tata surya dan alam semesta
Senin, 20 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

tata surya dan alam semesta


Gambar terkait

Planet-Planet Mengerikan Di Alam Semesta


Seperti yang kita tahu bahwa alam semesta sungguh begitu luas. Mengetahui luasnya alam semesta membuat kita sebagai manusia merasa semakin kecil. Bumi yang kita tempati hanya salah satu planet yang ada di alam semesta.Bumi merupakan salah satu planet di tata surya yang memiliki pusat yaitu Matahari. Tata Surya kita berada di salah satu galaksi alam semesta yaitu Galaksi Bima Sakti.Di alam semesta ini banyak planet yang masih belum teridentifikasi. Beberapa planet yang ditemukan oleh peneliti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang sangat dingin, sangat panas, sangat kecil dan sangat besar. Planet-planet mengerikan ini tidak mungkin dapat dihuni manusia jika suatu saat Bumi tak dapat menampung manusia lagi.Berikut planet-planet yang mengerikan di alam semesta yang perlu kalian ketahui.

  1. Planet WASP-12b
    planet wasp 12b

Jika planet terpanas di tata surya kita adalah planet Venus, ada lagi planet yang juga tak kalah panasnya. Namun tentunya planet ini tidak ada di dalam tata surya kita. Planet yang dijuluki planet terpanas ini adalah planet WASP-12b. Planet ini merupakan sebuah planet gas dengan suhu melebihi suhu gurun sahara. Tidak terbayang bagaimana panasnya kan? Dengan suhu sekitar 2.200 derajat celcius, membuat orang yang mungkin berada disana akan langsung terbakar. Ukuran planet ini juga tak main-main, planet WASP-12b memiliki ukuran dua kali lipat dari ukuran planet Jupiter.

  1. Planet OGLE-BLG-390L
    planet oggle

Planet ini memiliki suhu yang dingin hingga bisa membuat air di permukaan planetnya itu membeku. Planet dingin ini memiliki massa lima kali dari planet Bumi. Memiliki permukaan yang berbatu dan disebut-sebut sebagai salah satu planet terjauh yang diketahui oleh manusia. Menurut para ilmuwan suhu di planet ini sekitar minus 220 derajat Celcius yang merupakan suhu di bawah titik didih nitrogen cair dan dekat dengan angka nol mutlak. Jika dilihat dari Bumi, planet ini memiliki jarak sekitar 10,5 tahun cahaya. Bila dilihat menggunakan teleskop planet ini terlihat hampir seperti matahari.

  1. Planet TrES-4

Planet-planet raksasa di luar sana mulai ditemukan oleh para ahli. Planet yang memiliki nama TrES-4 ini memiliki ukuran 1,7 kali ukuran planet terbesar di tata surya kita yaitu planet Jupiter. Dengan ukurannya yang besar tetapi planet ini memiliki massa yang sangat ringan, planet ini memiliki kepadatan gabus. Menurut GeorgiMandushev dari Lowell Observatory di Arizono, kepadatan rata-rata planet ini adalah sekitar 0,2 gram per kubik centimeter.

  1. Planet SWEEPS-10

Planet ini memiliki waktu tercepat dalam mengitari pusatnya yang memiliki jarak sekitar 740.000 mil. Jarak ini sekitar tiga kali dari jarak Bulan ke Bumi. Dengan demikian dalam sehari planet ini melakukan perputaran selama 10 jam.

  1. Planet CoRoT-7b

Planet ini tak akan bisa dihuni oleh manusia atau tak layak huni. Permukaan planet ini banyak ditemukan gunung berapi yang memiliki vulkanik yang cukup tinggi. Planet ini tak memiliki karbon dioksida, air, dan nitrogen. Menakutkan sekali kan? Jika dalam jajaran planet di tata surya kita yang memiliki hampir 400 gunung berapi aktif, planet Jupiter, mungkin planet ini melebihinya.

  1. Planet COROT exo-3b

Ada lagi planet yang berukuran raksasa. Planet ini dikabarkan memiliki massa 20 kali lipat dari massa Planet Jupiter, planet terbesar di jajaran planet tata surya kita.

  1. Planet 51 Pegasi b

Ukurannya sekitar 150 kali lebih besar dari Bumi dengan permukaannya yang sebagian besar mengandung hidrogen dan helium. Dikabarkan jika planet 51 pegasi b ini memiliki suhu yang luar biasa panasnya. Suhu di planet ini bisa mencapai 1.000 derajat celcius. Udara panas ini bisa mengakibatkan angin kencang hingga 1.000 km per jam.

  1. Planet Karbon

Ini dia planet mengerikan yang terakhir, planet Karbon. Dengan mendengar namanya pasti yang ada di benak kita planet ini memiliki banyak kandungan karbon didalamnya.

Memang benar, dinamakan Planet Karbon dikarenakan memiliki radar karbon yang cukup tinggi. Air laut di permukaan planet ini berupa minyak mentah dan tar. Tidak hanya itu saja, permukaan planet ini juga menggelembung dan memiliki bau seperti bau busuk metana.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar