Stonehenge Ada di Sleman
Minggu, 08 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

Stonehenge Ada di Sleman

Coba pergi ke Dusun Petung, Desa Kepuh Harjo, Cangkringan, Sleman maka akan menemukan Stonehenge. Ya, situs peninggalan zaman perunggu dan neolitikum berbentuk bebatuan besar yang disusun sedemikian presisi dan ada di Inggris.

Stonehenge yang ada di Sleman pun sama seperti yang ada di Inggris. Bedanya, bebatuan raksasa tersebut buatan tangan alias manusia. Namun untuk strukturnya dibuat mirip batu sungguhan yang kemudian disusun untuk membentuk stonehenge seperti yang berada di Inggris.

Setidaknya ada 20 susunan batu dengan tinggi rata-rata empat meter yang di sekelilingnya ditanami rumput hijau di lahan seluas 200 meter persegi ini.

“Stonehenge ini dibuat untuk memberdayakan masyarakat Dusun Petung di sektor pariwisata. Daerah ini sudah tidak bisa ditinggali karena masuk kawasan rawan bencana,” terang Reimon, pengelola Stonehenge Sleman.

Meski berlokasi di kawasan rawan bencana, pengunjung Stonehenge tidak perlu khawatir akan keselamatan mereka. Menurut sejarah, Gunung Merapi tidak pernah tiba-tiba erupsi. Pengelola juga sudah membuat rambu-rambu dan jalur evakuasi bila suatu saat terjadi bencana alam yang tidak diinginkan.

“Tingkatan statusnya kan ada Normal, waspada, siaga dan awas. Status Gunung Merapi sekarang normal. Tidak perlu khawatir,” jelasnya.

Objek wisata Stonehenge ini mulai dibuka akhir 2016 lalu. Tempat ini mulai banyak didatangi wisatawan setelah menjadi viral di media sosial karena keunikannya. Kunjungan per harinya pun mencapai 300 orang untuk hari biasa.

Langit biru yang luas dan hamparan rumput hijau menjadi alas bebatuan setinggi empat meter ini tentu sangat memanjakan mata dan cocok dimanfaatkan sebagai background foto. Bahkan bila cuaca cerah, puncak Gunung Merapi sangat terlihat jelas dari tempat ini.

“Tempatnya instagramable. Cocok buat foto-foto,” jelas Antika, pengunjung asal Magelang yang tahu Stonehenge di Sleman dari media sosial.

Lokasi Stonehenge dicukup mudah di jangkau baik menggunakan kendaraan motor dan mobil. Letaknya juga berdekatan dengan bangunan kastil The Lost World Castle, yang sempat ditutup oleh Pemda Sleman karena dianggap melanggar beberapa aturan.
Bagi yang ingin berkunjung ke stonehenge di D

usun Petung, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Cukup membayar tiket Rp 5.000 hari biasa dan Rp 7.500 khusus hari libur per pengujung, Anda bisa berfoto sepuasanya direplika Stonehenge seperti yang ada di Inggris. Selamat Berlibur!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar