Rumah Bawah Tanah Terunik di Dunia
Minggu, 12 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Rumah Bawah Tanah Terunik di Dunia

7 Rumah bawah tanah terunik di dunia

1. Taman Woodlyn, Selandia Baru

Taman Woodlyn merupakan dea yang keseluruhan peduduknya tinggal rumah bawah tanah yang diadaptasi dari novel The Lord of The Ring karya JRR Tolkien. Desa dengan rumah bawah tanah itu terletak di kaki gunung, Selandia Baru. Rumah sengaja dibuat dari batu-batu polystyrene untuk memberikan suasana sejuk.

2. Rumah organik, Swiss

Area yang disebut sebagai Earth House Estate Lattenstrasse tersebut terletak di Dietikon, Swiss. Jika dilihat dari atas, yang tampak hanyalah pintu kecil sedangkan seluruh ruangan berada di bawah tanah dan bagian atap tertutupi oleh rerumputan yang tebal. Meski terkesan sempit, sembilan rumah yang ada di perumahan tersebut lebih luas dari yang dilihat. Mengangkat konsep ramah lingkungan, Peter Vetsch berhasil menunjukan kemampuan terbaiknya dari segi desain rumah ramah lingkungan yang tidak mengesampingkan konsep modern.

3. Rumah malator

Rumah malator berlokasi di Weslsh Coast, New South Wales, Australia. Jika beberapa rumah bawah tanah masih memperlihatkan bagian pintunya, maka rumah malator ini cukup berbeda, jika kita tidak mengetahui lokasi persisnya maka kita tidak dapat menemukan rumah tersebut sebab secara keseluruhan tertutup oleh tanah. Pintu masuk menggunakan kaca yang transparan dan peralatan rumah pun terkesan modern.

4. Rumah aloni

The Aloni House berada di Pulau Cyclandic, Yunani. Rumah yang didesain oleh Deca Architecture tersebut merupakan salah satu rumah bawah tanah terbaik yang pernah dibangun. Jika bagian atap rumah bawah tanah lainnya ditanami oleh rerumputan, maka rumah aloni ini cukup berbeda, sebab ditanami tanaman khusus untuk pertanian.

5. Hotel ramah lingkungan Bella Vista

Tidak hanya rumah tinggal yang memilih konsep rumah bawah tanah, bahkan hotel pun sudah melihat peluang rumah bawah tanah sebagai sesuatu yang memiliki nilai komersil, salah satu contohnya adalah hotel Bella Vista. Hotel ini berada di Bozen, Italia.

6. Rumah bawah tanah, Swiss

Rumah bawah tanah yang terletak di Swiss ini memang sempat menuai perhatian dunia, bagaimana tidak, rumah tersebut dibangun berdasarkan kerja sama arsitek Netherland SeARCH dan Christian Muller yang terkenal dengan kemampuan desain di atas rata-rata.

7. Gary Neville's Home

Rumah bawah tanah terakhir adalah rumah bawah tanah milik mantan bintang sepak bola Inggris dan Manchester United, Gary Neville. Gary Neville sengaja meminta kepada Make Architects untuk dibuatkan sebuah rumah yang ramah lingkungan dan berada di bawah tanah. Rumah tersebut dibangun di atas lahan seluas 8.000 kaki persegi.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar