Tips Liburan Ditengah Padatnya Aktivitas Sehari-hari
Minggu, 03 Desember 2017
ok nusantara
Bagikan

Tips Liburan Ditengah Padatnya Aktivitas Sehari-hari

Maksimalkan waktu tidur

tips liburan

“Aku sudah tidur dalam waktu yang banyak, 6-8 jam sehari”  kebanyakan orang pasti akan mengatakan hal tersebut, namun apakah kualitas tidurmu sudah tepat? Tepat dalam artian kondisi badan secara rileks berisitirahat dan pagi harinya segar tidak merasakan kantuk kembali.

Perlu diketahui, istirahat yang baik itu sebelum jam 22.00 (sepuluh malam), untuk tubuh normalnya jam 21.00 (sembilan malam) harus diistirahatkan. Jika tidak diistirahtakan. maka akan mengalami gangguan kesehatan, yang disebut sehat bermasalah. Contohnya gampang stres, tubuh tidak ideal, kegemukan dan lain sebagainya.

Jadikan rumah sebagai tempat berlibur

tips liburan

Selain sebagai tempat beristirahat dan melindungimu dari panas atau hujan, rumah juga bisa dianggap sebagai tempat berlibur. Misalnya kamu punya televisi dan speaker, barang tersebut bisa kamu manfaatkan menjadi home theater atau music place sederhana. Atau kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti berkebun atau membuat kolam ikan di rumah yang bermanfaat mengurangi stres. Tidak punya lahan? buat saja akuarium ikan dan hias seindah mungkin.

Mengundang saudara atau teman ke rumah

tips liburan

Membuat suatu acara tidak harus menunggu waktu yang pas atau hari besar. Di setiap kesempatan kamu juga bisa membuat acara, seperti open house misalnya. Dengan mengundang teman, kerabat atau saudara, suguhkan apa yang kamu bisa atau rencanakan untuk membawa makanannya sendiri-sendiri, lalu bertukar menu, atau membuat pesta barbeque di halaman rumah. Disamping bersilaturahmi, juga menjaga hubungan dan komunikasi yang baik antar sesama.

Liburan singkat ke luar kota

tips liburan

Jika kamu ada sedikit uang tambahan, tidak ada salahnya jika memilih liburan di luar kota. Tidak perlu jauh-jauh, di kota sebelah yang dekat dan memungkinkan liburan dalam waktu dua hari satu malam. Estimasikan perjalanan pulang-pergi cukup 2-3jam dan sisanya bisa kamu gunakan untuk berjalan-jalan di kota tujuan mu. Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan selalu siap jika besok hari mulai beraktivitas. Ingat satu hal, berlibur bukan mengabaikan suatu pekerjaan namun untuk menenangkan pikiran dan kembali dalam keadaan fresh berharap produktivitas semakin baik.

Maksimalkan waktu luang saat weekend


Ambil di hari sabtu, minggu atau keduanya. Indonesia menerapkan sistem 5 hari kerja, kecuali dari perusahaan atau sekolah yang mempunyai kebijakan tersendiri dalam menentukan hal tersebut. Ingat istilah “time is money?” Ya, berarti kamu tinggal lakukan pekerjaan semaksimal mungkin di jam kerja (weekday) dan beristirahat ketika weekend datang. Hidup memang tidak semudah itu, namun dengan adanya target pribadi, kamu bakal lebih termotivasi mewujudkannya. Buat agenda prioritas kapan harus berlibur dan kapan harus bekerja, misal tiap minggu ke dua dan empat liburan, dan variasi liburan bisa di lakukan seperti penjelasan diatas.

Manfaatkan cuti kerja

tips liburan

Liburan sesaat setelah bekerja juga bisa kamu lakukan. Misal nya kamu pergi ke bioskop menonton film, mampir ke tempat nongkrong yang cozy, atau pergi berbelanja di pasar maupun supermarket. Memang tidak ada salahnya jika langsung pulang kerumah, namun akan lebih nikmat jika apa yang kamu inginkan sudah tercapai, karena itu kamu jadi bisa beristirahat dalam keadaan yang fresh.

Me time

tips liburan

Rehat sejenak berpikir jernih dan ambil kegiatan yang positif lain. Kamu bisa berolahraga selama 30 menit-1jam, shopping ke tempat perbelanjaan, memasak atau mencoba tempat makan yang belum pernah di kunjungi. Variasikan kegiatan sehari-hari mu dengan aktivitas yang banyak. Disamping membuat otak kita tajam, hal ini pasti membuat hidup kamu lebih bahagia. Tentukan skala perioritas kehidupan, ambil banyak kegiatan namun jangan lupa untuk liburan.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar