RUMAH UNIK DI INDONESIA
Selasa, 14 Februari 2017
ok nusantara
Bagikan

RUMAH UNIK DI INDONESIA

Inilah 7 Rumah Paling Unik di Indonesia

1. Rumah Domes

img-1487066157.jpg

Apakah anda masih ingat bentuk rumah dalam serial teletubbies? Dalam kehidupan nyata kita dapat melihat semacam replika rumah teletubbies adalah rumah domes. Bentuk rumah domes sekilas mirip bangunan kubah seperti dalam serial teletubbies. Rumah domes ini dapat kita temui di Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di daerah New Nglepen. Rumah domes terletak di sebuah perkampungan yang semua rumahnya berbentuk kubah. Rumah itu dirancang untuk tahan gempa.

2. Rumah Botol

rumah botol bandung

Rumah unik di Indonesia selanjutnya yang memiliki desain rancang bangun modern adalah rumah botol yang berada di Cigadung Selatan, Bandung. Yang paling unik dari rumah ini adalah bahan baku rumah ini berasal dari botol bekas. Jumlah botol bekas yang digunakan sebanyak 30 ribu buah. Rumah botol ini merupakan salah satu contoh rumah hemat energi dan ramah lingkungan. Pasalnya material tembok yang diganti botol menerapkan prinsip reuse dari konsep go green. Tak hanya itu rumah botol ini menampung sinar matahari karena sebagian dinding terbuat dari kaca sehingga mampu menghemat penggunaan listrik. Karena inovasi yang ada di rumah ini wajar rumah ini memenangkan penghargaan sebagai green design award pada penghargaan BCI Asia. Tak heran pula jika rumah ini masuk dalam 7 rumah paling unik di Indonesia.

3. Rumah Gurita

rumah gurita

Bandung tak hanya memiliki rumah botol, ada lagi rumah unik lainnya di Bandung yaitu rumah gurita. Rumah ini menarik perhatian masyarakat karena terdapat patung gurita raksasa pada bagian atap rumah tersebut. Patung gurita hitam raksasa tersebut oleh si pemilik dijadikan sebagai atap untuk ruang makan. Jika tampak dari luar rumah tersebut seolah olah diatapnya di dekap oleh sebuah gurita raksasa. Cukup keren tetapi sedikit menyeramkan.

4. Mbaru Niang

Mbaru Niang

Rumah unik di Indonesia selanjutnya adalah rumah-rumah adat. Salah satu rumah adat yang unik di Indonesia adalah mbaru niang rumah adat dari daerah Nusa Tenggara Timur. Lokasi tepatnya rumah adat ini berada di desa Wae Rebo, Manggarai NTT. Rumah ini memiliki keunikan berupa atap yang terbuat dari lontar kering dan atap tersebut menutupi tanah. Rumah ini memiliki 5 tingkat, jika memasuki rumah maka akan sampai pada tingkat pertama yang disebut lutur. Kemudian naik ke lantai dua untuk menyimpan bahan makanan disebut lobo. Ke tingkat tiga disebut ruang lentar yang berfungsi untuk menyimpan benih. Untuk tingkat empat disebut lempa rae fungsinya untuk menyimpan cadangan makanan jika gagal panen. Lantai kelima merupakan tempat untuk menyimpan berbagai macam sesaji untuk leluhur, ruangan ini disebut hekang kode.

5. Sao Ria Tenda Bewamoni Koanara

Sao Ria Tenda Bewamoni Koanara

Rumah adat unik lainnya di NTT adalah sao ria tenda bawa. Rumah adat ini terletak di desa Koanara Kelimutu. Seperti mbaru niang yang atapnya menutupi tanah, sao ria tenda bawa moni koara juga sama hanya saja bedanya bahan atapnya terbuat dari ilalang. Rumah adat ini memiliki tiga buah fungsi dan jenis rumah yang berbeda. Rumah baku untuk menyimpang tulang leluhur. Rumah lumbung padi digunakan untuk menyimpan bahan makanan. Untuk rumah tinggalnya terdapat kepala kerbau di pintu masuk rumah.

6. Rumah Suku Sasak

rumah_suku_sasak

Masih di sekitar Nusa Tenggara, di Nusa Tenggara Barat terdapat rumah suku Sasak. Seperti kedua rumah adat sebelumnya rumah adat suku Sasak ini juga atapnya terbuat dari dedaunan hanya saja untuk suku Sasak terbuat dari jerami. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu. Lantai rumah yang terlihat keras seperti semen merupakan tanah liat yang diaduk bersama kotoran kerbau dan abu vulkanik. Rumah adat suku sasak unik karena atapnya yang berbentuk seperti gunung. Bagian ruangannya dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama dari rumah digunakan untuk tidur, ruang kedua untuk menyimpang barang-barang, kemudian ruang ketiga digunakan untuk meletakkan jenazah sebelum dimakamkan dan untuk melahirkan.

7. Honai

honai


Rumah adat di Papua yang satu ini memang sungguh unik. Rumah ini disebut rumah honai. Rumah adat ini terbuat dari kayu, hanya saja atapnya yang khas membuat rumah ini unik. Atap rumah honai berbentuk kubah atau bola dari jerami. Rumah ini bisa ditemukan di Lembah Baliem. Rumah adat ini merupakan rumah adat suku Dani penghuni asli Papua. Rumah honai memiliki tinggi 2,5 meter yang terbagi menjadi dua lantai. Lantai pertama berfungsi sebagai kamar tidur kemudian lantai kedua digunakan untuk makan, mengerjakan kerajinan tangan dan istirahat. Antara kedua ruang dijembatani oleh tangga dari bambu. Rumah ini memang di-desain tanpa jendela untuk menghalangi udara dingin di lembah Baliem. Rumah honai ini ditempati hingga 10 orang.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar