TAMAN TIRTA GANGGA
Minggu, 19 Februari 2017
ok nusantara
Bagikan

TAMAN TIRTA GANGGA

Melongok Keindahan Taman Tirta Gangga


taman-tirtagangga.jpg


Dari namanya saja, Taman Tirta Gangga, kita sudah bisa membayangkan keindahan yang ada didalamnya. Taman Tirta Gangga merupakan sebuah kompleks yang sangat terkenal keindahannya di Karangasem. Eksistensi Tirta Gangga sendiri mampu menyimbolkan sebuah refleksi mengenai suatu pola budaya keraton dan masyarakat sekitar yang menempatkan air (mata air) pada posisi yang sangat vital.

Didalam kompleks Pertamanan Tirta Gangga sendiri terdapat beberapa tempat yang dianggap suci seperti mata air, bangunan pelindung, menara air, aneka ragam bentuk kolam dengan berbagai ukuran, pemeliharaan ikan hias, pancoran, aneka tanaman dan bunga-bungaan. Secara garis besar kompleks taman ini mampu menyajikan daya tarik keindahan yang luar biasa yang terwujud dalam relasi harmonis antara manusia, alam, dan budaya yang sarat dengan penjiwaan keagamaan.



Taman Tirta Gangga merupakan warisan taman dan arsitektur yang dibangun oleh Raja Karangasem yang terakhir yakni Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem (I Gusti Bagus Jelantik) untuk kesepuluh anak beliau yang dijadikan miliki bersama (druwe tengah). Sejak tahun 1981 pengelolaan Taman Tirta Gangga ini kemudian diserahkan kepada Dr. Anak Agung Made Djelantik.

Fasilitas



Di sekitar obyek wisata Taman Tirta Gangga telah tersedia berbagai fasilitas bagi para pengunjung dan wisatawan seperti tempat parkir, penginapan, restoran, dan berbagai warung kecil. Di dalam komplek taman tersedia kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Intinya, siapapun yang datang ke Tirta Gangga akan sangat dimanjakan karena bukan hanya bisa menikmati keindahan kompleks taman saja namun juga dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia.

Kunjungan



Taman Tirta Gangga sangat menarik untuk dikunjungi, baik pada pagi maupun sore hari. Tempat ini telah ramai dan telah dikunjungi sejak bertahun-tahun sebagai obyek wisata oleh anak-anak sekolah. Kemudian juga makin ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Oleh karena tempatnya di pinggir jalan raya, maka untuk mencapai tempat itu cukup mudah. Bisa dicapai dengan sepeda motor atau dengan taksi. Wisatawan juga dapat mencapainya dengan sarana angkutan umum.

Lokasi


Taman Tirta Gangga terletak di pinggir jalan raya jurusan Amlapura. Obyek wisata Taman Tirta Gangga termasuk wilayah Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Lokasi obyek ini meliputi satu area taman seluas 1,8 ha terdiri dari tiga dataran yang menjurus dari barat ke timur di tengah-tengah hamparan sawah yang  sangat luas. Obyek wisata Taman Tirta Gangga berada pada satu jaringan obyek yang berdekatan dengan Puri Karangasem, Taman Ujung Karangasem dan 17 km terletak taman wisata bahari Tulamben.

Selamat Berkunjung!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar