Tanaman Pemakan Daging Paling Unik
Sabtu, 01 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Tanaman Pemakan Daging Paling Unik

10 Jenis Tanaman Pemakan Daging Paling Unik

10. Brocchinia Reducta

img-1491042496.jpg

Brocchinia reducta merupakan tumbuhan karnivora yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini dapat menyesuaikan diri dengan sangat mudah terhadap lingkungannya. Untuk menangkap mangsanya, ia hanya memanfaatkan daunnya berbentuk seperti cangkir. Aroma yang ditimbulkan tanaman ini mampu menarik perhatian mangsanya sehingga tergelincir oleh daun dan masuk ke dalam airnya.

9. Aldrovanda Vesiculosa

aldrovanda-vesiculosa

Tanaman ini sering dijuluki sebagai “si kincir air”. Beberapa dari jenisnya, hanya spesies ini satu-satunya yang masih populer. Biasanya mereka akan melahap hewan invertebrata air berukuran kecil. Perangkapnya yang mereka andalkan hanya dua cuping yang melipat di bawah air untuk menangkap mangsanya.

8. Sarracenia

sarracenia

Ada sekitar 10 jenis tanaman karnivora dari spesies Sarracenia ini. Jenis ini sering dijuluki sebagai tanaman ‘kendi’ dari Amerika Utara. Memang sebagian besar mereka tumbuh di dataran Amerika Utara.

Untuk merayu para mangsanya, Sarracenia menggunakan bau, nektar dan warnanya. Saat sudah terperangkap, mangsanya akan sulit untuk meloloskan diri. Di dalam kendinya sendiri ada sejenis cairan dan enzim untuk membantu proses pencernaan.

7. Heliamphora

heliamphora

Jenis tanaman ini ada sekitar 23 spesies yang memiliki kebiasaan sama, yakni memakan daging. Tanaman asal Amerika Selatan ini disebut sebagai tanaman ‘kendi’ matahari.

Untuk menjebak korbannya, mereka dapat melakukan jeratan. Heliamphora membunuh mangsanya dengan bantuan bakteria sekaligus dapat membantu proses pencernaannya. Sebagian besar mangsa mereka adalah semut. Berbeda dengan spesies bernama Heliamphora tatei ini, mereka memiliki enzim khusus yang mampu menjerat serangga bahkan saat terbang.

6. Pinguicula

img-1491042477.jpg

Nama lain dari tanaman ini adalah Butterworts. Ia termasuk mergenus yang mempunyai kurang lebih 80 spesies. Pinguicula ini umumnya bisa ditemukan di Amerika Asia dan juga Eropa.

Mekanisme penjebakan yang ia lakukan adalah memanfaatkan dua kelenjar yang ada pada daunnya. Fungsi kelenjar tersebut akan memperbanyak produksi getah hingga menutup mangsanya. Setelah tertutup barulah proses peremukkan pada komponen tersebut.

5. Utricularia

utricularia

Utricularia adalah genus tanaman karnivora yang spesiesnya melebihi 200 tanaman. Biasanya tanaman ini disebut dengan Bladderworts. Utricularia sudah menyebar di seluruh benua, terkecuali di Antartika.

Mendapat julukan bladderworts karena tanaman ini memanfaatkan organ yang mirip bladder untuk menjebak para korbannya. Makanan kesukaan Utricularia ini berupa hewan bersel satu, larva nyamuk serta ikan-ikan kecil. Tanaman ini memiliki bulu yang sangat sensitif dan saat terusik, kantung tersebut akan langsung menyedot mangsanya.

4. Byblis

img-1491042468.jpg

Tanaman ini adalah genus untuk 8 spesies tanaman pemakan daging. Byblis yang juga sering disebut tumbuhan pelangi ini berasal dari Australia. aksi penjebakan yang dilakukannya pun cenderung bersifat pasif. Kelenjar kecil yang tertutup oleh daunnya ini kemudian menghasilkan zat seperti getah. Cairan lengket ini sangat ampuh untuk menarik perhatian serangga yang terbang. Saat bertengger pada daun tersebut, mangsanya hampir dipastikan tidak bisa lolos.

3. Nepenthes

img-1491042461.jpg

Sebutan lain dari tanaman ini yaitu “cangkir monyet” atau juga “kendi tropis”. Genus yang satu ini mempunyai spesies berkisar 150 tanaman yang beragam. Nepenthes umumnya ini bisa ditemukan di kawasan Madagaskar, Asia Tenggara, Tiongkok, Australia, India dan Seychelles.

Sebutan “cangkir monyet” ini dikarenakan banyak hewan yang hinggap kemudian meminum air yang ada dalam ‘kendi’ tanaman ini. Namun, kendi yang berbentuk di ujung sulur daun tersebut adalah cara untuk menjebak para mangsanya. Biasanya mangsa yang tertangkap berupa serangga, namun tak jarang juga ada tikus dan burung kecil yang menjadi sasarannya.

2. Darlingtonia Californica

img-1491042453.jpg

Tanaman carnivora ini memiliki banyak sekali julukan, dan salah satunya adalah Cobra Lily. Darlingtonia California banyak ditemukan di California bagian Utara.

Tanaman ini melakukan aksinya menggunakan kendi yang ia miliki. Akan tetapi sistemnya sedikit berbeda. Pada Darlingtonia California ini akan memompa air dari bagian akarnya. Ketika sudah terperangkap, lalu mangsanya akan berusaha untuk meloloskan diri. Kecerdikan pada tanaman ini adalah sudah mempersipakan jalan keluar palsu. Tentu saja hal ini akan membuat mangsanya lelah dan dapat ditaklukan dengan mudah.

1. Venus Flytrap

img-1491042444.jpg

Di dunia sains, Venus Flytrap ini sering disebut dengan Dionaea Muscipula. Diantara semua spesiesnya, hanya jenis ini yang paling terkenal. Tanaman dari pantai timur Amerika Serikat ini suka sekali dengan serangga kecil. Jebakannya juga tak jauh berbeda dengan yang lain. Begitu bulu sensitif pada daunnya terangsang, mereka secara otomatis akan langsung mengatup sehingga mangsanya pun dapat terjebak.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar