Tempat Tahun Baru di Bandung
Kamis, 01 November 2018
ok nusantara
Bagikan

Tempat Tahun Baru di Bandung

10 Tempat Tahun Baru di Bandung

1. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat atau lebih akrab disapa “monumen” saja merupakan salah satu tempat tahun baru di Bandung yang terbaik. Lokasinya berada di pusat kota, sehingga Anda akan mendapatkan view dan suasana yang bagus. Monumen memiliki luas sekitar 72.000 meter persegi, sehingga mampu menampung ribuan orang.

Pada setiap tahunnya, monumen selalu dipenuhi warga Bandung untuk menghabiskan malam pergantian tahun bersama kerabat dan keluarga. Jika Anda belum tahu monumen ada di mana, lokasinya berada tepat di seberang Universitas Padjajaran. Alamat monumen ada di Jalan Dipati Ukur no. 48, Lebakgede, Coblong.

2. Alun-alun Bandung

Alun-alun Bandung

Tempat tahun baru di Bandung yang wajib Anda datangi adalah daerah Alun-alun Bandung. Dulu, daerah alun-alun dipadati para pedagang kaki lima dan tempatnya tidak terlalu nyaman. Namun, setelah dirombak habis-habisan oleh Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung periode 2013 – 2018, alun-alun menjadi tempat yang enak untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga.

Apalagi, belum lama ini alun-alun direnovasi oleh Pemerintah Kota Bandung karena hamparan rumput sintetisnya banyak yang sudah bolong dan area bermain dan fasilitas olahraganya berkarat. Selesai pemugaran, alun-alun kembali hadir dengan wajah yang lebih segar. Susunan rumput sintetisnya pun dibuat lebih futuristik sehingga tampak lebih menarik. Wahana bermain anak-anak dan spot olahraga pun telah diperbaiki.

Maka itu, Anda bisa memilih menghabiskan pergantian tahun baru 2019 di alun-alun. Pasalnya, pasti akan diadakan acara di kawasan Alun-alun Bandung, sehingga malam tahun baru pun jadi lebih seru. Akan ada pesta kembang api, pedagang makanan dan minuman, serta live music. Biasanya, ruas Jalan Asia Afrika akan ditutup selama acara ini berlangsung.

3. Puncak Bintang

Puncak Bintang


Anda mungkin belum familiar dengan Puncak Bintang. Tapi, Anda mungkin pernah mendengar tentang Bukit Moko. Sebenarnya mereka merupakan tempat yang sama. Tempat wisata ini diresmikan sejak September 2014 lalu oleh Perum Perhutani Divisi Regional Jabar & Banten.

Pada mulanya, tempat ini adalah hutan pinus sadapan, namun telah beralih fungsi menjadi lokasi wisata. Daya tarik Puncak Bintang adalah hutannya yang rindang, jalanan tanah yang bagus, pemandangan kota, dan lokasi untuk melihat sunrise serta sunset.

Anda bisa juga mendaki dan berkemah di Puncak Bintang, loh! Pemandangan di Puncak Bintang tidak kalah dengan bukit dan gunung lainnya. Terletak di ketinggian 1.442 meter di atas permukaan laut, Puncak Bintang memiliki suhu yang cukup dingin dan sering dilingkupi oleh kabut. Makanya, pasti cantik banget melihat pesta kembang api dan kecantikan kota Bandung dari Puncak Bintang.

Tak perlu takut untuk main ke Puncak Bintang, karena di sana fasilitasnya lengkap. Ada toilet, tempat istirahat, mushola, dan warung-warung untuk makan dan rehat kalau Anda lelah. Warung yang paling beken di sana adalah Warung Daweung atau Moko (asal muasal nama Bukit Moko adalah dari warung ini). Tapi, selain Warung Moko ada juga warung lesehan lainnya untuk makan.

Alamat Puncak Bintang ada di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung (wilayah Perhutani KPH Bandung Utara). Jaraknya ± 9 KM dari Cicaheum ke arah Padasuka (Saung Angklung Udjo), sekitar 30 menit ke arah utara.

4. Jalan Braga

Jalan Braga tempat tahun baru di Bandung


Braga merupakan jalan di Bandung yang paling ikonik. Jalan yang penuh sejarah dan identik dengan Bandung tempo doeloe ini tidak boleh Anda lewatkan kalau mau main ke Bandung. Di sepanjang Jalan Braga berjajar toko-toko yang masih berbau jadoel, lalu ada juga sebuah mall yang bernama Braga City Walk, tempat penginapan, kedai kopi, dan restoran-restoran yang sudah beroperasi sejak bertahun-tahun silam.


Jalan Braga dipastikan padat pengunjung ketika malam pergantian tahun tiba, melihat jaraknya yang tak jauh dari Jalan Asia Afrika, pasti di Braga juga akan ada acara. Anda bisa menikmati pesta tahun baru di jalanan sambil ngopi dan ngemil atau melipir ke kafe 24 jam di sana.

5. Kawasan Wisata Lembang

Kawasan Wisata Lembang


Jika Anda mencari tempat tahun baru di Bandung yang pemandangannya indah, udaranya sejuk, dan lebih kalem, pergilah ke daerah Lembang. Selain Jalan Braga, Lembang adalah daerah yang paling sering didatangi oleh wisatawan. Soalnya di sana udaranya dingin, masih banyak hutannya, lalu berada di daerah tinggi sehingga pemandangannya oke punya.

Anda bisa memilih menginap di beberapa tempat yang terkenal, seperti Kampung Gajah Wonderland, Dusun Bambu Family Leisure Park, The Lodge Maribaya, Orchid Forest, Ciater, dan masih banyak tempat lainnya yang recommended. Tanpa menginap pun Anda bisa menghabiskan new year’s eve di sepanjang Jalan Lembang, karena pasti di sana juga ramai oleh orang-orang. Anda bisa sambil nongkrong membeli bajigur hangat dan jagung bakar, yum!

6. Lapangan Gasibu (Gedung Sate)

Lapangan Gasibu (Gedung Sate)


Gedung sate dan Lapangan Gasibu merupakan tempat tahun baru di Bandung yang berada di jantung kota. Kalau Anda tidak mau jauh-jauh ke pelosok Bandung untuk menikmati malam pergantian tahun, datang ke sini saja! Di jamin Anda akan merasakan kemeriahan pesta tahun baru yang unik.

Biasanya suka ada panggung yang menggelar acara musik, pernah juga mendatangkan dalang wayang, ditambah sekarang ada air mancur yang bisa menyala dan menari, pasti seru banget malam tahun baruan di sana.

7. Daerah Ciumbuleuit

Daerah Ciumbuleuit


Tidak terlalu jauh dari Lembang, ada spot yang bisa Anda singgahi untuk menikmati pesta tahun baru, yaitu daerah Ciumbuleuit. Berada di daerah tinggi tapi tidak sejauh Lembang, Ciumbuleuit dapat menjadi alternatif untuk menghabiskan malam menuju 2019. Di sana berjajar warung lesehan yang menjajakan masakan khas Sunda.

Ada juga cafe kekinian seperi Lereng Anteng, Wild Grass, Kiputih Satu, dan Rabbit Hole yang bisa Anda kunjungi sambil menunggu jam 12 malam. Atmosfir di sekitar Jalan Ciumbuleuit sangat menyenangkan. Udara sejuk, makanan enak dan murah, orang-orangnya juga ramah.

8. Lapangan Tegalega

Lapangan Tegalega


Tempat tahun baru di Bandung yang tak kalah menarik adalah Lapangan Tegalega. Jangan anggap tempat ini sebagai lapangan untuk bermain sepak bola, ya. Lapangan ini sangat lengkap, mulai dari tempat istirahat, melihat pemandangan, track lari, dan spot buat olahraga semuanya ada di sini. Di lapangan ini sering menjadi tempat berkumpulnya orang-orang untuk menonton pesta kembang api. Biasanya ada panggung live music juga.

Lokasinya tak jauh dari Alun-alun Bandung, sehingga tidak sulit dicari. Lapangan ini bisa muat beribu-ribu orang karena memiliki luas sekitar 16 hektar. Selain menikmati suasana, Anda bisa melihat Monumen Bandung Lautan Api yang ada di dalam Lapangan Tegalega. Sambil jalan-jalan Anda bisa sekalian belajar sejarah juga, deh.

9. Tempat Penginapan/Hotel/Villa

Tempat Penginapan/Hotel


Bandung merupakan tempat wisata yang dituju banyak orang, bahkan dari luar kota dan luar pulau. Makanya, setiap tempat penginapan dan tempat wisata pasti menyediakan paket terutama ketika ada momen khusus seperti tahun baru. Daerah yang pasti paling diminati adalah Lembang, Ciwidey, Dago, Ciumbuleuit, dan daerah tinggi lainnya. Tapi, hotel-hotel di tengah kota juga pasti punya paket tahun baru yang tak kalah menarik.

10. Paket New Year’s Eve Hotel

Paket New Year's Eve Hotel

Rekomendasi tempat tahun baru di Bandung yang terakhir adalah dengan memesan paket new year’s eve di hotel. Setiap hotel pasti mengadakan acara pada saat malam pergantian tahun. Biasanya acara tersebut sudah dipaket, misalnya makan + minum + live music.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar