dan memaksimalkan masuknya cahaya, sehingga dapat mengurangi sumber cahaya buatan.

7. EDITT Tower, Singapura

img-1492665349.jpg

Masih di Singapura, kali ini gedungnya bernama EDITT Tower. Gedung ini dirancang oleh Ken Yeang. Jika dilihat, sudah jelas bahwa gedung ini adalah sebuah gedung yang dilengkapi fasilitas ramah lingkungan.

8. Sky One Medi Garden, New York

img-1492665356.jpg

Gedung rancangan arsitek terkenal Daniel Libeskind ini memiliki taman di tengah-tengahnya. Selain dijadikan tempat rekreasi, taman tersebut juga dapat membuahkan hasil pangan bagi para penghuninya.

9. Urban Cactus, Rotterdam, Belanda

img-1492665363.jpg

Urban Cactus ini rencananya akan dibangun di Rotterdam, Belanda. Keunikannya terdapat pada tiap balkonnya yang memiliki taman sendiri. Bentuknya pun juga disesuaikan supaya tiap balkon bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

10. Biotic Arch, Cina

img-1492665371.jpg

Biotic Arch merupakan bangunan yang di rancangan oleh arsitek visioner, Vincent Callebaut untuk kota Taichung, Cina. Gedung ini diperkirakan mampu memproduksi energinya sendiri dengan memanfaatkan energi cahaya matahari lewat energi angin, solar panel, dan biofuel.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar