Tempat Wisata yang Dikunjungi Saat Perayaan Imlek
Sabtu, 17 Februari 2018
ok nusantara
Bagikan

Tempat Wisata yang Dikunjungi Saat Perayaan Imlek

8 Wisata Murah Meriah Saat Imlek di Indonesia 

1. Pasar Petak Sembilan, Jakarta

 


Pasar Petak Sembilan sudah menjadi ikon destinasi wisata Imlek bagi ornag Jakarta. Wisata yang terletak di Jakarta Barat ini menjual pernak-pernik Imlek dan jajanan khas Imlek, seperti kue keranjang, jeruk, leci dan plum. Bukan hanya kaum Tionghoa yang memenuhi tempat wisata ini. Wisatawan dari berbagai kalangan juga menikmati pemandangan khas yang disajikan di Pasar Petak Sembilan. Bangunan tua dengan arsitektur menjadi daya tarik wisata ini.

2. Klenteng Hong Tiek Hian, Surabaya


Bagi kamu yang bersomisil di Suarabaya, kota ini juga punya klenteng yang bernama klenteng Hong Tiek Hian. Klenteng tersebut menjadi pusat perayaan Imlek bagi etnis Tionghoa di Surabaya. meski tidak dibuka bebas untuk pengunjung wisatawan yang umum, namun dri luar klenteng kamu sudah bisa merasakan nuansa etnis Tionghoa yang kental.

3. Klenteng Sam Poo Kong, Semarang


Inilah klenteng yang menjadi ikon kota Semarang. Meski bukan pada perayaan Imlek, klenteng Sam Poo Kong juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Dibalik kemegahannya, klenteng tersebut menyimpan sejarah. Klenteng Sam Poo Kong merupakan gedung petilasan, tempat pendaratan pertama Laksamana bernama Zheng Ho atau Cheng Ho, alias Sam Po Tay Djien.

Untuk masuk ke tempat wisata Klenteng Sam Poo Kong kamu cukup menyediakan tiket masuk Rp10.000 saja. Berbekal tiket masuk tersebut, kamu sudah bisa menikmati nuansa Imlek layaknya di negara Cina.

4. Kuil Pulau Kemaro, Palembang


Keunikan kuil pulau kemaro membuat tempat ini dianggap suci karena berada di tengah sungai Musi yang membentang luas. meski kondisi sungai Musi sedang pasang, kuil ini tidak akan tenggelam.M aka tak heran jika warga Palembang sangat menjaga tempat tersebut.

Menurut legenda, kuil ini merupakan bukti kisah cinta puteri raja bernama Siti Fatimah yang disunting oleh bangsawan Tionghoa bernama Tan Bun An hingga keduanya mengalami kematian yang tragis yakni tenggelam di sungai Musi. Cerita inilah yang akhirnya dipercaya jika beroa di kuli pualau emaron bisa membuat seseorang mudah mendapatkan jodoh.

5. Kota Seribu Klenteng-Singkawang, Kalimantan Barat


Salah satu kota yang berada di Kalimantan Barat ini merupakan kota yang paling meriah saat perayaan Imlek tiba. Bahkan Singkawan dinobatkan sebagai kota dengan pesta perayaan Tahun Baru Tionghoa terbesar di Asia Tenggara. Sebagai kota pusat kaum Tionghoa, Singkawang selalu menggelar malam kesenian, pawai, lampion dan pagelaran barongsai yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Tak hanya itu, kamu bisa memblei aneka ragam pernak-pernik berwarna merah khas Imlek.  Perayaan Imlek di Singkawang layaknya perayaan tahun baru Masehi. Sepanjang jalan kamu akan menemukan banyak lampu lampion.

6. Vihara Setia Budi, Medan


Medan juga punya destinasi yang gak kalah menakjubkan. Vihara Setia Budi merupakan salah satu vihara yang selalu ramapi saat Imlek tiba. Warga Tionghoa di kota Medan juga terhitung tidak sedikit. Tak heran jika suasana Imlek di kota Ini selalu menjadi momen sakral setiap tahunnya. Perayaan secara meriah juga dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas tahun baru bagi kaum Tionghoa ini.

7. Vihara Dewi Kwan Im, Bangka


Tak banyak yang mengetahui jika Bangka memiliki kuil yang sangat kental akan nuansa Tionghoa. Jika kamu berkunjung ke Bangka, kunjungilah Vihara Dewi Kwan Im di Desa Jelitik. Terdapat kolam pemandian di sana serta mata air yang dipercara masyarakat Tionghoa bisa membuat awet muda. Tapi jangan karena ingin awet muda, kamu ingin mengunjungi kuil ini. Niatkan juga untuk ibadah ya.

8. Klenteng Tek Hay Kiong, Tegal


Meski di dominasi penduduk jawa, ternyata tegal memiliki klentneg yang tak kalah keren. Klenteng Tek hay Kiong ini sebelumnya bernama klenteng Cin Jin Bio. Yang paling menkajubkan dari klenteng ini gaya arsiteksturnya dan usia bangunannya yang sudah 300 tahun. Kaum Tionghoa di Tegal percaya bahwa Klenteng Kong Co Tek Hay Cin Jin merupakan Dewa Pelindung.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar