Tips Memilih Mobil Bekas yang Berkualitas
Senin, 17 September 2018
ok nusantara
Bagikan

Tips Memilih Mobil Bekas yang Berkualitas

7 Tips Jitu Memilih Mobil Bekas yang Berkualitas

Tempat Pembelian

Pertama kali untuk memilih mobil bekas yang berkualitas ialah melihat tempat pembelian. Kini memang tidak sedikit showroom rumahan yang menjual mobil bekas. Tapi, perlu diingat bahwa membeli mobil bekas di showroom lebih tinggi ketimbang dari orangnya langsung.

membeli mobil bekas

Selain itu, beli mobil bekas dari perantara juga membuat harga lebih tinggi. Ada baiknya memang membeli langsung dari tangan pertama, karena Anda juga bisa langsung mengetahui kondisi mobil yang dibeli. Apalagi jika beli dengan orang yang kenal. So, tempat pembelian menjadi hal penting untuk diperhatikan.

Eksterior Mobil

Setelah Anda mendapatkan tempat yang oke untuk beli mobil bekas, selanjutnya bisa melihat dari sisi eksterior. Eksterior mobil menjadi langkah pertama untuk dicek, pastikan bahwa setiap bagiannya masih mulus, khususnya bagian body yang begitu mudah dilihat. Cek juga kondisi catnya, apakah sudah kasar atau tidak. Selain itu periksa bagian kaca apakah retak atau tidak.

membeli mobil bekas

Selain itu, coba periksa bagian lampu, apakah seluruhnya masih bekerja dengan baik, cek juga tingkat keterangannya. Bagian yang perlu kamu lihat ialah ban, pastikan masih baik dan belum aus. Nah yang terakhir ialah kolong atau kaki-kaki mobil, apakah karatan atau tidak.

Performa Mesin Mobil

Usai kamu menemukan tempat dan memeriksa eksterior, mulai lah untuk melihat performa mesin. Pastikan mobil bekas yang kamu beli memiliki mesin yang baik. Apabila kamu tidak terlalu paham soal yang satu ini, ada baiknya kamu mengajak rekan untuk ikut cek kendaraan tersebut.

membeli mobil bekas

Cobalah untuk menghidupkan mesin, apakah masih halus atau terlalu berisik. Perhatikan porsneling hingga arah mobil saat dikendarai. Kami sarankan kamu juga mengajak yang punya mobil saat melakukan test drive, agar dia juga tahu kondisinya.

Aksesoris dan Interior

Setelah tiga komponen tadi Anda cek, mulai lah untuk melihat bagian aksesoris dan interior. Hal ini tidak kalah penting, karena kamu bisa mengecek mulai dari kebersihan dan kualitas AC, dashboard, jok, hingga audio. Perhatikan seluruhnya secara teliti.

membeli mobil bekas

Jangan lupa untuk mencoba fungsi lampu-lampu, baik itu sein atau lainnya.

Kelengkapan Surat-surat

membeli mobil bekas

Selain kondisi mobil yang baik, pastikan surat-surat kendaraan yang kamu beli juga tidak memiliki masalah. Teliti juga pada bagian ini, cek kepemilikan hingga keaslian BPKB dan STNK. Pastikan bukan mobil curian. Selanjutnya, cek juga untuk pajaknya. Sehingga kamu tidak ada cost tambahan untuk bayar pajak. Kelengkapan surat bisa membantu Anda dalam kepengurusan balik nama.

Cek Fisik

membeli mobil bekas

Untuk lebih meyakinkan, tak salah jika dilakukan cek fisik ke kantor samsat. Tujuannya ialah untuk memastikan data dan informasi kepemilikan kendaraan tersebut valid.

Asuransi

Asuransi menjadi bagian yang penting untuk dicermati. Dengan polis yang mumpuni, maka Anda bisa nyaman berkendara. Terlebih jalanan di Ibu Kota. So, pastikan mobil yang akan kamu beli diasuransikan secara baik.

membeli mobil bekas

Nah itu tadi tips membeli mobil bekas dan berkualitas. Sebagai pembeli tentunya hal ini penting untuk diperhatikan, supaya kamu tidak rugi ketika membeli mobil bekas. Jadi, teliti lah sebelum membeli kendaraan second.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar