Tips Ternak Ayam Potong Bagi Pemula
Rabu, 22 Februari 2017
ok nusantara
Bagikan

Tips Ternak Ayam Potong Bagi Pemula

Tips Ternak Ayam Potong untuk Pemula Agar Menguntungkan


Tips ternak ayam potong adalah hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin menjalankan usaha ini. Mengingat kebutuhan daging dari waktu ke waktu semakin meningkat, maka peluang usaha ternak ayam juga akan semakin menjamur. Nah pastinya Anda pun tak ingin kehilangan kesempatan emas ini bukan? Jika tertarik untuk mencoba usaha ini. Simaklah tips-tips di bawah ini agar usaha dapat semakin maju dan berkembang.

Ayam potong atau yang dikenal sebagai ayam broiler saat ini banyak dicari oleh para konsumen. Banyaknya permintaan yang ada, maka jangan heran jika harga per kilo dari daging ayam potong ini akan mengalami peningkatan terutama saat hari raya Idul Fitri dan hari-hari besar lainnya. sehingga usaha yang satu ini akan sangat menjajikn jika digeluti dengan serius.

Namun sebelum terjun ke dalam bisnis ini, Anda harus mengetahui  terlebih dahulu berbagai pengetahuan dasar seputar tips ternak ayam. Hal ini bertujuan agar usaha yang Anda jalankan dapat maju serta menghasilkan laba yang menguntungkan. Selain itu, Anda juga harus memutuskan kepada siapa Anda menjual ayam yang diternakkan. Dengan begitu, ayam Anda bisa dapat memenuhi kebutuhan pasar dengan baik.

Nah berikut adalah tips yang perlu diperhatikan ketika ingin ternak ayam broiler atau ayam potong

img-1487731169.jpg

Tips Ternak Ayam Potong yang Tepat Agar Menguntungkan

Perhatikan Pembuatan Kandang

Yang pertama adalah dengan memperhatikan pembuatan kandang. Sebelum memilih bibit ayam, pastikan Anda mempersiapkan kandang terlebih dahulu. Kandang yang baik adalah kandang yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu pencahayaan dan udara yang baik. Sedangkan untuk suhu kandang, pastikan tetap terjaga kehangatannya. Sebab suhu kandang yang pas akan mempengaruhi agar ayam dapat bertahan hidup dengan baik.

Kandang yang ideal adalah kandang yang terletak di daerah yang jauh dari pemukiman penduduk, terdapat sumber mata air, arahnya membujur dari timur ke barat serta adanya ventilasi untuk pergantian udara.

Tipe kandang sendiri ada dua bentuk, yaitu bentuk panggung dan tanpa panggung (litter). Tipe panggung lantai kandang akan lebih bersih karena kotoran akan langsung jatuh ke tanah, tidak memerlukan alas kandang namun biaya pembuatannya lebih besar dan mahal.

Pemilihan Bibit

Setelah kandang selesai disiapkan, Anda bisa memilih bibit ayam yang baik. Bibit ayam yang baik memiliki ciri seperti sehat dan aktif bergerak, tubuh gemuk, bulu bersih dan terlihat mengkilat, hidung bersih, mata tajam serta lubang kotoran atau anus bersih.

Pakan Ayam

Pakan yang diberikan  harus memberikan nutrisi yang dibutuhkan ayam, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein dan lemak. Nutrisi tersebut dibutuhkan ayam agar ayam bisa bertambah berat badan dan lebih sehat. Jika Anda menggunakan pakan dari pabrik maka jenis pakan disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan ayam, yang dibedakan menjadi 2 tahap.

Tahap yang pertama disebut sebagai tahap pembesaran yaitu umur 1 sampai 20 hari. pada tahap ini Anda harus memberikan pakan yang mengandung kadar protein minimal 23%. Sedangkan untuk tahap kedua yaitu umur 20 hari ke atas gunakanlah pakan yang mengandung kadar protein 20%.

Vaksinasi

Tips ternak ayam potong selanjutnya adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi adalah pemasukan bibit penyakit yang dilemahkan ke tubuh ayam untuk menimbulkan kekebalan alami. Vaksinasi penting yaitu vaksinasi ND/tetelo. Pemberian vaksin dilakukan pada umur 4 hari dengan metode tetes mata dengan vaksin ND strain B1 dan pada umur 21 hari dengan vaksin ND Lasotta melalui suntikan atau air minum.

Pengontrolan yang Rutin

Perlu diketahui bahwa pada 14 hari pertama sebaiknya Anda memperhatikan kesehatan dan pertumbuhan ayam lebih ekstra. Sebab pada masa tersebut merupakan masa rawan yang menentukan keberhasilan. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu rutin mengontrol baik dari suhu kandang, air minum, kebersihan kandang, pakan serta pastikan sekam pada lantai tetap kering.

Untuk memastikan suhu kandang yang baik, maka jika DOC bergerombol maka suhu kandang kurang hangat dan jika DOC berpencar merata maka dapat dipastikan suhu kandang baik.

Pemberian Antibiotik

Selain vaksinasi, Anda bisa melakukan pemberiaan antibiotik. Bukan tanpa alasan, pemberian antibiotik juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh ayam lebih kuat sehingga ayam tidak mudah terserang penyakit. Antibiotik dan vitamin diberikan pada saat umur ayam 5 hingga 10 hari. pemberian antibiotik sendiri bisa Anda lakukan dengan cara mencampurkannya dengan air minum.

img-1487731442.jpg

Nah itulah beberapa tips ternak ayam potong yang tepat yang bisa Anda coba. Perlu diketahui bahwa perhatian ekstra hanya dilakukan pada 14 hari pertama. Setelah itu Anda bisa mengonrol pakan minum dan kebersihan kandang saja. sedangkan pengontrolan dapat dilakukan 2 kali sehari sampai tiba masa panen.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar