Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Alam
Rabu, 11 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Alam

1. Octobot

 Manuver super licin dari cephalopoda seperti gurita dan cumi-cumi, telah menjadi inspirasi robotik yang sangat penting. Tercurah dari robot produksi Soft robortic di Harvard serta robot buatan UC San Diego berupa robotyang bisa berjalan di bebatuan.

Namun Octobot adalah penemuanyang cukup mutakhir dari apa yang terinspirasidari keluarga gurita. Karena Octobot yang dibuat dari para ilmuwan Harvard, meniru tekstur dari gurita dan menerapkan komponen-komponen 'empuk' untuk robotini agar bisa berjalan dengan labih mulus.

Robot ini adalah hasil cetakan 3D Printer yang disematkan sirkuit di dalamnya. Pergerakan robot ini ada berkat reaksi kimia hidrogen-peroksida yang bisa mengisi dan mengosongkan udara di dalam sebuah ruang berisi udara yang berfungsi seperti ban dalam.

octobot.jpg

2. Pleurobo

 Salamander dijuluki fosil hidup oleh para ilmuwan. Hal ini disebabkan oleh salamander merupakan spesies awal yang hidup di muka Bumi. Oleh karena itu, para ilmuwan terobsesi oleh salamander.

Seperti para ilmuwan di Ecole Polytechnique Federale de Lausanne di Swiss, yang menghabiskan waktu untuk mengamati amfibi tersebut berjalan lewat citra sinar X. Hasilnya, mereka berhasil membuat robot bernama Pleurobo, robot berbentuk seperti rangka yang bisa melakukan pergerakan di rerumputan tinggi layaknya salamander.

Penemuan robot ini dipercaya akan jadi jembatan untuk menemukan revolusi di dunia neuroprosthetic, yang merupakan antarmuka mesin yang menyatu dengan otak. Hal ini dilakukan salamander yang punya koneksi kuat antara tulang belakang dan otak.

pleurobo.jpg

3. Animal Dynamics Microdrone

Drone biasa menggunakan rotary blade untuk membantu berbagai drone komersial terbang. Masalahnya, banyak hal yang membuat rotary blade ini tidak menarik. Mulai dari suara hingga konsumsi daya yang tinggi. Terlebih lagi kecenderungan tak terkontrol di kondisi berangin.

Kini para ilmuwan ingin mengganti teknologi tersebut dengan yang lebih baik. Mengambil inspirasi dari capung, yang tidak pernah goyah di kondisi angin tertentu dan hanya mengandalkan sayap tipis. Sebuah startup bernama Animal Dynamics-lah yang ingin mengembangkannya.

Bekerja sama dengan departemen pertahanan Inggris, akhirnya sebuah drone bernama Animal Dynamics Microdrone berhasil dibuat. Namun karena pembuatannya dibiayai departemen pertahanan, drone ini dibuat untuk upaya mata-mata.

animal-dynamics-microdrone.jpg

4. Cassie

 Sebagian robot di muka Bumi yang sering kita lihat, tentunya hampir kesemuanya mengambil inspirasi dari manusia. Bisa berdiri dengan dua kaki, memiliki dua tangan, dan anatomi seperti manusia.

Namun berbeda dengan ini, para ilmuwan dari Oregon State University, membuat sebuah robot yang juga memiliki dua kaki, namun terinspirasi dari burung besar yang tak bisa terbang yakni burung unta.

Keunikan dari burung unta ketimbang anatomi robot mirip manusia adalah kemampuan berlari dengan akselerasi luar biasa, dengan keseimbangan yang juga luar biasa. Kunci keseimbangan yang baik terdapat di bagian tubuhnya yang seakan-akan membagi beban ke bagian depan.

cassie.jpg

5. Spot Mini 
 Boston Dynamics, perusahaan robot milik Alphabet yang terkenal membuat robot canggih dan bahkan membuat robot dengan kemampuan militer yang bisa dibawa perang.

Namun sisi lembut ditunjukkan lewat diperkenalkannya Spot Mini. Spot Mini adalah robot berkaki empat yang mengambil inspirasi dari jerapah kecil, dengan leher panjang. Kemampuannya adalah menaruh piring kotor di wastafel, mengambilkan sekaleng soda, dan berbagai hal lain.

spot-mini.jpg

6. Robotic Skin
Tidak semua robot dengan inspirasi biologis meniru bentuk anatomi hewan yang jadi inpirasi. Seperti tim ilmuwan dari MIT yang sedang mencoba mencari 'pakaian' dari robot buatan mereka yang dipenuhi oleh sirkuit, akhirnya mendapat inspirasi dari kumbang kura-kura emas.

Kumbang ini mampu menguras warna mengkilat di cangkangnya ketika merasa terancam. Dari sini sirkuit yang dicetak secara 3D didesain ileh ilmuwan tersebut, dan bisa berubah warna ketika ada gangguan yang masuk.

robotic-skin.jpg

7. Festo

 Dari sekian robot yang ada di daftar ini, sepertinya Festo adalah yang paling mirip dengan inspirasinya. Benar, Festo sangat mirip dengan kupu-kupu, dan mengambil inspirasi dari kemampuannya terbang dengan bodi yang sangat kecil.Dengan membuat bodi yang kecil, berbagai sensor seperti kamera eksterior, bisa diletakkan dan dapat digunakan sebagai pelacak.

festo.jpg

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar