Tips Bagi Kamu Yang Susah Menabung,
Minggu, 08 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

Tips Bagi Kamu Yang Susah Menabung,

Membuat rekening khusus untuk tabungan

cara menabung

Kamu tentu sudah memiliki rekening tabungan utama untuk menyimpan uang. Biasanya, rekening ini yang menjadi media untuk melakukan transaksi tarik tunai, transfer, dan kegiatan keuangan lainnya. Untuk bisa sukses menabung, jangan campurkan uang khusus simpanan tabunganmu dalam rekening yang sama. Sebaiknya kamu membuat rekening baru yang benar-benar khusus untuk menabung. Sesuaikan berapa anggaran atau jumlah uang yang bisa kamu simpan setiap bulan dalam rekening khusus itu. Oh iya, lebih baik kamu simpan kartu debit dari rekening khususnya agar tidak tergoda untuk menggunakan uang tabungan. Dan, jangan membuat akun internet banking atau m-banking yang bisa membuat kamu leluasa melakukan transaksi kapunpun dan di manapun.

Menyusun anggaran belanja

tips cermat menabung

Pendapatan yang kamu terima setiap bulan harus kamu bagi dalam beberapa susunan anggaran belanja. Tentukan berapa jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk biaya makan, tempat tinggal, hiburan, dan anggaran yang khusus untuk disimpan setiap bulannya. Kamu juga harus menyisihkan anggaran untuk pengeluaran lainnya yang bisa kamu gunakan apabila ada pengeluaran mendesak, misalnya biaya untuk memperbaiki kendaraan yang rusak dan berobat.

Menitipkan sejumlah uang kepada orang tua

cara cermat menabung uang

Orang tua adalah bank terbaik untuk kamu yang masih boros terhadap uang. Selain menyisihkan uang yang khusus untuk diberikan pada orang tua, kamu juga bisa meminta tolong kepada mereka untuk membantu menyimpankan sejumlah uangmu. Toh, orang tua adalah orang yang paling kamu percayai, kan? Orang tua biasanya juga tidak tega apabila memakai uang hasil dari jerih payah anaknya. Dengan senang hati, mereka akan menyimpannya untukmu dan kamu bisa mengambilnya setiap kali kamu membutuhkan. Tapi yang menarik di sini, sebagai anak, kamu juga tidak akan tega meminta kembali uang yang telah kamu berikan kepada orang tua. Alhasil, uangmu akan terus tersimpan.

Terapkan “The Power of 20 Ribu”

cara sukses menabung

Metode menabung yang satu ini sudah banyak dijalani oleh beberapa orang. Konsepnya adalah kamu harus menabung/memasukkan ke dalam celengan setiap kali kamu mendapatkan uang pecahan 20 ribuan. Misalnya, apabila kamu membayar menggunakan uang seratus ribuan, kemudian kamu mendapat uang kembalian yang terdapat pecahan 20 ribuan, maka kamu harus menyimpan uang 20 ribu itu. Sebaiknya kamu simpan uang 20 ribu itu ke dalam wadah bening sehingga kamu bisa mengetahui sudah berapa banyak uang yang terkumpul. Secara psikologis, hal itu bisa membuatmu semakin semangat dalam menabung.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar