Sungai 5 Warna Paling Indah Di Dunia
Kamis, 26 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

Sungai 5 Warna Paling Indah Di Dunia

Sungai yang berwarna kecokelatan, itu sudah biasa. Di Kolombia ada suatu fenomena alam yang bakal buat Anda diam terkesima. Inilah Cano Cristales, sungai yang punya lima warna!

Sungai Cano Cristales berada di dekat Kota La Macarena. Sungai ini bukanlah sungai sembarangan dan mungkin hanya ada satu di dunia. Bayangkan saja, air sungainya berwarna merah, biru, kuning, oranye dan hijau.

Seperti dilongok dari BBC Travel, Rabu (10/9/2014) Sungai Cano Cristales mulai dikunjungi turis pada tahun 2000-an. Rupanya, wilayah di sekitar sungai merupakan basis para pemberontak pemerintah Kolombia. Pihak militer Kolombia akhirnya membuka jalan dan menjamin keamanan turis di radius 30 km dari sungai tersebut.

Hasil gambar untuk sungai 5 warna di kolombia

Seperti kata pepatah, berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, untuk menuju Sungai Cano Cristales tidaklah mudah. Turis harus naik pesawat dari Kota Bogota, ibukota Kolombia menuju La Macarena yang punya bandara kecil. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan naik mobil dan trekking menelusuri hutan.

Namun, panorama Sungai Cano Cristales bakal membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum. Bayangkan saja, warna merah, biru, kuning dan oranye terlihat jelas dari permukaan airnya yang bening. Tak heran kalau banyak turis yang menyebut Sungai Cano Cristales sebagai sungai pelangi!

Warna hijaunya berasal dari lumut, warna birunya dari pantulan langit di permukaan air dan warna merah berasal dari spesies tanaman endemik atau alga Macarenia clavigera yang menempel di bebatuan sungai. Bagi turis yang gemar hunting foto, sungai ini bagaikan surga.

Tapi ingat, fenomena lima warna di Sungai Cano Cristales ada waktu-waktu tertentunya. Sungai ini bisa terlihat lima warna hanya pada bulan Juli sampai Desember. Sebab, saat itu temperatur udara cukup untuk menghangatkan lumut dan alga di sungainya. Sehingga mereka menjadi terlihat bermekaran.

Hasil gambar untuk sungai 5 warna di kolombia
Dari bulan Januari sampai Mei, Sungai Cano Cristales ditutup untuk umum agar ekologi di sana bisa 'beristirahat'. Para penduduk setempat pun kini menegakan aturan dan larangan bagi turis yang datang ke Sungai Cano Cristales. Turis dilarang berenang, menginjak lumut atau alga, dan minum minuman beralkohol di pinggir sungai. Ini bertujuan untuk menjaga ekosistem sungainya agar tetap cantik.

Salah satu operator setempat yang menjual paket wisata ke Sungai Cano Cristales adalah Eco Turismo Macarena. Tertarik datang ke sungai lima warna ini?

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar