Tak Perlu Pusing, Begini Lho Cara Root Android dengan Mudah
Jum'at, 14 September 2018
ok nusantara
Bagikan

Tak Perlu Pusing, Begini Lho Cara Root Android dengan Mudah

Kamu pengguna Android? Tentunya kamu pernah mendengar atau bahkan pernah melakukan root. Ada banyak cara meroot hp yang bisa dilakukan, umumnya cara root android bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi root android. Sebagai informasi yang perlu kamu ketahui, root ini merupakan suatu kegiatan di mana pengguna smartphone Android berhasil mendapatkan kendali atau akses penuh dari perangkatnya tersebut.

Jadi, jika berhasil melakukan root hp baik melalui aplikasi root hp atau root android tanpa PC (personal computer), maka kamu dapat melakukan apapun di hp Android itu dengan melewati proses tertentu. Nah, inilah yang membuat root hp banyak dilakukan, meskupun demikian kamu juga perlu tahu bahwa root hp juga memiliki sejumlah risiko. Agar lebih paham dan tak kebingungan atau pusing cara root hp android, berikut ini penjelasan mengenai cara root android dan berbagai informasi terkait lainnya.

Fungsi root hp android

Sebelum kita langsung membahas cara root android dengan mudah, ada baiknya kamu tahu fungsi root hp Android secara detail. Root merupakan sebuah proses yang memberi izin penuh kepada pengguna android, baik itu smartphone, tablet, atau mungkin smart TV secara total dari yang tadinya terbatas. Artinya, dengan akses root, kita berhak mengubah, mengedit dan memodifikasi apa-apa yang ada di dalam sistem.

Selain mengubah atau memodifikasi secara manual, akses root juga diperlukan oleh beberapa aplikasi yang biasanya butuh akses sistem. Jika kamu mencari di Google Playstore, biasanya akan tertera kata kuncu “Root’ pada aplikasinya. Dengan akses root, kita bisa mendapatkan beragam keuntungan dari hp yang belum di root. Terutama bagi kamu yang hobi menjelajah isi hp.

Beberapa cara root android dengan mudah

Tak perlu bingung, karena ada beberapa cara root yang bisa kamu lakukan. Dari mulai tanpa PC yaitu dengan aplikasi root hp maupun dengan PC (personal computer). Berikut ini pilihannya :

Cara root hp android tanpa PC

Cara Root Android dengan Mudah

Image: James News

Ada tiga cara meroot hp android tanpa pc, mulai dengan FrameRoot, Root Genius hingga KingRoot. Begini penjelasannya :

  1. Cara root hp Android dengan FrameRoot

    Dengan FramaRoot, kamu bisa melakukan root hp cukup lewat sekali klik saja. Cara root hp dengan FramaRoot bisa dilakukan dengan melalui proses ini.

  • Unduh aplikasi FramaRoot di Google Play Store
  • Buka aplikasi FramaRoot, pilih Instal SuperSU atau Superuser sesuai dengan keinginanmu
  • Lalu, muncul pilihan Aragorn dan Gandalf (dua nama karakter film Lord of The Rings). Memang keduanya tidak ada bedanya, silakan pilih sesuai keinginan banyak yang lebih baik memilih Gandalf saja
  • Proses root akan langsung berjalan, tunggu hingga semua proses selesai. Nantinya muncul pemberitahuan, tandanya kamu sudah berhasil melakukan root
  • Kemudian restart hp Android, dan pastikan aplikasi SuperSU atau Superuser sudah muncul di daftar aplikasi
  1. Cara root hp Android dengan RootGenius

    Secara keseluruhan, cara root hp dengan RootGenius tidak jauh berbeda dengan Framaroot. Untuk menggunakan aplikasi root dari RootGenius, ada beberapa tahapan yang mesti dilakukan :

  • Unduh aplikasi RootGenius di handphone.
  • Buka aplikasi root android ini lalu klik gambar yang berbentuk lingkaran.
  • Setelah itu akan tampil, sebuah kotak yang mengungkapkan untuk menginstal aplikasi ini, lakukan install sesuai yang diminta.
  • Kemudian akan muncul ikon jempol, lalu ubah raja pengguna setelah kamu selesai melakukan root. Maka proses root sudah selesai.
  1. Cara root hp Android dengan KingRoot

Cara root hp dengan aplikasi root dari KingRoot adalah pilihan selanjutnya. Banyak yang menyebutkan kalau KingRoot merupakan aplikasi root Android saat ini. Alasannya karena KingRoot sudah mendukung lebih dari 100.000 smartphone untuk bisa di-root. Berikut adalah cara root Android dengan KingRoot :

  • Unduh aplikasi root terbaik KingRoot
  • Setelah itu, kamu bisa langsung menginstal aplikasi root KingRoot di smartphone Android.
  • Setelah itu, kamu cukup klik tombol cek yang ada di aplikasi KingRoot maka aplikasi ini akan memulai proses pengecekan. Perlu tahu apakah metode eksekusi root-nya bisa dijalankan atau tidak.
  • Jika bisa, maka smartphone Android, kamu bisa langsung di-root oleh KingRoot.

Cara root hp Android dengan PC

Cara Root Android dengan Mudah

Image: unik-informatika.blogspot.com

Nah, selain cara root hp androin tanpa PC yaitu dengan aplikasi, kamu juga bisa menggunakan cara konvensional menggunakan PC. Berikut ini alternatif caranya :

  1. Cara root hp Android dengan RootGenius

    RootGenius adalah aplikasi root hp Android yang bisa digunakan di PC maupun ponsel. Cara menggunakan versi yang sama dengan versi mobil yang sama. Namun, sebelum penggunaan, kamu disarankan untuk mematikan antivirus yang ada di PC. Alasannya karena bisa saja antivirus yang menganggap aplikasi ini sebagai perangkat lunak berbahaya. Setelah itu, lakukan hal ini:

  • Unduh aplikasi RootGenius di http://rootgenius.com/download/#.WrIFlehubDc
  • Kemudian instal RootGenius dan buka aplikasi ini
  • Koneksikan hp Android dan PC menggunakan kabel data. Tunggu hingga muncul notifikasi konektifitas dari RootGenius
  • Centang “Saya menerima persetujuan Pengguna”, lalu klik di kotak bertuliskan “Root it”
  • Proses Root akan langsung berjalan dan selepas sampai selesai
  • Jika sudah selesai cabut kabel data dan buka menu di smartphone Android, pastikan di sana terdapat aplikasi bernama Kinguser.
  1. Cara root hp Android dengan KingRoot

    Tak hanya bisa dilakukan dengan aplikasi saja, KingRoot juga bisa dilakukan melalui PC. Kamu bisa melakukan root hp Android lewat PC hanya dengan sekali klik saja. Berikut ini langkahnya :

  • Unduh aplikasi KingoRoot melalui kompetensi https://www.kingoapp.com/android-root.htm
  • Setelah itu, instal KingoRoot dan buka aplikasi ini
  • Koneksikan hp Android dan PC menggunakan kabel data. Tunggu hingga muncul notifikasi konektifitas dari KingoRoot
  • Setelah muncul notifikasi, langsung klik “Root” dan tunggu hingga proses selesai. Ditandai dengan kaya tulisan “Root Finished”
  • Jika sudah selesai, cabut kabel data dan buka menu di smartphone Android, pastikan ada yang bernama Kingo Superuser

Keuntungan root Android

Setelah mengetahui fungsi dan cara root android melalui aplikasi root android maupun melalui PC, ada baiknya kamu juga paham keuntungan me-root android. Apa saja sih?

  • Pertama, bisa memindahkan data dari internal ke eksternal. Fungsi pindah data ini bisa jadi salah satu keuntungan root android. Terutama bagi kamu yang mengaku seorang gamer dan notabene butuh banyak space memory tentunya bisa jadi masalah jika internal memorinya kecil kan.
  • Kedua, optimisasi RAM agar lebih luas. Dengan meroot hp, kamu bisa mendapat optimisasi RAM secara otomatis yang diatur langsung dari background. Aplikasi yang terkenal dengan fitur pembersih otomatis salah satunya adalah greenify.
  • Ketiga, baterai jauh lebih hemat. Keuntungan ini tentunya bisa kamu rasakan, bahkan bisa sampai 40% lebih hemat tergantung dari seberapa jauh optimisasi dilakukan.
  • Keempat, tweaking performa. Dalam hal ini biasanya dilakukan dengan mengedit atau mereplace setting sistem yang ada di direktor root.
  • Kelima, kamu bisa bebas menghapus aplikasi bawaan. Keuntungan lain dari meroot hp adalah menghapus aplikasi bawaan yang pada dasarnya tidak bisa dihapus. Penghapusan ini bisa dilakukan langsung maupun dihapus dengan aplikasi pihak ketiiga. Namun demikian, kamu perlu hati-hati karena ada beberapa aplikasi bawaan yang jika dihapus bisa membuat sistem menjadi rusak.

Bagaimana menurut kamu? Tak perlu bingung lagi mencari cara root android, karena dengan tips di atas sekaligus penjelasan mengenai fungsi dan keuntungan kamu akan lebih mudah memutuskan untuk meroot hp kamu. Selamat mencoba!


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar