Telaga Pucung
Kamis, 23 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Telaga Pucung

Telaga Pucung adalah salah satu tempat wisata terindah yang berada di sekitar lokasi Curug Cipedok. Atau berada di Kecamatan Cilongok atau sekitar 15 km arah barat dari kota Purwokerto, terdapat sebuah tempat wisata yang lain bernama “Telaga Pucung”.

Letaknya wisata paling indah di Purwokerto ini tidak jauh hanya beberapa ratus meter dari pintu masuk Curug Cipendok. Dari sisi kiri jalan akan terlihat jelas gapura pintu masuk dan loket masuknya. Tiap pengunjung yang datang dikenai tiket seharga Rp 4.000 per orang. Perjalanan menuju telaga kurang lebih 200 meter dengan berjalan kaki.

Rute Menuju Wisata Telaga Pucung


Begitu melewati pintu masuk, sebuah jalan berbatu yang kecil di kelilingi beraneka macam pepohonan mengawali perjalanan menuju telaga. Ada beberapa papan nama kecil yang dipasang pada pohon-pohon yang langka. Sehingga membantu para pengunjung mengetahui nama-nama dari pohon-pohon yang ada di sepanjang jalan menuju telaga.

Di tengah perjalanan, akan ditemui sebuah turbin air yang terbuat dari kayu tetapi sudah tidak berfungsi dan sudah berlumut. Bentuknya sangat unik. Air sungai yang mengalir disisi kanan turbin air sangat jernih dan deras. Batu-batuan yang ada di sungai membuat buih air menjadi putih melewati bebatuan, sungguh pemandangan yang indah, saya senang sekali melihatnya. Tidak jauh dari turbin ada jembatan kecil yang terbuat dari kayu namun berlumut. Jadi jika melewatinya harus hati-hati karena licin.

Oh ya tempat inipun merupakan sebuah pos atau persinggahan sementara untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan lagi ke telaga. Karena terdapat tempat duduk terbuat dari kayu dan sebuah tempat berteduh atau istilah dalam bahasa jawa adalah pendopo.


Informasi Mengenai Telaga Pucung

Telaga pucung dikelilingi oleh hutan pinus dan damar serta bukit-bukit hutan yang masih alami. Luas komplek Telaga Pucung adalah 3 (tiga) hektar dengan luas telaganya sendiri adalah 1 (satu) hektar. Telaga Pucung sendiri merupakan objek wisata yang baru dibuka secara resmi pada tanggal 8 Agustus 2002 di kab. Banyumas.

Oleh sebab itu masih banyak orang yang belum mengetahuinya tempat wisata Telaga Pucung ini. Memang tempatnya belum terlalu ramai dan sangat sunyi sepi. Hanya beberapa pasangan saja yang ada. Tempat wisata yang masuk dalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan ( KPH ) Banyumas Timur tersebut mulai dibenai dengan berbagai fasilitas, karena akan dijadikan tujuan wisata secara resmi.


Fasilitas yang Ada di Telaga Pucung

Contohnya untuk kamar mandi umum sudah tersedia bahkan tempat beberapa tempat penginapan. Kawasan penginapannya bernama “Kampung Panginyongan” . jika memang ingin berlibur dan menyepi dari bisingnya kota dapat dipilih tempat ini, tetapi mengenai harga penginapan dapat ditanyakan diloket pintu masuk. Dan tentunya sudah disiapkan segala perlengkapan masak dan bahan-bahan makananan karena tempat ini jauh dari tempat jualan. Jangan sampai sudah menginap eeh kelaparan dan mau cari makan jauh,yaah liburan bakal jadi tidak asik deh hehe.


Disekitar Telaga Pucung juga terdapat tempat lapang yang dapat digunakan untuk camping ground. Tempat tersebut sengaja dibuat dikhususkan bagi anak-anak muda yang suka berpetualang di alam bebas yakni alam pengunungan. Saya rasa para wisatawan atau pengunjung telaga pucung akan dapat merasakan suasana yang berbeda dan merasakan keindahan yang ada di sekitarnya belum lagi air sungai yang sangat jernih serta kolam telaga yang luas. Merasa damai karena jauh dari hiruk pikuknya perkotaan.

Peta Lokasi Wisata Telaga Pucung

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar