Teknologi Sepak Bola Paling Canggih
Jum'at, 24 November 2017
ok nusantara
Bagikan

Teknologi Sepak Bola Paling Canggih

5 Teknologi Sepak Bola Paling Canggih di Dunia

1. CTRUS C1

CTRUS C1

CTRUS C1 adalah sebuah bola pintar yang memiliki kamera di dalamnya. Ada juga sensor pada bola yang akan mengirim sinyal langsung ke perangkat pada wasit. CTRUS C1 dibuat untuk menghindari kejadian akibat gol-gol yang kontroversial.

Misalnya saja gol kontroversial Frank Lampard, pemain Timnas Inggris ke gawang Jerman pada gelaran Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Walau sudah melewati garis gawang, gol ini tetap dinyatakan tidak sah oleh wasit loh.

2. Plester Kinesio

Plester Kinesio

Plester Kinesio atau Kinesio Tape ditemukan pertama kali oleh Kenzo Kase, seorang ahli medis di Jepang pada tahun 1970. Sebelum terkenal di kalangan pesepak bola, plester ini juga sudah digunakan oleh olahragawan profesional di cabang lain guys.

Plester ini dapat digunakan pada bagian tubuh manapun berkat fleksibilitasnya. Selain itu teknologi sepak bola ini dapat membantu pergerakan pemain karena memiliki tekstur seperti kulit ulat yang mampu mengangkat dan memperlancar peredaran darah.

3. Jam Refree Third Eye

Jam Refree Third Eye

Jam Refree Third Eye berfungsi dalam membantu wasit dalam meminimalisir keputusan yang kontroversial selama pertandingan sepak bola. inovasi teknologi ini ditemukan oleh Andy Kuroverts yang berprofesi sebagai seorang desainer.

Teknologi sepak bola ini juga sudah memiliki konektivitas Bluetooth yang menghubungkannya dengan asisten wasit dan wasit cadangan sekalipun. Jadi semuanya dapat saling memberi tahu saat terjadi pelanggaran, offside atau gol lewat Refree Third Eye.

4. Microchip Ball

Microchip Ball

Punya konsep hampir sama dengan CTRUS C1, Microchip Ball menggunakan chip berukuran 15mm yang ditanamkan pada bagian dalam bola. Inovasi ini memungkinkan wasit mengetahui sah tidaknya sebuah gol dalam pertandingan sepak bola.

Konsepnya, Microchip Ball akan mengirim sinyal radio saat melewati garis gawang. Seketika sinyal tersebut ditangkap oleh 12 antena yang dipasang di sekeliling lapangan, lalu dipancarkan kembali ke perangkat yang dipegang wasit. Informasi ini bahkan bisa diketahui hanya dalam 1 detik saja.

5. Techno Wear

Techno Wear

Techno Wear merupakan inovasi teknologi sepak bola yang dikembangkan oleh David Evans dari jurusan Desain Industri Universitas Northumbria. Penemuan ini juga dibantu oleh pakar ilmu olahraga Liverpool, John Moores.

Awalnya, teknologi ini dipakai pada pakaian renang yang kemudian dikembangkan untuk jersey sepak bola. Techno Wear digunakan untuk mengukur tingkat hidrasi dan detak jantung pemain, yang selanjutnya mencegah pemain dari kelelahan bahkan resiko meninggal dunia.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar