Tips Memilih Headset
Rabu, 02 Agustus 2017
ok nusantara
Bagikan

Tips Memilih Headset

Tips Memilih Headset yang Bagus dan Berkualitas

1. Perbedaan Headset, Headphone, dan Eearphone

tips-memilih-headset-yang-bagus-1

Headset adalah perangkat audio yang terdiri dari headphone atau earphone dan microphone yang tergabung dalam satu kesatuan.

Kalau headphone pada dasarnya hampir sama dengan headset, bedanya headphone tidak dilengkapi dengan mikrophone. Sementara earphone sebenarnya hampir sama dengan headset dan headphone, namun cara pakainya dengan menyumbatkan ke dalam lubang telinga.Clearkan?

2. Jenis-jenis Earphone

tips-memilih-headset-yang-bagus-2

Lanjut ke jenis-jenis earphone, ada dua bentuk earphone. Pertama earphone In-Ear Monitor (IEM), biasanya jenis ini menggunakan karet dan masuk sampai ke dalam lubang telinga.

Kelebihan earphone In-ear ini adalah tidak sakit ketika dipakai. Sayangnya, tidak semua earphone jenis ini memiliki bud yang nyaman untuk masuk di telinga.

Kedua earbud yang biasanya menggunakan plastik bundar yang keras, karena hanya ditempel di telinga dan tidak pas. Alhasil masih ada sedikit celah yang membuat suara dari luar dapat masuk dan agak sakit dipakai.

Jadi,tips memilih headset yang bagus dari Jaka jika kamu ingin memilih earphone ini sebaiknya cari yang memiliki ukuran yang bisa sesuai dengan telinga kamu. Jangan kegedean dan jangan pula kekecilan.

3. Earphone On-ear

tips-memilih-headset-yang-bagus-3

Earphone On-ear menggunakan ikat kepala sehingga menempel sekedarnya di daun telinga, terasa lebih nyaman dan tidak panas. Earphone ini juga ada dua jenis, ada yang ringan dan ada pula yang berat dengan penutup telinga yang disebut earphone Over-the-ear.

Dalam hal ini kamu harus jeli memilih ukuran earphone, pastikan bagian telinga headphone menutupi setidaknya 95 persen dari telinga kamu. Sehingga bisa dipakai dengan nyaman dalam jangka waktu yang lama.

Jika beli online dan tidak bisa mencoba sebelum membeli, sebaiknya sih carilah headphone dengan ikat kepala yang bisa disesuaikan jika kamu

4. Earphone Wireless

tips-memilih-headset-yang-bagus-4

Yang satu boleh dibilang paling keren, karena nggak perlu ribet dengan kabel. Kamu hanya butuh koneksi bluetooth untuk bisa terhubung dengan perangkat yang ada.

Sayangnya, karena hadir tanpa kabel, earphone ini wireless membutuhkan pengisian ulang baterai. Cukup merepotkan sih, tapi terbayar dari fungsionalitasnya yang lebih mobile.

Selain itu, kalau mau kualitas yang bagus, harganya juga cukup mahal dan jangkauannya juga bervariasi.

5. Cari Tahu Lebih Lanjut Spesifikasinya

tips-memilih-headset-yang-bagus-5

Sekarang kamu sudah tau kan istilah dan jenis-jenis earphone, sekarang cari tahu lebih lanjut tentang spesifikasi headset.

Jadi bagaimana kamu bisa tahu apakah produk itu baik atau tidak? Karena kamu kan tidak dapat mencobaearphonesebelum membeli.

Nah cara mengetahuinya ialah dengan memeriksa spesifikasi dari headset incaran kamu. Berikut adalah spesifikasi teknis yang kamu harus periksa ketika memilih earphone:

  • Impedance- Pada dasarnya, semakin tinggi impedansi perangkat, arus tegangan yang mengalir akan berkurang. Untuk mencapai daya maksimum, dan dalam hal ini, kualitas suara terbaik, salah satunya yaitu harus sesuai dengan impedansi dari sumber ke impedansi dari earphone.

  • Sensitivity- Untuk mendengarkan musik yang aman, kamu harus memilih earphone terbaik dengan tingkat sensitivitasmid-range. Jika kamu memilih sensitivitashigh-range, dan hanya dengan volume suara setengah persen, lama kelamaan telinga kamu akan mengalami kerusakan.

  • Frequency Response- Diukur dalam hertz (Hz), ini mengacu pada rentang frekuensi audio earphone bisa mengulang. Mengetahui respon frekuensi headphone dapat membantu kamu memilih perangkat yang tepat jika kamu ingin mendengarkan jenis musik tertentu. Misalnya, jika kamu ingin mendengar musik dengan aliran bass, maka kamu harus mencari earphone dengan frekuensibassrendah.

  • Drivers- Berfungsi untuk menciptakan suara dalam perangkat kamu. Jadi semakin kuat/besar drivernya, maka suara yang keluar akan semakin berkualitas. Driver juga dapat meningkatkanbass, middantreblesesuai dengan aliran musik tertentu.

  • Sound Isolation- Earphone ini berfungsi untuk memblok suara-suara lain di sekitar sehingga kamu menikmati musik yang kamu dengarkan. Sangat sempurna bagi kalian yang sering berada di lalu lintas atau di tempat-tempat ramai.

  • Noise Cancellation- Berbeda dengan Sound Isolation yang memisahkan musik dari suara latar belakang, Noise Cancellation bekerja untuk memblokir segala jenis kebisingan di lingkunganmu. Mustahil kamu dapat mendengarkan suara apapun dari luar, dan dapat membiarkan kamu tertidur di lingkungan yang bising.

  • Sweat Resistant- Apakah kamu sering mendengarkan musik ketika sedangjoggingatau di Gym? Jika benar demikian, maka kamu harus memilih Sweat Resistant earphone. Earphone ini dibangun terutama untuk memblokir kelembaban dari keringat.

  • Bluetooth- Jenis-jenis earphone ini terhubung ke perangkat kamu menggunakan teknologi Bluetooth. Mereka menawarkan kebebasan besar terutama jika kamu melakukan olahraga atau aktivitas yang memerlukan banyak gerakan.

6. Perfect Fit

tips-memilih-headset-yang-bagus-6

Tidak semua earphone terbaik bisa cocoktelingakita. Faktor-faktor seperti bentuk telinga dan desain earphone yang berbeda-beda.

Dengan demikian, menemukan Earphone yang baik dan sesuai dengan telinga kamu adalah hal yang penting. Earphone yang buruk hanya akan menyakiti telingamu setelah beberapa menit menggunakannya terutama bagi orang yang memiliki telinga luar yang sensitif.

Jaka sarankan membeli earphone dengannestlelembut di lubang telingamu. Sebagian besar dari mereka memiliki bantalan karet yang tidak melukai seperti plastik.

Ada juga pilihan lain yang mungkin lebih nyaman seperti earphone khusus yang dilengkapi kiat busa, dan bantalancustom-molded(berubah-ubah) sesuai bentuk telinga kamu.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar