Tips Memilih Dan Membeli Laptop untuk Programmer
Senin, 05 Februari 2018
ok nusantara
Bagikan

Tips Memilih Dan Membeli Laptop untuk Programmer

Tips Memilih dan Membeli Laptop untuk Programmer

Nah, kira-kira seperti apa ya laptop yang cocok untuk teman-teman yang saat ini mempelajari atau bahkan sudah menjadi seorang programmer? Berikut tips dari Jaka untuk menentukannya.

1. Pilih RAM Sebesar-Besarnya

foto-fossbyte-laptopprogrammer1

Yang pertama adalah memilih RAM sebesar-besarnya. Pada umumnya seorang programmer akan suka sekali menjalankan yang namanya virtual machine, dan virtual machine ini membuat RAM boros. Paling minimal usahakan RAM 8 GB.

2. Usahakan Pakai SSD

foto-thetechreport-laptopprogrammer2

Yang kedua adalah usahakan memakai SSD. Pada umumnya, seorang programmer tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, yang dibutuhkan justru kecepatan dari ruang penyimpanan.

3. Ganti CD/DVD Drive dengan HDD (Opsional)

foto-microsatacables-laptopprogrammer3

Selanjutnya, yang ketiga bersifat opsional, khusus untuk kamu yang seorang programmer untuk hal konten 3D. Zaman sekarang CD/DVD Drive sudah jarang dipakai, kamu bisa menggantinya dengan HDD agar ruang penyimpanan kamu semakin luas.

4. Pastikan Keyboard Nyaman

foto-xah-laptopprogrammer4

Yang keempat, pastikan keyboard nyaman, bahkan kalau perlu perhatikan switch keyboard yang akan dipakai. Tidak dapat dimungkiri, kegiatan seorang programmer akan sangat sering "cetak-cetek" dengan keyboard-nya.

5. Minimal Prosesor Usahakan Sekelas Intel Core i3

foto-hardwarecanucks-laptopprogrammer5

Selanjutnya, untuk pemilihan prosesor usahakan paling minimal adalah sekelas Intel Core i3. Apabila di bawah standar itu, kemungkinan kamu akan cukup kerepotan karena kemampuan proses komputer kamu akan sangat lambat.

6. Abaikan Kartu Grafis, Tidak Penting (Opsional)

foto-wccftech-laptopprogrammer6

Yang keenam, abaikan kartu grafis, kecuali kamu adalah seorang programmer untuk hal konten 3D. Karena untuk programmer pada umumnya, kamu bahkan sama sekali tidak membutuhkan kinerja dari kartu grafis.

7. Usahakan Bahan Case Metal

foto-yournewsticker-laptopprogrammer7

Seorang programmer akan memiliki jam kerja yang cukup tinggi. Oleh karena itu, bahan case metal dapat dijadikan prioritas. Selain memberikan ketahanan produk yang tinggi, bahan metal juga membuat sirkulasi panas laptop menjadi lebih lancar.

8. Usahakan Memiliki Monitor Beresolusi Tinggi

foto-catatansangpenulis-laptopprogrammer8

Seorang programmer pada umumnya akan membutuhkan monitor dengan skala digital yang luas (resolusi tinggi). Karena seorang programmer akan berhadapan dengan kode-kode yang memiliki tanda baca kecil-kecil. Semakin tinggi resolusi monitor, akan membuat tanda baca kecil-kecil ini mudah terlihat.

9. Utamakan Merek Terkenal

foto-marjoss-laptopprogrammer9

Terakhir, utamakan merek terkenal. Contohnya seperti Lenovo ThinkPad Series, yang memang merek ini sudah terkenal sebagai laptop workstation. Atau beberapa merek terkenal lain seperti ASUS, Acer, dan lain sebagainya.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar