Tempat Wisata Alam Di Jakarta Yang Worth It Buat Dikunjungi
Kamis, 12 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

Tempat Wisata Alam Di Jakarta Yang Worth It Buat Dikunjungi

Taman wisata alam mangrove Angke Kapuk

tempat wisata alam di Jakarta

Jangan hanya wisata kuliner kalau bertandang ke Pantai Indah Kapuk. Tak disangka, di balik serunya hiburan yang berjejer di sepanjang kawasan, terdapat sebuah pemandangan penuh kehijauan yang membuat pengunjung melekat bersama alam. Yap, Hutan Mangrove Angke! Tempat wisata ini berada di kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk dan dikelola oleh Pemprov Jakarta.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari keliling huta, berfoto di rumah kecil, hingga mengitari hutan bakau dengan perahu dayung. Nggak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk rasain pengalaman seperti ini.

Setu Babakan

destinasi wisata alam di Jakarta

Tak perlu jauh0jauh melangkah, kamu hanya perlu arahkan setir ke Jakarta Selatan, tepatnya di Jagakarsa. Nah begitu melintasi, kamu akan disuguhkan dengan jejeran adat Betawi yang begitu kental. Area ini pun resmi menjadi pusat pelestarian budaya asli Jakarta.

Yang paling identik dengan Setu Babakan yaitu sebuah danau. Kamu dapat menikmati suasana kesegaran alam sambil menaiki perahu angsa. Suasana seperti ini nggak akan kamu temukan di Jakarta sebelumnya!

Taman Cattleya

tempat wisata alam di Jakarta

Sesekali menjauh dulu dari polusi Jakarta. Untuk itu mari langkahkan kaki ke Taman Cattleya yang berada di kawasan Taman Anggrek ini. Taman hijau ini menghadirkan suasana segar yang tak kita temukan di jalanan ibu kota. Areanya cukup luas, kamu dapat melakukan ajang lari santai, main sepeda, berkumpul bersama teman, dan juga berfoto ria.

Hutan Kota Srengseng

tempat wisata alam di Jakarta

Siapa sangka di tengah kota terdapat hutan dengan ribuan pohon rindang yang menyejukkan. Hutan Kota Srengseng memiliki lebih dari 4.000 pohon rindang dari sekitar 60 varietas. Kamu akan diajak untuk menyusuri sepanjang jalan dengan beragam pemandangan pula, seperti pepohonan, trek jogging, danau, dan area bermain. Sebagai warga Jakarta, tempat seperti ini patut untuk disambangi nih, jangan melulu mall atau pusat hiburan.

Kepulauan Seribu

tempat wisata alam di Jakarta

Selain hutan, pantai dan laut juga bisa kamu nikmati di Jakarta. Hilangkan pikiran dari keruwetan aktivitas tengah kota dengan datang ke tempat ini merupakan solusi terbaik buat kamu yang nggak banyak waktu luang. Kalau kamu melangkah ke ujung pulau seribu, masih banyak banget lho laut dan pantai yang jernih dan biru, plus pasir putihnya juga.

Beberapa waktu lalu Kepulauan Seribu juga sempat dihebohkan dengan kunjungan Hiu Paus yang datang dari arah timur Indonesia. Siapa tahu kamu juga beruntung bisa menemukan lagi ikan hiu paus ini!

Kebun Binatang Ragunan

wisata alam di Jakarta

Sambil berwisata alam, sambil menyapa penghuni alam ciptaan Yang Maha Kuasa. Yap, tempat tersebut bisa kamu temukan di Jakarta, tepatnya di Kebun Binatang Ragunan. Tempat ini sekiranya memiliki lebih dari 2.000 jenis satwa dan dikeliling 20.000 pohon yang membuatnya jadi super teduh. Aktivitas yangakan kamu lakukan pun beragam, seperti memberi makan binatang di sana, melihat aksi pertunjukkan, dan lain-lain.

Taman Suropati

wisata alam di Jakarta

Kalau kamu warga Jakarta Pusat, nggak perlu jauh melangkah untuk singgah ke sini. Taman Suropati terletak di tengah-tengah kawasan elite Menteng. Coba saja kamu berjalan santai di dalam area ini, suasananya begitu asri dan teduh berkat ragam jenis tanaman dan pohon di tiap sisi taman.

Salah satu hal menarik lagi, kamu bisa saja dihibur dengan alunan musik para seniman yang sedang tampil di tengah taman ini saat malam hari. Ajang santaimu makin nikmat jadinya.

Tanah Tingal

tempat wisata alam di Jakarta

Berawal dari kebun pribadi milik seorang warga, tempat ini akhirnya diubah menjadi hutan kota untuk menambah unsur penghijauan di sekitar Ciputat. Tanah Tingal biasa dijadikan sarana beraktivitas yang menarik di tengah pepohonan, seperti camping, outbond, bermain sampan, dan berenang. Supaya makin menarik, cobalah untuk datang membawa tikar dan bekal makanan, kemudian duduk di bawah pohon sambil bercengkrama. Suasana seperti ini sulit dipercaya ada di Jakarta!

Allianz Ecopark

tempat wisata alam di Jakarta

Taman Impian Jaya Ancol juga mempunyai serangkaian tempat bernuansa lekat dengan alam. Mulai dari pemandangan pantai hingga pepohonan. Sore hari, cobalah melangkah ke area Allianz Ecopark. Di sini terdapat banyak sekali tanaman dan pepohonan dengan tatanan yang rapi, sehingga cocok sekali untuk bersantai. Pengunjung pun dapat sekedar berjalan kaki atau mengikuti aktivitas seperti memanah, mengenal lingkungan di Rumah Eneger, Rumah Lebah, dan Faunaland.

Twin House

tempat wisata alam di Jakarta

Ada pun cara lain untuk duduk bersantai sambil menikmati sejuknya alam di Jakarta. Bisa saja kamu singgah ke cafe super nyaman di area Cipete, yaitu Twin House. Jangan lupa untuk duduk di area luar yang punya beragam hal menarik untuk kamu nikmati. Beberapa sisi dihiasi dengan balon dan lampu gantung, plus tatanan meja pendek untuk duduk lesehan yang nyaman. Pepohonan yang tinggi juga ikut membuat suasana jadi intimate. Hati-hati lupa waktu, ya!

Gimana? Sudah buat jadwal wisata singkatmu? Coba berburu tempat di atas bersama sekumpulan teman. Entah untuk berkemah, berenang, jalan santai, atau apapun aktivitasnya, yang penting jangan sampai kita lupa akan keindahan kota kita sendiri. Meskipun keruwetan itu tak bisa dihindari.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar