TELUK PENYU
Jum'at, 24 Februari 2017
ok nusantara
Bagikan

TELUK PENYU

Obyek Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap Jawa Tengah - Jawa Tengah memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain Candi Borobudur dan pantai ayah, masih ada Pantai Teluk Penyu yang asyik untuk dikunjungi. Pantai yang terletak di pesisir selatan Pulau Jawa ini merupakan salah satu objek wisata alam yang terkenal di Cilacap, Jawa Tengah.

Namanya memang cukup unik karena awalnya pantai ini digunakan sebagai tempat pengembangan penyu. Namun saat ini sudah tidak banyak penyu ada di lokasi pantai ini. Ciri khas dari Pantai Teluk Penyu Cilacap ini adalah pasirnya berwarna hitam dan memiliki ombak yang besar.
Pantai Teluk Penyu Cilacap
Pantai Teluk Penyu Cilacap

Lokasi Pantai Teluk Penyu Cilacap

Pantai Teluk Penyu terletak di kecamatan Cilacap, Jawa Tengah. Jika dari pusat kabupaten Cilacap berjarak sekitar 2 km. Akses menuju lokasi Pantai Teluk Penyu sangat mudah karena dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi.

Akses ke Pantai Teluk Penyu

Untuk bisa menuju ke pantai Teluk Penyu, anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Cilacap kemudian naik bus atau angkutan umum menuju lokasi. Waktu tempuh perjalanan dari Terminal Cilacap ke lokasi pantai sekitar 12 menit.

Sejarah Pantai Teluk Penyu

Menurut cerita yang beredar, dahulunya pantai Teluk Penyu ini merupakan tempat hidup dan tempat berkembang biak bagi penyu-penyu. Keberadaan penyu inilah yang membuat pantai ini dinamakan Pantai Teluk Penyu.

Fasilitas di Pantai Teluk Penyu

Terdapat fasilitas yang cukup lengkap di kawasan wisata Pantai Teluk Penyu di Cilacap ini diantaranya kamar mandi/toilet, mushola, parkir, gazebo, mercusuar, lapangan voli, water sport, perahu penyeberangan ke Pulau Nusakambangan, trackdam, kolam pemancingan, kios buah, kios oleh – oleh, kios cederamata dan lainnya.
Pantai Teluk Penyu di Cilacap
Pantai Teluk Penyu di Cilacap

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Teluk Penyu

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai Teluk Penyu, seperti bermain bola, berenang, memancing, bersantai dan lainnya. Jika beruntung, anda bisa menyaksikan tradisi sedekah laut yang rutin dilakukan oleh nelayan sekitar pantai.

Salah satu kegiatan favorit di Pantai Teluk Penyu adalah memancing di tengah laut. Untuk bisa memancing di tengah laut, Anda akan dikenakan tarif perahu nelayan sekitar Rp 70.000 sampai dengan 100.000.

Sedangkan bagi anda yang ingin berenang, tapi takut ombaknya yang besar tidak perlu takut karena Pantai Teluk Penyu memiliki penjaga pantai yang siap untuk menolong layaknya Baywatch.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu

Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Teluk Penyu, anda harus membayar biaya retribusi Rp 5.000 per orang dan untuk menyeberang ke Pulau Nusakambangan akan dikenakan biaya Rp 10.000 di hari biasa dan Rp 20.000 di hari libur dengan menggunakan perahu nelayan.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar